Trik Mengatasi Jam di Smartphone xiaomi yang sering berubah-ubah

Beberapa orang di sejumlah forum terbuka menayakan prihal jam pada Smartphone xiaomi yang sering berubah-ubah. Salah seorang yang  bertanya adalah user smartphone  Xioami Redmi 4. SS nya seperti dibawah ini  :


Entah, apakah masalah ini hanya untuk jenis Merek Xiaomi tertentu atau merata untuk semua smartphone Xiaomi. Tapi yang jelas saya pun sempat mengalami hal yang sama pada xiaomi redmi 6 Saya. 

Penjelasan Masalah


Jam Smartphone Xiaomi 6 Saya akan berubah secara otomatis setelah Smartphone dimatikan, sekalipun jam diatur manual dan zona waktu otomatis di nonaktifkan tetap saja pasca di nonatifkan atau pun restart jam akan berubah ke zona waktu WIB (waktu indonesia barat) sementara saya bermukim pada zona waktu WITA (waktu indonesia tengah).

Masalah yang semakin memperkeruh adalah Perubahan ke WIB ini tidak permanen tetapi kadang kalah kembali normal ke WITA meskipun tanpa perlakuan apapun.

ini masalahkan, kita berada dalam ketidak pastian apakah Jam yang ditunjukkan Smartphone Kita sudah benar WITA atau salah (WIB). Sebelumnya saya tidk terlalu mengindahkan masalah ini, tapi sempat suatu hari saya telat gara-gara jam hp yang ternyata terstel WIB -_-. 


Trik Mengatasi


Masalah Jam yang berubah-ubah ini bisa jadi masalah Bugs, jadi tunggu sampai pihak pengembang memperbaiki Masalah Bugs ini. 

Sambil menunggu Bugs ini terselesaikan kami berbagi trik bagaimana supaya Jam Smartphone Xiaomi anda tidak berubah-ubah meskipun telah dimatikan. Berikut triknya :

1. Pertama buka setelan jam di smartphone Xiaomi anda. Caranya lihat gambar 


2. Pada setelan Jam Pilih Ubah Waktu Sistem.


3. Nonaktifkan Zona Waktu Otomatis, Kemudia klik pada Pilih Zona Waktu.


4. Langkah Finishing. akan muncul daftar Zona waktu, untuk indonesia yang ada cuman WIB. Jadi yang perlu anda pilih adalah sala satu Zona waktu luar negeri yang sesuai dengan Zona waktu Lokasi anda. 

  • Untuk Lokasi Zona waktu WITA pilih zona waktu luar negeri GMT + 08.00.
  • Untuk Lokasi Zona waktu WIT Pilih zona waktu luar negeri GMT + 09.00

Bagaimana ? mudah kan ? Nulisnya aja yang panjang, prakteknya sangat mudah. Demikian semoga bisa berguna untuk anda para pengunjung sekalian.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon