LKPD Fisika Materi Relativitas Berbasis Simulasi

Tags

Berikut Contoh Lembar Kegiatan Peserta didik mata pelajaran fisika materi relativitas untuk Indikator Memformulasikan teori relativitas serta kesetaraan massa dan energi untuk  menjelaskan beberapa fenomena alam.

Materi relativitas merupakan materi fisika yang untuk memberlajarkannya diperlukan bantuan simulasi untuk memberikan contoh kontrek kepada peserta didik.

Jika anda ingin menggunakan LKPD ini anda bisa mendownload dokumen dalam bentuk ms. word melalui link yang kami sediakan di akhir artikel ini. 

Dan untuk simulasinya anda bisa mendowload melalui link Ini : 
Download simulasi Fisika materi relativitas

J

LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK

Mata pelajaran /tema/sub tema :
Kelas/semeter                            :
Hari/tanggal                               :
Alokasi Waktu                           :
Nama Kelompok                       :
1........................................................
2........................................................
3........................................................
4........................................................
5........................................................
A. Judul                                 : Relativitas
B. Kompetensi Inti (KI)

KI 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan
faktual,    konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniowawangan wawasan kemanusiaan, kebangsaaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4. Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait  dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara  mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan  metoda sesuai kaidah keilmuan
C. Kompetensi Dasar

1.1            Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas  alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
2.1            Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;  tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli  lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam  melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2            Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud  implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.11  Memformulasikan teori relativitas serta kesetaraan massa dan energi untuk  menjelaskan beberapa fenomena alam 
D. Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator pada KI-1
-Menyadari Kebesaran Tuhan melalui penomena relativitas
Indikator pada KI-2
-Menunjukkan karakteristik ingin tahu dalam merumuskan masalah
-Menunjukkan prilaku berkarakter jujur dalam melaporkan hasil penyelidikan
Indikator pada KI-3
-Memahami pengaruh kecepatan objek terhadap dilatasi waktu
Indikator pada KI-4
-Melaporkan kesimpulan hasil percobaan dilatasi waktu
E. Rumusan masalah

Bagaiman pengaruh kecepatan objek (v) terhadap dilatasi waktu 𝛥t ?
F. Hipotesis
 Semakin besar kecepatan objek dalam bergerak terhadap pengamat yang diam maka semakin lama 𝛥t (dilatasi waktu) yang teramati.      

G.    Variabel Penyelidikan
1.      Variabel Kontrol         : kecepatan rambat objek (cahaya)
2.      Variabel Manipulasi    : kecepatan gerak objek sebagai kerangka bergerak
3.      Variabel Respon          : waktu tempuh untuk kerangka yang bergerak (t0)
H.    alat dan bahan
Perangkan komputer dan simulasi dilatasi waktu
I.       Langkah kerja

1.      Pertama atur posisi speed scroll box pada posisi nol. Kemudian tekan tombol play





2.      setelah menekan tombol play, akan tampak objek bergerak dari kedua bohlam dengan arah gerak vertikal keatas dan akan kembali ke bohlam. Catat waktu yang dibutuhkan objek tersebut untuk kembali ke bohlam. Dengan “jill’s clock reads” adalah waktu tempuh objek cahaya menurut pengamat yang bergerak bersama benda (𝛥t0) dan jack’s clock reads adalah waktu tempuh menurut pengamat yang diam terhadap benda kerangka yang bergerak (𝛥t).
3.      Ulangi langka 1 dan 2 dengan memanipulasi speed scroll box. Catat hasil yang anda peroleh pada tabel pengamatan.
J.       Data hasil Pengamtan
No
Kecepatan benda (v)
Waktu tepuh menurut pengamat diam (𝛥t)
Waktu tempuh menurut pengamat yang bergerak bersama benda (𝛥t0)
1



2



3



4



5




K.    Kesimpulan
 .....

 Untuk mendownlaod silahkan klik link dibawah :




Sekian dan terimah kasih, semoga bisa bermanfaat bagi anda pengajar fisika ataupun para calon pengajar fisika.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon