Cara Mengetahui Koordinat Latitude dan Longitude Suatu Lokasi dengan Google Maps

Latitude dan Longitude

Koordinat suatu Lokasi dapat diketahui secara geografis dengan menentukan kordinat latitude dan longitude dari lokasi tersebut. Latitude secara geografis merupakan kordinat yang menggambatka posisi suatu lokasi dengan acuan kedudukan utara-selatan sepanjang garis lintang. Sementera Longitude adalah kordinat geografis yang menentukan posisi suatu lokasi dari barat-timur atau sepanjang bujur.

Mengetahui kordinat latitude dan longitude dari suatu lokasi bagi orang awam tidak terlalu dibutuhkan. Tapi lain halnya jika anda dalah seorang operator sekolah, misalnya madrasa. Pasalnya hingga kini Kordinat latitude dan longitude masih dibutuhkan untuk keperluan administrasi sekolah.

Untuk itu pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara mengetahui kordinat latitude dan longitude suatu lokasi.
Berkat Teknologi mutakhir, jaman sekarang anda tidak perlu menghitung secara manual untuk mengetahui kordinat geografis dari lokasi sekolah anda. Cukup dengan memanfaatkan Google Maps dan GPS yang ada di smartpone anda.

Bagaimana caranya ? Berikut tutorial lengkap dengan gambar yang dapat anda ikuti untuk mengetahui lokasi anda secara akurat.

1.   Pertama, Hidupkan GPS smartphone anda terlebih dahulu. Karena kita akan menggunakan GPS untuk menandai lokasi anda saat ini di google Map. Sebelum itu pastikan anda Sudah berada di lokasi (sekolah misalnya) yang hendak anda cari tahu Kordinat Geografisnya.


2.   Kedua, Buka Aplikasi Google Maps di Smartphone anda. Google Maps ini sudah menjadi aplikasi semi Bawaan android, jadi seharusnya seudah terinstall di smartphone anda jadi tidak perlu di download lagi.



Pada layar aplikasi google Maps tekan logo yang ada di sebelah kanan atas layar (lihat gambar). Kemudian pilih satelit. Tunggu beberapa saat sampai aplikasi mengunci lokasi anda saat ini. Jika lokasi sudah terkunci akan muncul bulatan biru yang menandakan lokasi perangkat anda saat ini sekaligus merupakan lokasi sekolah anda.




3.  Sekarang coba sentuh dan tahan layar tepat pada lokasi bulatan biru itu berada sampai muncul tanda merah. Seperi Gambar.



4. Perhatikan tepat dibagian atas layar akan muncul angka-angka (lihat gambar) angka tersebut adalah kordinat latitude dan Longitude dari lokasi anda. Untuk melihat angka sepeuhnya sentuh pada kolom angka tersebut.



Deretan angka sebelum koma sebelah kiri menunjukkan kordinat latitude dan deretan angka-angka setelah koma menunjukkan kordinat longitude.

TOP OTOMOTIF Deretan TOP 5 Mobil Mewah Termahal Seantero Dunia

Nah pada bagian ini ada fitur lain “atur Pada map”. Dengan Fitur ini anda bisa meningkatkan keakuratan posisi anda dengan mengeser tanda merah ke posisi yang lebih akurat.


Sekarang anda telah mengetahui Kordinat Geografis dari perangkat anda. Sekian, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian. Jika ada kendala atau hal yang tidak dimengerti dari pemaparan kami jangan sungkan untuk menulis komentar anda di kolom komentar dibawah postingan ini.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon