Ada beberapa hal yang
direvisi dari taksonomi bloom lama yang kemudian dimuat dalam taksonomi bloom
versi revisi oleh anderson. Revisi anderson lakukan dengan maksud untuk memberikan
inovasi dan pembaruan untuk mengadopsi perkembangan dan temuan baru dalam dunia
pendidikan.
Dimensi Pengetahuan dan Deimensi Kognitif
Pada
Taksonomi Revisi Bloom dimensi pengetahuan dipisahkan dengan dimensi proses
kognitif (C1-C6). Sehingga dengan mangacu pada Taksonomi bloom revisi ini guru
sains akan lebih terdorong mengembangkan soal untuk mengukur keterampilan proses
siswa yang selama ini masih sering terabaikan.
Selain itu pemisahan antara
dimensi pengetahuan dengan dimensi proses Kognitif juga memungkinkan pembuatan
soal yang lebih bervariasi untuk setiap jenis proses kognitif menjadi 4 kali
lipat sebagai hasil dari perpaduan antara dimensi pengetahuan dengan dimensi
proses kognitif.
Ada
4 Macam Dimensi Pengetahuan yaitu :
(1) pengetahuan faktual yaitu pengetahuan
tentang Unsur dasar yang terdiri dari pengetahuan tentang terminologi dan
pengetahuan tentang bagian detail dan unsur-unsur.
(2) Pengetahuan konseptual yaitu
berupa pengetahuan yang menunjukkan salin keterkaitan antara unsur dasar
(faktual) terdiri dari yaitu pengetahaun tentang kelasifikasi dan kategori,
pengetahuan tentang prinsip dan generalisasi, dan pengetahuan tentang teori,
model, dan struktur.
(3) Pengetahuan Prosedural yaitu pengetahuan tetang
langkah-langkah mengerjakan sesuatu yang terdiri dari Pengetahuan tentang
keterampilan khusus yang berhubungan dengan suatu bidang tertentu dan
pengetahuan tentang algoritme, Pengetahuan tentang teknik dan metode yang
berhubungan dengan suatu bidang tertentu, dan Pengetahuan tentang kriteria
untuk menentukan kapan suatu prosedur tepat untuk digunakan.
(4) Pengetahuan
Meta Kognitif yaitu pengetahuan tetang kognisi dan pengetahuan tentang diri
sendiri, meta kognitif terdiri dari pengetahuan Strategik, Pengetahuan tetang
tugas Konteks dan Pengetahuan tentang diri sendiri.
Dimensi Proses Kognitif
Jumlah
dan jenis proses kognitif tetap sama seperti dalam taksonomi yang lama, hanya
kategori analisis dan evaluasi ditukar urutannya dan kategori evalusi kini
dinamai membuat (create). Berikut gambar untuk lebih memperjelasnya.
Selain itu kata yang digunakan pda taksonomi revisi menggunakan kata kerja bentuk aktif berbeda dengan sebelum revisi yang menggunakan kata kerja bentuk pasif. Dimensi kognitif pun lebih bersifat fleksibel Artinya, untuk dapat melakukan proses kognitif yang
lebih tinggi tidak mutlak disyaratkan penguasaan proses kognitif yang lebih
rendah.
Ada 6 Proses Kognitif yaitu
(1)
menghafal (Remember) terdiri dari dua macam proses kognitif yaitu
mengenali dan mengingat.
(2) Memahami (understand) terdiri dari tujuh
proses kognitif: menafsirkan (interpreting), memberikan contoh (exemplifying),
mengkelasifikasikan (classifying), meringkas (summarizing), menarik inferensi
(inferring), membandingkan (comparing), dan menjelaskan (explaining).
(3)
Mengaplikasikan (Applying) Kategori ini mencakup dua macam proses
kognitif yaiu menjalankan (executing) dan mengimplementasikan (implementing).
(4) Menganalisis (Analysis)
Ada
tiga macam proses kognitif yang tercakup dalam menganalisis: membedakan
(differentiating), mengorganisir (organizing), dan menemukan pesan tersirat
(attributting).
(5) Mengevaluasi yang terdiri dari dua proses kognitif yaitu
memeriksa (checking) dan mengritik (critiquing).
(6) Membuat (create) menggabungkan
beberapa unsur menjadi suatu bentuk kesatuan. Ada tiga macam proses kognitif
yang tergolong dalam kategori ini, yaitu: membuat (generating), merencanakan
(planning), dan memproduksi (producing).
Referensi
EmoticonEmoticon