Contoh Soal Keterampilan Proses Sains (KPS) Fisika

KPS (keterampilan Proses Sains) dan contoh soalnya | KPS merupakan singkatan dari keterampilan proses sains. Saya yakin bahwa guru-guru ataupun mahasiswa pendidikan pasti sering mendengan istilah KPS ini. KPS atau keterampilan proses sains adalah keterampilan siswa dalam menggunakan metode ilmiah untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.

keterampilan proses sains penting untuk ditumbukan dalam pembelajaran terutama pembelajaran basic sains seperti fisika, biologi dan kimia. Karenanya guru seyogyanya merancang pembelajaran yang bisa menumbuhkan keterampilan proses sains para peserta didik.
Untuk assesmen untuk menilia tingkat Keterampilan Proses sains pasca pembelajaran dapat dilakukan dengan mengunakan soal tes maupun non-tes. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai contoh soal Keterampilan Proses sains (tes) untuk mata pelajaran fisika.

untuk membuat soal KPS patokannya adalah indikator dari Keterampilan Proses Sains itu sendiri. dinantaranya ada 
  1. kemampuan mengamati (observasi)
  2. Interpretasi
  3. Prediksi
  4. komunikasi
  5. berhipotesis
  6. merencanakan Penyelidikan/percobaan
  7. melakuan penyelidikan/percobaan
  8. Menerapkan Konsep/prinsip
Berikut pembahasan mengenai indikator KPS dan contoh soalnya untuk mata pelajaran fisika.

    Kemampuan Mengamati

    Sinkatnya kemapuan mengatai yang dimaksud adalah bagaimana para siswa menggunakan indra mereka untuk menangkap informasi. Bentuk soal Kemampuan mengamti ini bisa berupa non-tes berupa rubrik maupun soal bentuk tes. Contonya :

    Lima buah hambatan listrik yang sama disusun bergantian menjadi lima jenis rangkaian seperti gambar berikut.,


    dari pengamatan anda dari ke lima rangkaian listrik tersebut rangkaian yang memiliki jenis yang sama adalah ... 
    a. 1, 2, dan 3
    b. 2, 3 dan 4
    c. 3, 4, dan 5
    d. 1, 3 dan 5

    Kemampuan Interpretasi

    Kemampuan interpretasi adalah kemampuan menafsirkan data. Kemampuan menafsirkan yang dimaksud meliputi kemampuan untuk mencata hasil pengamatan, mengasosiasikan hasil pengamatan, mencari pola dari suatu hasil pengamatan atapun mencari perbedaan dari hasil pengamatan. 

    Contoh Soal :


    Memprediksi

    Keterampilan meramalkanatau prediksi mencakup keterampilan mengajukan perkiraan  tentang sesuatu yang belum terjadi berdasarkan  suatkecenderungan atau pola yang sudah ada. Contoh soal :




    Komunikasi

    Komunikasi yang dimaksud disini bukan hanya kemampaun berbica tetapi termasuk, mengubah bentuk Penyajian data, menyusun laporan, menjelaskan hasil percobaan dan membaca grafik atau tabel. Contoh Soal :


    Berhipotesi

    Berhipotesis adalah kemampuan untuk membuat dugaan mengenai suatu data/konsep. sebagai contoh 

    Merencanakan Penyelidikan

    Kemampuan Merencanakan Penyelidikan atau percobaan adalah kemampuan siswa untuk membuat rencana penyelidikan (alat dan bahan, Prosedur, Metode, analisi) terhadap fenomena/kasus tertentu. Contoh soal

    Melakukan Percobaan

    Melakuan percobaan ini adalah kemampuan lanjutan dari merencanakan percobaan. Idealnya bentuk assesmen untuk indikator ini adalah Non-tes atau pengematan langsung dengan menggunakan Rubrik penilaian

    Menerapkan Konsep

    Bentuk kemampuan yang berupa bagaimana siswa mampun menerapkan suatu konsep untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Contoh Soal


    Demikian pembahasan mengenai Contoh Soal KPS dalam Fisika, semoga bisa bermanfaat untuk anda. jika ada pertyaan terkait artikel kali ini, silahkan ajukan pertayaan melalui kolom komentar dibagian bawah postingan. 

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon