Cara Print PDF Timbal Balik dengan Printer Biasa

Bagaimana Cara Print File atau Dokumen PDF timbal balik ? pada kesempatan kali ini melalui artikel ini akan dibahas mengenai langkah-langkah print dokumen pdf timbal balik dengan mudah. 

Memang ada beberapa jenis printer yang bisa atomatis print autoduplex atau bolak balik. Salah satu jenis printer yang bisa bolak balik adalah printer Canon Pixma TS707 yang sering digunakan percetakan professional. Nah karena itu judul kali ini membahas cara print PDF timbal-balik dengan printer Biasa atau printer yang umum digunakan. 

Jadi untuk print timbal balik tidak mesti harus beli printer keren, dengan printer biasa pun bisa. Cuma caranya Manual, manual disini artinya harus bolak balik sendiri. 


Jadi bagaiman caranya ? Berikut kita bahas step by step sejelas mungkin.

1. Pertama, tentu saja Nyalakan laptop, hubungkan Ke print kemudian buka file PDF yang hendak anda print Bolak Balik.
2. kemudian Teken + P untuk masuk ke jendela Print. 
3. Pada jendela Print jangan langsung tekan print, atur dulu beberapa hal. Untuk print bolak balik ini proses print akan berlansung dua kali, pertama print halama genap dulu kemudian dilanjutkan dengan halaman ganjil. Untuk Print genap lakukan beberapa pengaturan sesuaikan dengan gambar dibawah ini :


4. Selanjutnya kertas hasil print halaman genap tadi anda masukkan kembali ke printer untuk mencetak halaman yang ganjil. Penting disini adalah posisi kertas saat dimasukkan ke printer harus dalam posis terbalik dengan bagian atas dokumen berada dibagian bawah. perhatikan gambar berikut ini untuk lebih faham.

Image result for posisi kertas saat print bolak balik

5. selanjutnya atur untuk memprint halaman Ganjilnya, Caranya cukup dengan mimilih opsi Odd Pages Only atau lihat gambar dibawah



Sekian dan Terimah kasih semoga bisa bermanfaat untuk anda sekalian.

Artikel Terkait

1 komentar


EmoticonEmoticon