Dua Perbedaan Mendasar Antara Taksonomi Bloom dengan Revis Taksonomi Bloom

Ada beberapa hal yang direvisi dari taksonomi bloom lama yang kemudian dimuat dalam taksonomi bloom versi revisi oleh anderson. Revisi anderson lakukan dengan maksud untuk memberikan inovasi dan pembaruan untuk mengadopsi perkembangan dan temuan baru dalam dunia pendidikan. 

Dimensi Pengetahuan dan Deimensi Kognitif

Pada Taksonomi Revisi Bloom dimensi pengetahuan dipisahkan dengan dimensi proses kognitif (C1-C6). Sehingga dengan mangacu pada Taksonomi bloom revisi ini guru sains akan lebih terdorong mengembangkan soal untuk mengukur keterampilan proses siswa yang selama ini masih sering terabaikan. 

Selain itu pemisahan antara dimensi pengetahuan dengan dimensi proses Kognitif juga memungkinkan pembuatan soal yang lebih bervariasi untuk setiap jenis proses kognitif menjadi 4 kali lipat sebagai hasil dari perpaduan antara dimensi pengetahuan dengan dimensi proses kognitif.

Ada 4 Macam Dimensi Pengetahuan yaitu :

(1) pengetahuan faktual yaitu pengetahuan tentang Unsur dasar yang terdiri dari pengetahuan tentang terminologi dan pengetahuan tentang bagian detail dan unsur-unsur. 

(2) Pengetahuan konseptual yaitu berupa pengetahuan yang menunjukkan salin keterkaitan antara unsur dasar (faktual) terdiri dari yaitu pengetahaun tentang kelasifikasi dan kategori, pengetahuan tentang prinsip dan generalisasi, dan pengetahuan tentang teori, model, dan struktur. 

(3) Pengetahuan Prosedural yaitu pengetahuan tetang langkah-langkah mengerjakan sesuatu yang terdiri dari Pengetahuan tentang keterampilan khusus yang berhubungan dengan suatu bidang tertentu dan pengetahuan tentang algoritme, Pengetahuan tentang teknik dan metode yang berhubungan dengan suatu bidang tertentu, dan Pengetahuan tentang kriteria untuk menentukan kapan suatu prosedur tepat untuk digunakan. 

(4) Pengetahuan Meta Kognitif yaitu pengetahuan tetang kognisi dan pengetahuan tentang diri sendiri, meta kognitif terdiri dari pengetahuan Strategik, Pengetahuan tetang tugas Konteks dan Pengetahuan tentang diri sendiri.

Dimensi Proses Kognitif

Jumlah dan jenis proses kognitif tetap sama seperti dalam taksonomi yang lama, hanya kategori analisis dan evaluasi ditukar urutannya dan kategori evalusi kini dinamai membuat (create).  Berikut gambar untuk lebih memperjelasnya.

Related image
Selain itu kata yang digunakan pda taksonomi revisi menggunakan kata kerja bentuk aktif berbeda dengan sebelum revisi yang menggunakan kata kerja bentuk pasif. Dimensi kognitif pun lebih bersifat fleksibel Artinya, untuk dapat melakukan proses kognitif yang lebih tinggi tidak mutlak disyaratkan penguasaan proses kognitif yang lebih rendah.  

Ada 6 Proses Kognitif yaitu 

(1) menghafal (Remember) terdiri dari dua macam proses kognitif yaitu mengenali dan mengingat. 

(2) Memahami (understand) terdiri dari tujuh proses kognitif: menafsirkan (interpreting), memberikan contoh (exemplifying), mengkelasifikasikan (classifying), meringkas (summarizing), menarik inferensi (inferring), membandingkan (comparing), dan menjelaskan (explaining). 

(3) Mengaplikasikan (Applying) Kategori ini mencakup dua macam proses kognitif yaiu menjalankan (executing) dan mengimplementasikan (implementing). 

(4) Menganalisis (Analysis) Ada tiga macam proses kognitif yang tercakup dalam menganalisis: membedakan (differentiating), mengorganisir (organizing), dan menemukan pesan tersirat (attributting). 

(5) Mengevaluasi yang terdiri dari dua proses kognitif yaitu memeriksa (checking) dan mengritik (critiquing). 

(6) Membuat (create) menggabungkan beberapa unsur menjadi suatu bentuk kesatuan. Ada tiga macam proses kognitif yang tergolong dalam kategori ini, yaitu: membuat (generating), merencanakan (planning), dan memproduksi (producing).

Referensi
Widodo, A. (2006). Revisi Taksonomi Bloom dan Pengembangan Butir Soal. Buletin Puspedik, 18-29.




Artikel Terkait


EmoticonEmoticon