Penelitian Grounded Teori dan Tahapan-tahapannya.


Apa yang dimaksud Penelitian grounded teori dan  bagaimana tahapan dari penelitian ini akan dibahas di artikel kali ini.


Penelitian Grounded adalah ...

Riset grounded theory dapat digunakan dalam rangka menjelaskan fenomena, proses atau merumuskan teori umum tentang sebuah fenomena yang tidak bisa dijelaskan dengan teori yang ada. Perbedaan utama antara metode grounded theory dan metode lainnya adalah kekhasan pendekatannya dalam pengembangan teori grounded theory yang menyarankan bahwa harus terdapat interaksi yang terus-menerus antara proses pengumpulan data dan analisisnya.

Grounded theory paling akurat digambarkan sebagai suatu metode riset dimana teori dikembangkan dari data, bukan sebaliknya data dikembangkan dari teori yang ada. Hal ini sesuai dengan pendekatan induktif, yang berarti bahwa bergerak dari khusus ke lebih umum.

Grounded theory merupakan suatu metode riset yang berupaya untuk mengembangkan teori tersembunyi di balik data dimana data ini dikumpulkan dan dianalisis secara sistematis. Dari penelitian grounded Theory adalah untuk memberikan penjelasan secara luas mengenai suatu fenomena dengan cara cara mengidentifikasi bagian akunting dari fenomena itu dan kemudian mengkategorikan hubungan dari elemen-elemen terhadap konteks dan proses percobaan tersebut.  jenis atau metode  penelitian grounded Theory merupakan penelitian yang diperuntukkan untuk para profesional sebab memiliki model analisis data yang terus-menerus dan tidak cocok untuk dilakukan para pemula ataupun pelajar banyak pengalaman di dunia penelitian.

Seseorang yang hendak meneliti dengan menggunakan metode grounded Theory dalam rangka menjamin bahwa meteorit benar-benar disusun secara sistematis dan induktif maka peneliti Sebelum turun ke lapangan sama sekali tidak mempunyai teori atau seringkali diIstilahkan dengan kepala kosong.  Hal ini bertujuan agar nantinya hasil dari penelitian benar-benar merupakan hasil dari data yang ditemukan di lapangan tidak ada pengaruh ataupun campur tangan dari teori yang telah ada.

Secara umum metode riset ini memiliki karakteristik pokok: 1) fokus riset diarahkan pada proses yang berhubungan dengan sebuah topik substantif; 2) penjaringan data (yang dilakukan secara simultan dengan analisis data) dilakukan dengan menggunakan penyampelan teoritis; 3) analisis data dilakukan, sambil melaksanakan perbandingan konstan dan membuat pertanyaan tentang data-data yang diperoleh; 4) sewaktu menganalisis data untuk memunculkan kategori-kategori, sebuah kategori inti diidentifikasi; 5) kategori inti yang diidentifikasi kemudian dikembangkan dan dirumuskan menjadi teori; dan 6) selama melakukan riset, peneliti membuat catatan (memo) untuk mengelaborasi ide-ide yang berhubungan dengan data dan kategori yang dikodekan.

Tahapan-tahapan Penelitian Grounded teori

Dalam penyusunan penelitian grounded theory meliputi beberapa langkah-langkah yaitu perumusan masalah kajian teori Tahap analisis data dan kesimpulan serta penulisan laporan hasil penelitian.

1.   Rumusan Masalah
Dalam merumuskan masalah pada penelitian grounded theory ini masalah dirumuskan dalam bentuk pertanyaan namun masalah yang dimunculkan masih bersifat umum dan tidak disertakan dengan variabel-variabel apa serta hubungan antara variabel variabel tersebut.  dengan kata lain rumusan masalah masih dapat  dikembang menyesuaikan kondisi lapangan Tempat penelitian nantinya dilakukan. Hal ini tentu saja berbeda dengan jenis penelitian lain seperti misalnya penelitian eksperimen yang mana rumusan masalahnya sudah dibuat jelas dan spesifik dan merupakan inti dari apa yang akan diteliti dalam penelitian.

2.   Kajian pustaka
Grounded theory merupakan penelitian induktif di mana untuk menjaga substansial dari teori ini peneliti turun kelapangan diistilah dengan kepala kosong dalam  arti yang lain peneliti tidak mempunyai teori yang berhubungan dalam penelitian ini Hal ini bertujuan untuk agar kiranya hasil dari penelitian ini benar-benar bersumber dari apa yang ditemukan di lapangan dan tidak terintervensi oleh teori-teori yang sudah ada.  Meskipun demikian teori juga dibutuhkan untuk saat-saat tertentu misalnya ditemukan suatu masalah yang membutuhkan metode awal itu teori yang mendukung ini bisa-bisa saja digunakan.  untuk grounded theory yang bertujuan untuk memperluas suatu teori penelitian dapat dilakukan dengan menggunakan teori yang sudah ada kemudian dilanjutkan untuk menghasilkan ataupun memperoleh data yang dapat menjadi tambahan dari teori tersebut nantinya.

3.   Pengumpulan dan Penyampelan
Grounded theory ini merupakan penelitian jenis kualitatif ataupun datanya bersifat kuantitatif sehingga instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri.  teknik pengumpulan data yang digunakan dapat berupa wawancara dan dokumentasi. 

Jika mau dikaji secara umum penelitian grounded Teori ini tidak jauh berbeda dengan jenis penelitian kualitatif lainnya dalam  dalam hal teknik pengambilan data maupun metode pengambilan data lainnya.  hanya saja yang menjadi pembeda antara grounded theory dengan penelitian lainnya adalah tentang fenomena Apa yang dikaji.

kemudian teknik sampling Dilakukan tidak berdasarkan pada jumlah populasi melainkan keterwakilan konsep. Jadi pengambilan data yang melibatkan sampel terus dilakukan dan jumlah sampel bisa terus bertambah sesuai bertambahnya jumlah data yang dibutuhkan dalam riset tersebut. Pengambilan data terus dilakukan sampai informasi yang didapatkan banyak dan  jenuh atau informasi yang sudah berulang-ulang. 

4.   Analisis data
kualitatiif dengan menggunakan metode grounded theory merupakan proses yang saling berhubungan dan harus dilakukan secara bergantian. Tahap analisis data dalam metode grounded theory ini dilakukan dalam bentuk pengkodean, yang merupakan proses penguraian data, pembuatan konsep dan penyusunan kembali dengan cara yang baru.

Pada tahapan analisis data ini melibatkan pengkodingan baik melalui pengkodean terbuka (open coding), pengkodean beralas (axial coding), dan pengkodean terseleksi (selective coding). Untuk lebih memahamkan mengenaik pengkodingan anda dapat melihat contoh penelitian Grouded teori di link ini (download contoh jurnal penelitian Grounded teori)



5.   Kesimpulan
Adapun Hasil dari suatu riset grounded theory adalah suatu teori yang menjelaskan fenomena yang sedang diteliti.. Karenanya kesimpulannya tidak bersifat generall melainkan lagi spesifik terhadap suatu fenomena yang sedang diteliti. Lingkup hasil dari sebuah penelitian grounded Theory adalah penjelasan mengenai sebab dan akibat serta Respon yang timbul dari suatu fenomena.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon