Apakah Kompetensi Dasar dapat dikembangkan sesuai dgn kearifan lokal ?

Image result for kearifan lokal


menyangkut masalah "Apakah Kompetensi Dasar dapat dikembangkan sesuai dgn kearifan lokal ?. tentu saja sedikit banyaknya ini membahas tentang kurikulum.

Terus apa jawabannya ? 

Apakah Kompetensi Dasar dapat dikembangkan sesuai dgn kearifan lokal ? 

Tentu saja bisa dan diperbolehkan. 

Seperti yang diketaahui KD itu tercantum didalam silabus dan silabus adalah penjabaran dari kompetensi dasar. silabus itu "dapat dikembangkan" berdasarkan keadaan sekolah/wilayah tempat digunakanny silabus tsb. 

Salah satu sifat dari silabus adalah "fleksibel" artinya komponen komponen didalamnya haruslah dan diharapkan bisa luwes dalam mengakomodasikan keragaman siswa, guru serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan juga tuntutan masyarakat. 

Dengan catatan pengembangan KD pada setiap matapelajaran itu haruslah mencakup 3 kompetensi wajib yg harus ditanamkan ke siswa dalam kegiatan pembelajaran yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Merujuk PADA PermenDIKBUD No. 24 Tahun 2016 BAB II pasal 2 bahwa KD atau kompetensi dasar ini adalah kriteria Minimum pembelajaran yang dirumuskan agar peserta didik mencapai ke 4 kompetensi inti yaitu Sikap spiritual, Sikap sosial, Pengetahuan dan keterampilan. Kata minimum berarti boleh-boleh saja diekpansi untuk hasil pembelajaran yang lebih tinggi. Selain itu kearifan lokal di indonesia sangat kaya dengan ke empat nilai dalam KI tersebut jadi tidak bertentangan bahkan sejalan dan saling menguatkan. 

Pun dikatakan bahwa KD dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik. Karakter peserta didik dipengaruhi oleh lingkungan sehingga tak heran jika kita temukan karakteristik peserta didik yg berbeda-beda di setiap daerah. Perihal perbedaan ini sedikit banyak bisa dipengaruhi kearifan lokal di daerah mereka. Jadi  pembelajaran akan lebih efektif jika KD nya dirumuskan dengan memasukkan nilai-nilai kearifan lokal dari setiap
daerah .

Kesimpulannya adalah boleh-boleh saja mengembangkan KD berdasarkan Kearifan lokal. Banyak sekali hal baik yang bisa diperoleh, selain bisa menyesuaikan dengan karakteristik siswa di setiap daerah kita juga bisa sekaligus melestarikan budaya.

Setiap Satuan PENDIDIKAN selalu bertindak agar tidk keluar dari RANA HUKUM yang sudah d tetapkan oleh Pemerintah. Dengan demikian, tidk ada patokan khusus yg diberikan oleh Pemerintah dalam penjbran KD. Oleh sebab itu, inilah Improvisasi yang dilakukan oleh setiap satuan pendidikan.

Sebab setiap DAERAH memiliki KEARIFAN LOKAL yang berbeda2. Sebuah INSTANSI Satuan Pendidikan (Sekolah) yg JELI memandang HAL ini, maka akan menjadikan inilah TOLAK UKUR pembedanya ANTARA sekolah tersebut dengan SEKOLAH LAINNYA.

seharusnya SETIAP satuan pendidikan mampu mengembangkan IDE DAN GAGASAN berdasarkan KEARIFAN LOKAL yang ada d daerah tersebut. Dari SINILAH setiap sekolah akan memiliki ke-khasan masing2 pada setiap daerahxa

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon