Perbedaan antara tes, testing, tester dan tester


Dalam dunia pendidikan terutama bagi seorang pengajar yang aktif mengajar maka anda mungkin sering mendengar istilah-istilah yang terkait dengan evaluasi.  Untuk menilai kesuksesan atau hasil belajar pendidik menggunakan tes sebagai instrumen untuk mengevaluasi hasil belajar peserta didik. Terkait dengan tes ada beberapa istilah yang kadang dipertanyakan terkait dengan evaluasi tersebut.  Beberapa istilah tersebut misalnya adalah testing tester dan testee.  Untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan antara tes, testing,  tester dan tester

Tes 

Seperti dibahsakan sebelumnya bahwa tes merupakan suatu alat untuk menilai prestasi peserta didik sebagai capaian dari hasil belajar yang telah mereka peroleh.  Tes dapat berupa soal yang berhubungan dengan indikator yang yang diajarkan kepada peserta didik.  tes dapa berupa soal isian, essai, pilihan ganda dan bentuk lainya yang lazim digunakan dalam dunia pendidikan.

Testing 

Untuk istilah testing merupakan istilah dalam tes atau dalam evaluasi yang diambil dari serapan kata bahasa Inggris dengan menggunakan present continuous tense dan sehingga menunjukkan bahwa testing adalah saat atau waktu ketika tes tersebut dilaksanakan. 

Tester

Sama halnya dengan testing tester juga merupakan bahasa yang diambil dari serapan bahasa Inggris tester menunjukkan atau merujuk kepada orang yang melakukan tes dalam hal ini yang dimaksud adalah guru yang memberikan tes kepada peserta didiknya. 

Testee

Kemudian testee adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada subjek yang melakukan tes dalam hal ini adalah para peserta didik yang sedang mengerjakan soal yang diberikan oleh guru mereka selaku tester. 

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Apple iPad Pro 11 terbaru

Nah keempat istilah tersebut sering kali digunakan dalam forum-forum ilmiah. Jadi semoga dengan artikel ini saya dan anda sekarang dan selanjutnya bisa membedakan antara tes,  testing,  tester dan tester. Sekian semoga informasi ini bisa berguna kepada saya sendiri dan juga untuk pembaca sekalian.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon