+6 Alasan Mengapa garam berlebihan Berbahaya bagi Kesehatan

Sayur tanpa garam akan terasa hambar dan makanan lainpun tidak jauh bedanya dengan sayur jika tanpa garam. Ya, dalam dunia industri dan pengawetan makanan garam mengambil peran yang penting. 

Tak hanya berfungsi untuk memberi rasa, garam juga merupakan bentuk zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu fungsi garam untuk tubuh adalah sebagai sistem kontrol untuk menyeimbangkan cairan tubuh kita. Namun ada rumus yang mengatakan bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Hal ini juga berlaku saat anda mengomsumsi garam. 

Pernahkah anda menakar berapa gram garam yang anda komsumsi setiap harinya ? 

anda sekarang harus lebih selektif pasalnya hampir semua makanan yang anda makan mengandung  garam. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia WHO jumlah garam yang direkomendasikan untuk dikomsumsi setiap harinya hanya sekitar 5g per hari.  
Hal ini dikarenakan tubuh kita akan bereaksi negatif ketika kita mengonsumsi terlalu banyak garam. Nah berikut beberapa hal yang dapat disebabkan oleh kebiasaan komsumsi garam berlebihan.


 Memicu stroke dan tekanan darah tinggi

Ngeri bukan , fakta membuktikan bahwa garam yang berlebihan merupakan cikal bakal penyebab penyakit stroke dan tekanan darah tinggi. Di Afrika Selatan merupakan negara dengan resiko tinggi mengidap penyakit stroke dan tekanan darah tinggi yang menurut data hal ini disebabkan karena pola hidup yang terlalu banyak mengkomsumsi garam sampai sekitar 8.5g perharinya.

Penyakit kardiovaskular

    Penyakit kardiovaskular dikanal juga dengan penyakit jantung dapat diakibatkan oleh asupan sodium harian yang berlebihan, terutama bagi orang dewasa. Menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam The BMJ, asupan garam yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko stroke dan penyakit kardiovaskular yang signifikan.

    Otak

Menurut Journal of Nutrition, Health and Aging, asupan natrium tinggi dikaitkan dengan hipertensi dan penyakit kardiovaskular (CVD). Studi ini juga mengungkapkan bahwa asupan natrium yang berlebihan dapat merusak fungsi kognitif pada orang tua.

 Edema

Pembengkakan pada lutut atau kaki dan bahkan tangan Anda dapat disebabkan oleh edema. Sebuah artikel yang diterbitkan di Livestrong.com mengklaim bahwa terlalu banyak garam dapat menyebabkan edema akibat retensi air di dalam tubuh.

 Kanker perut

Konsumsi berlebihan makanan olahan berbahaya bagi perut Anda. Mengurangi makanan tinggi garam dapat mengurangi risiko kanker perut, menurut Consensus Action on Salt & Health. Pria lebih rentan terkena kanker perut daripada wanita.

Ginjal

Ginjal merupakan organ eskresi, ginjal juga berfungsi untuk menyeimbangkan tingkat cairan dan mengontrol produksi sel darah merah di dalam tubuh. Asupan garam yang tinggi ditambah lagi dengan tekanan darah tinggi dapat meningkatkan resiko ginjal Anda. Menurut sebuah artikel yang diterbitkan di Blood Pressure UK komsumsi garam yang tinggi dapat mengurangi kemampuan ginjal Anda untuk menyaring racun

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon