Download Ebook Pedoman Implementasi Mata Peljaran Informatika Kurikulum 2013


Kemdikbud Mengeluarkan Sebuah Ebook/buku elektronik berjudul Pedoman Implementasi Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013 yang dapat anda download atau baca melalui Link download yang kami lampirkan dibagian bawah Postingan ini.

Tentang Ebook


Ebook ini berbentuk PDF dengan total halaman sebanyak 52 lembar yang disusun berlandaskan sejumlah peraturan, antara lain :
1.   Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2014 tentang Peran Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Guru Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi dalam Implementasi Kurikulum 2013.
2.   Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.
3.   Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.
4.   Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Tujuan


Melalui Ebook Pedoman Implementasi Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013 ini bertujuan agar dapat membantu semua pihak yang terkait dengan pembelajar Impormatika untuk dapat :
1. memahami pengertian, ruang lingkup, dan kedudukan Informatika pada
pendidikan dasar dan menengah;
2. memahami konsep Informatika, muatan, dan perangkat kurikulumnya;
3. memahami proses pembelajaran yang diharapkan akan dilaksanakan;
4. mengetahui kriteria sekolah pelaksana mapel Informatika; dan
5. memahami prinsip, tahapan, dan strategi implementasi muatan/mapel
Informatika di sekolah.

Impormatika Pada Kurikulum 2013


TIK merupakan mata pelajaran dengan tujuan utama untuk membekali peserta didik dengan Ilmu dan kemampuan dalam mengunakan Produk teknologi dan memanfaatkanya bukan hanya dalam proses pembelajaran tetapi juga sebagai bekal peserta didik di kehidupan bermasarakat pra, saat dan pasca masa pendidikan.
Tujuan tersebut di emban oleh guru TIK di setiap sekolah. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2015 dengan rincin dijelaskan bahwa :

“Peran Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Guru Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi dalam Implementasi Kurikulum 2013, yaitu membimbing peserta didik untuk mendukung kelancaran proses pembelajaran, memberikan layanan/fasilitasi kepada sesama guru untuk persiapan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran dan memberikan layanan/fasilitasi kepada tenaga kependidikan untuk mengembangkansistem manajemen sekolah berbasis TIK”

TIK dijaman sekarang merupakan kemampuan yang wajib dimiliki SDM indonesia agar dapat bersaing dalam persaingan global di panggung Era Industri 4.0 Society 5.0 dimana peran teknologi sudah teraplikasikan dna bersinergi dengan seluru sektor kehidupan masyarakat.

Untuk mendownlad Ebook Pedoman Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Informatika sillahkan klik tombol download di bawah ini :

Download Ebook Pedoman Implementasi Mata Peljaran Informatika Kurikulum 2013
Format PDF File Size 2 MB
Untuk mendownload, Silahkan tunggu sampai file succes generate 100%. Dan jika link rusak silakan lapor melalui halaman Contact Form blog ini.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon