Berikut Contoh Lembar Kegiatan Peserta didik mata pelajaran fisika materi relativitas untuk Indikator Memformulasikan teori relativitas serta kesetaraan massa dan energi untuk menjelaskan beberapa fenomena alam.
.....
Untuk mendownlaod silahkan klik link dibawah :
Sekian dan terimah kasih, semoga bisa bermanfaat bagi anda pengajar fisika ataupun para calon pengajar fisika.
Materi relativitas merupakan materi fisika yang untuk memberlajarkannya diperlukan bantuan simulasi untuk memberikan contoh kontrek kepada peserta didik.
Jika anda ingin menggunakan LKPD ini anda bisa mendownload dokumen dalam bentuk ms. word melalui link yang kami sediakan di akhir artikel ini.
Dan untuk simulasinya anda bisa mendowload melalui link Ini :
Download simulasi Fisika materi relativitas
Download simulasi Fisika materi relativitas
J
LEMBAR KEGIATAN PESERTA
DIDIK
Mata pelajaran
/tema/sub tema :
Kelas/semeter :
Hari/tanggal :
Alokasi Waktu :
Nama Kelompok :
1........................................................
2........................................................
3........................................................
4........................................................
5........................................................
A. Judul : Relativitas
B. Kompetensi Inti (KI)
KI 1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2. Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniowawangan wawasan kemanusiaan, kebangsaaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
KI
4. Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri
serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
C. Kompetensi Dasar
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
2.1
Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka;
kritis; kreatif; inovatif dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
3.11 Memformulasikan teori relativitas serta
kesetaraan massa dan energi untuk
menjelaskan beberapa fenomena alam
D. Indikator Pencapaian
Kompetensi
Indikator
pada KI-1
-Menyadari
Kebesaran Tuhan melalui penomena relativitas
Indikator
pada KI-2
-Menunjukkan
karakteristik ingin tahu dalam merumuskan masalah
-Menunjukkan
prilaku berkarakter jujur dalam melaporkan hasil penyelidikan
Indikator
pada KI-3
-Memahami
pengaruh kecepatan objek terhadap dilatasi waktu
Indikator
pada KI-4
-Melaporkan
kesimpulan hasil percobaan dilatasi waktu
E. Rumusan masalah
Bagaiman
pengaruh kecepatan objek (v) terhadap dilatasi waktu 𝛥t
?
F. Hipotesis
Semakin besar kecepatan objek dalam bergerak
terhadap pengamat yang diam maka semakin lama 𝛥t
(dilatasi waktu) yang teramati.
G.
Variabel Penyelidikan
1. Variabel Kontrol : kecepatan rambat objek (cahaya)
2. Variabel Manipulasi : kecepatan gerak objek sebagai kerangka
bergerak
3. Variabel Respon : waktu tempuh untuk kerangka yang
bergerak (t0)
H.
alat dan bahan
Perangkan
komputer dan simulasi dilatasi waktu
I.
Langkah kerja
1. Pertama atur posisi speed scroll box pada
posisi nol. Kemudian tekan tombol play
2. setelah menekan tombol play, akan tampak
objek bergerak dari kedua bohlam dengan arah gerak vertikal keatas dan akan
kembali ke bohlam. Catat waktu yang dibutuhkan objek tersebut untuk kembali ke
bohlam. Dengan “jill’s clock reads” adalah waktu tempuh objek cahaya menurut
pengamat yang bergerak bersama benda (𝛥t0)
dan jack’s clock reads adalah waktu tempuh menurut pengamat yang diam terhadap
benda kerangka yang bergerak (𝛥t).
3. Ulangi langka 1 dan 2 dengan memanipulasi
speed scroll box. Catat hasil yang anda peroleh pada tabel pengamatan.
J. Data hasil Pengamtan
No
|
Kecepatan benda (v)
|
Waktu tepuh menurut
pengamat diam (𝛥t)
|
Waktu tempuh menurut
pengamat yang bergerak bersama benda (𝛥t0)
|
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
K. Kesimpulan
EmoticonEmoticon