Materi TWK CPNS : Fungsi dan kedudukan Pancasila



Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Pancasila memiliki kedudukan dan fungsi  yang sangat vital bagi kelangsungan kehidupan bernegara.  Berikut ini adalah beberapa kedudukan dan fungsi Pancasila bagi Bangsa Indonesia itu sendiri.

fungsi dan kedudukan Pancasila baik nya kita tahu dulu mengenai apa sebenarnya Pancasila itu.  Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Panca yang berarti lima dan sila yang berarti prinsip.  jadi berarti 5 prinsip yang digunakan sebagai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Materi TWK CPNS : Arti dan makna lambang simbol negara


Pancasila sebagai dasar negara bangsa Indonesia


Ibarat bangunan Pancasila ini seperti pondasi atau dasar untuk mendirikan rumah Jadi bagi negara Pancasila ini adalah pondasi untuk membangun negara.  Pancasila untuk menjalankan fungsinya sebagai dasar negara berisikan kaidah atau hukum hukum menjadikan sumber atau patokan untuk mengatur bangsa Indonesia yang meliputi wilayah pemerintahan dan seluruh rakyat Indonesia tentunya.

Pancasila sebagai pandangan hidup


Pancasila adalah hasil dari seluruh rangkuman pengalaman hidup yang dituai dari sejarah bangsa kemudian pengalaman hidup tersebut membentuk watak,  sikap-sikap,  perilaku,  etika  dan nilai-nilai tentang norma yang kemudian melahirkan pandangan hidup.  pandangan hidup itu sendiri adalah suatu pengetahuan menyeluruh mengenai kehidupan.  Pancasila sebagai pandangan hidup berguna sebagai pedoman untuk mengatur hubungan antara manusia hubungan manusia dengan Tuhan dan hubungan manusia dengan lingkungan. 


Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia


 ideologi adalah ilmu tentang pengertian pengertian yang bersifat dasar.  dengan demikian Pancasila sebagai ideologi bangsa  merupakan suatu konsep yang diekstrak dari  pandangan hidup masyarakat Indonesia.

Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia


pancasila merupakan  penggerak .negara Pancasila lahir  bersamaan dengan lahirnya bangsa Indonesia itu sendiri.  Pancasila merupakan generalisasi dari seluruh jiwa rakyat Indonesia.

Pancasila merupakan sumber dari segala sumber tertib hukum


Segala konstitusi atau peraturan peraturan yang berlaku di Indonesia tidak boleh bertentangan dengan Pancasila.  semua hukum yang telah dibuat maupun akan dibuat harus berlandaskan Pancasila. 

 

Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia


 karakter bangsa  Indonesia adalah Pancasila sehingga refleksi dari karakteristik setiap orang adalah penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari mereka.  karakteristik mencakup gerak-gerik maupun kondisi mental yang mempengaruhi pola pikir setiap orang.  


Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan yang akan dicapai bangsa Indonesia


segala segala  cita-cita dan tujuan yang dicetuskan para pendiri bangsa yang kemudian menjadi visi untuk Indonesia bergerak maju didasarkan pada Pancasila dan bahkan merupakan Pancasila itu sendiri.  Tujuan akhir dari cita-cita bangsa tak terlepas dari kemakmuran rakyat,   terciptanya masyarakat yang adil dan makmur,  serta pemerantaa kehidupan baik dari segi ekonomi maupun spiritual dan sosial.


Pancasila sebagai perjanjian luhur


Pancasila merupakan  kesepakatan para  pendiri bangsa untuk mewujudkan kemerdekaan kalah itu.  kesepakatan tersebut di tuai  dari hasil musyawarah sehingga mewakili seluruh rakyat Indonesia dan menjadi sebuah perjanjian luhur yang patut dijunjung tinggi keberadaannya dan dipatuhi. 


Pancasila sebagai falsafah hidup yang mempersatukan bangsa Indonesia


Pancasila mengandung  norma-norma dan nilai-nilai yang oleh bangsa Indonesia diyakini paling benar , bijaksana,  adil  dan tepat bagi bangsa Indonesia guna mempersatukan rakyat Indonesia dalam menjaga persatuan tersebut agar tidak bergeser dari posisinya.

Pancasila sebagai paradigma pembangunan


segala upaya dalam membangun bangsa harus didasarkan pada sila-sila yang terkandung dalam Pancasila.  setiap pembangunan tersebut tidak boleh bertentangan dengan Pancasila Itulah mengapa Pancasila dikatakan sebagai paradigma pembangunan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon