Cek Peraturan Pemerintah (PP No. 30/2019) Tentang Kinerja PNS Terbaru 2019


Peraturan Pemerintah Tentang Kinerja PNS Terbaru 2019 dituangkan dalam PP No 30 tahun 2019. Peraturan ini dibuat sebagai bentuk follow back pelaksanaan ketentuan UU no 5 Tahun 2014 tepatnya pasal 78 Tentang PNS/ ASN.  Dalam Peraturan pemerintah tetang Kinerja PNS ini 10 Bab 64 Pasal.

Anda bisa mendowload PP No 30 tahun 2019 tentang peraturan Pemerintah Tentang Kinerja PNS Terbaru 2019 peraturan Pemerintah Tentang Kinerja PNS Terbaru 2019 di link di akhir postingan ini. 

PP nomor 30 tahun 2019 ini berisikan Penilaian kinerja PNS yang bertujuan untuk Menjamin pembinaan PNS berdasarkan sistem karir dan prestasi. Kinerja dinilai dengan menargetkan hasil capaian berupa manfaat dan perbaikan prilaku aparat sipil negara.


Penilaian Kinerja PNS


Penilaian Kinerja PNS di atur dalam sebuah sistem dengan alur mulai dari 
  1. Perencanaan kinerja, 
  2. pelaksanaan
  3. pemantauan
  4. penilaian
  5. tidak lanjut
Lebih lanjut mengenai penjelasan setiap alur dapat anda baca selengkapnya dalam dokumen PP No 30 tahun 2019 tentang peraturan Pemerintah Tentang Kinerja PNS Terbaru 2019 peraturan Pemerintah Tentang Kinerja PNS Terbaru 2019 yang dapat anda unduh diakhir posingan.


SKP & Penyusunan SKP Berdasarkan PP N0 30 2019


Selanjutnya dalam pp nomor 30 ini dijelaskan pula tentang penyusunan sasaran kinerja pegawai yang disingkat dengan SKP. SKP wajib di susun oleh setiap PNS dan pejabat penilaian kinerja PNS. SKP ini memuat kinerja utama yang harus dicapai PNS setiap tahunnya. 

SKP untuk pejabat pimpinan tinggi dan pejabat kerja mandiri disusun dengan memperhatikan rencana strategis dan rencana kerja tahunan dengan persetujuan pihak yang terkait.  Sementara untuk SKP pejabat administrasi dan Funsiodisusun berdasarkan SKP atasan langsung dengan memperhatikan organisasi dan tata kerja serta uraian pejabat dan disetujui oleh atasan.

SKP bagi pejabat funsional disusun berdasarkan rencana kerja tahunan, perjanjian kinerja, organisasi dan tata kerja, dan uraian jabatan yang kemudian disetujui oleh atasan secara langsung.


Informasi Lain kisi-kisi Seleksi pretes ppg kemenag 2019 Dalam jabatan


Prilaku Kerja PNS Berdasarkan PP No. 30 2019


Prilaku kerja seorang PNS meliputi beberapa aspek penting yang berkaita dengan kinerja dan kepropesionalitas. Aspek tersebut meliputi :
  1. Orientasi pelayanan
  2. inisiatif
  3. komitmen
  4. kerja sama
  5. kepemimpinan
Lebih lanjut mengenai penjabaran masing-masing apsek diatur lebih lanjut dalam standar Perilaku Kerja dalam , jabatan. 

Prilaku kerja ini kemudian dinilai dengan mengacu pada standar Prilaku kerja dalam jabatan. Penilaian prilaku kerja PNS dilakukan oleh pejabat  penilaian kerja PNS yang kemudian di tuangkan dalam dokumen Prilaku Kerja.

Acuan, bobot dan skor penilaian dapat anda lihat selengkapnya dalalam PP no 30 yang dapat anda download dibagian bawah postingan.


Pemeringkatan Kinerja Berdasarkan PP No 30 2019

Berdasarkan Dokumen penilaian kinerja dilakukan pemeringkatan tahunan. Pemeringkatan Kinerja  dilakukan dengan membandingkan nilai kinerja dan predikat kinerja pada dokumen penilaian kinerja antar PNS setiap tahun.Pemeringkatan Kinerja ini nantinya  dijadikan pertimbangan dalam menentukan prioritas pengembangan kompetensi dan pengembangan karier.


Penghargaan Kinerja Berdasarkan PP No 30 2019

Sebagai bentuk penghargaan atas kinerja selaku aparat sipil negara, PNS/ASN yang selamat 2 tahun berturut-turut mendapatkan predikat sangat baik diprioritasikan dalam program kelompok rencana suksesi dan pengembangan kompentesi sesuai bidangnya.

Ketentuan lebih lanjut mengenai pemberian penghargaan yang mengakibatkan pembebanan anggaran pada APBN diatur oleh mentefi yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keuangan.


Sanksi Kinerja Buruk Berdasarkan PP No 30 2019


Pejabat pimpinan tinggi, pejabat administrasi, dan pejabat fungsional yang tidak memenuhi Target kinerja dapat dikenakan sanksi administrasi sampai dengan pemberhentian.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Tentang Kinerja PNS yang diatur dalam Perauran pemerintah no 30 thn 2019 tentang kinerja PNS terbaru 2019 dapat anda download melalui link dibawah 



Berkikut priview peraturan Pemerintah no 30 tahun 2019 tentan kinerja PNS yang bisa anda baca secara online. Namun untuk lebih baiknya kami sarangkan anda untuk mendowloadnya dan menyimpannya di perangkat anda.


Demikian Informasi tentang Peraturan Pemerintah Tentang Kinerja PNS Terbaru 2019 Semoga bisa mendatangkan manfaat bagi kita semua tanpa terkecuali. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon