Perbedaan Mendasar Antara Pengajaran dan Pendidikan

Tags



Banyak orang yang menganggap bahwa pengajaran dan pendidikan merupakan hal yang sama. Begitu pula dengan peran pengajar dan pendidik dianggap serupa. Meskipun kenyataanya antara pengajaran dan pendidikan merupakan hal yang saling berkaitan tapi keduanya dapat dipisahkan dan berebeda.

Perbedaan dari istilah


Apa perbedaanya ? jika dikatakan “ anak diajar membaca” maka itu adalah buah dari pengajaran yaitu memberi anak pehaman mulai dari pengenalan huruf, cara mengeja, pemenggalan kata yang benar, sampai anak bisa lancar membaca kata demi kata serta membaca kalimat demi kalimat secara lancar. Itu pengajaran.

Pendidikan lain lagi. Jika “anak dari tidak tahu membaca menjadi pandai embaca itu adalah buah dari pengaran maka pendidikan adalah bagaimana membiasakan anak untuk rajin membaca. Pendidikan menyangkut pembiasaan sikap agar anak gemar membaca.

Orang yang melakukan pengajaran disebut pengajar sementar profesi seorang yang mendidik disebut pendidik. Namun, tidak terbatas demikian karena nyatanya semua orang yang berinteraksi langsug atau tidak lansung dengan seorang anak akan memberikan pengajaran kepadanya, terutama dari lingkungan keluarga yaitu orang tua, atau sanak saudara dan lingkungan dimana dia tinggal.

Pengajaran memberikan intruksi kepada anak untuk belajar pengetahuan domain kognitif sementara pendidikan memberikan semacam kepribadian untuk membentuk manusia yang berintegrasi dan berbudi luhur.

Perbedaan Dari segi Metode


Proses pengajaran cenderung menggunakan metode pengajaran yang praktis dan rasional. Inti dari pengajaran adalah mentransfer ilmu kepada anak yang diajar. Berebeda dengan hal itu, pendidikan menggunakan metode pendekatan psikologis bagaimana menanamkan sikap yang baik pada diri anak.

Sebagai contoh konkrik, seorang mengajarkan tata cara sholat merupakan bentuk pengajaran. Sementara orang yang selalu mengingatkan, mengajak dna dalam hal tertentu “memaksa” agar anak sholat merupakan bentuk pendidikan agama kepada anak.

Kalau anda bertanya yang mana yang penting apakah pengajaran atau pendidikan maka jawabanya adalah keduanya sama-sama penting. Kita tahu bahwa praktek tanpa ilmu adalah buta dan ilmu tanpa peraktek adalah cacat.

Kurikulum yang diterapkan di indonesia saat ini, memberikan sebutan guru sebagai pendidik. Pendidik yang dimaksud sesuai dengan Permen adalah sosok pendidik sekaligus pengajar. Sosok guru yang ideal tidak hanya mentranfer ilmu tetapi juga menumbuhkan sikap yang berintergasi dan berbudi pekerti luhur.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon