Jenis-jenis Lebah Penghasil Madu (apis) yang sering diBudidayakan

Lebah merupakan hewan jenis serangga dengan nama latin Anthopilia. Lebah hidup berkoloni seperti halnya semut dengan pembagian peran yang berbeda-beda untuk menjalankan dan membangun koloninya.

Berbicara tentang lebah pasti selalu indentik dengan madu. kita semua pasti sudah tahu bahwa madu berasal atau dihasilkan oleh lebah. Namun ternyata faktanya tidak semua lebah menghasilkan madu dari kurang yang lebih 20.000 spesies lebah di seluruh dunia hanya 7 spesies lebah yang menghasilkan madu. Lebah yang dapat menghasilkan madu digolongkan dalam genus Apis sehingga penamaan setiap lebah madu akan diawali dengan Apis. Usut punya usut ternyata guys 5 dari 7 spesies lebah penghasil madu itu terdapat di Indonesia. Tak heran jika nantinya negara kita bisa menjadi pemasok madu internasional.

Baca Juga : Investasi Profit Besar dengan Mesin Pemanen Padi

Mungkin anda penasaran tentang 5 jenis lebah penghasil madu yang ada di Indonesia. Nah berikut kita ulas satu persatu hitung-itung untuk menambah wawasan terutama bagi anda yang hendak membudidayakan lebah madu.


    Apis Cerana




    Jika Anda bertanya jenis lebah apa yang paling banyak di budidaya oleh masyarakat jawabannya adalah lebah Apis cerana. Secara menyeluruh lebah Apis cerana merupakan pemasok madu utama di Indonesia.   Bukan hanya dalam skala industri budidaya madu lebah Apis cerana juga banyak dilakukan masyarakat untuk kebutuhan skala rumah tangga.

    Apis cerana oleh masyarakat pada umumnya juga dikenal dengan berbagai macam nama seperti misalnya lebah unduhan,  lebah lalat, lebah gula atau oleh orang Jawa disebutnya tawon laler. Lebah Apis cerana ini mempunyai ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis lebah lainnya dan sifat yang lebih agresif juga.  Produksi madu untuk hitungan 1 koloni lebah dalam satu tahunnya berkisar antara 6 sampai 12.

    Apis Nigrocincta



    Bagi Anda yang berasal dari pulau Sulawesi Anda patut berbangga diri karena satu dari 5 lebah penghasil madu  ada di Sulawesi yaitu jenis Apis Nigrocinta (lebay dikit).  Dari segi morfologis lebah madu lokal Sulawesi sini cenderung berbeda dari jenis-jenis Apis lainnya ukurannya cenderung lebih ramping dengan sayap melebar keluar Selain itu warna dan corak tubuh cenderung lebih lebih terang dibandingkan jenis lebah madu yang lain.

    Apis dorsata



    Lebah hutan atau juga di sering disebut lebah raksasabernama Latin apis dorsata.  Lebah ini tampak persis seperti sebutan mereka yaitu raksasa.  Raksasa di sini maksudnya guys lebih lebih besar daripada jenis lebah yang lain bahkan lebih besar daripada jenis lebah Sulawesi yang kita Jelaskan di poin pertama.  Hingga kini belum ada perusahaan madu yang mencoba menternakkan lebah jenis ini jadi untuk memperoleh madunya Anda harus mengusahakan langsung untuk mengambilnya di hutan. 

    Persebaran dari lebah hutan ini hampir tersebar merata di wilayah Wilayah beriklim subtropis termasuk negara kita Indonesia.  Ciri khas lain dari jenis lebah hutan adalah sengatan yang cukup tajam dan menyakitkan.

    Apis mellifica



    Apis mili pizza ini merupakan lebah pemerintah.  Kok lebah pemerintah pasalnya lebah jenis ini merupakan lebah penghasil madu utama yang  paling banyak peternakan oleh Dinas Kehutanan atau Perum Perum Perhutani.  Lebah jenis ini cenderung lebih pasif dan mudah jinak serta menghasilkan madu dengan tingkat produksi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tipe Apis cerana produksi madu per tahun untuk hitungan per koloni sekitar 30 sampai 60 kg.

    Apis trigona



    Bahasa lokal nya klanceng kelebihan lain dari Apis trigona adalah jenis lebah ini tidak memiliki sengat sehingga bagi orang-orang awam yang baru ingin memulai menternakkan lebah tak perlu kuatir ataupun was-was akan sengatan lebah.   Sebagai ganti sengat Lebah trigona memiliki semacam cairan seperti lem yang sangat lengket untuk mempertahankan dirinya.  Dari segi ukuran tubuh lebah trigona atau klanceng ini relatif lebih kecil dari semua jenis lebah dan produksi madunya pun sedikit sehingga jarang sekali ada perusahaan yang menggunakan jenis lebah ini.

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon