Metode belajar untuk Orang dengan gaya Belajar Visual


Mengenali diri sendiri termasuk kedalam dimensi Pengetahuan yaitu Kemampuan Metakognisi. Pengetahuan mengenai diri sendiri akan memudahkan anda dalam belajar. Hal ini dikarenakan setiap orang mempunyai gaya belajar yang berbeda. Ketidak cocokan dalam hal cara belajar dan gaya belajar akan membuat belajar terasa sangat sulit dan melelahkan.

Untuk orang tipe gaya belajar  visual yang dicirikan bilah mana kamu merasa lebih mudah dalam belajar menggunakan media visual seperti gambar atau video maka anda harus mengetahui Metode belajar untuk tipe Visual.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan metode yang cocok untuk anda para visualer atau orang dengan gaya belajar Visual. Jadi baca dan segera praktekan.

1.   Gunakan Metode Mind Mapping

Apa itu Mind Mapping ? Mind Mapping sering juga disebut peta konsep. Metode belajar Mind Mapping telah banyak diteliti dan terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar. Apa lagi jika anda adalah orang dengan tipe belajar visual maka mind mapping adalah cara paling tepat untuk anda dalam belajar.

Metode belajar untuk Orang dengan gaya Belajar Visual

Cara belajar Mind Mapping dilakukan dengan menggambarkan hal-hal penting saat belajar pada sebuah kertas ukuran besar dalam skema sistem peta konsep saling berhubungan. Lengkapi dengan gambar yang berhubungan dan tempelkan di dinding kamar anda. Usahakan setiap pagi amati mind mapping ini minimal 2 menit.  Lakukan untuk setiap mata pelajaran yang ingin anda pelajari.


    Baca Juga : faktor-faktor pertimbangan dalam memilih model pembelajaran


    2. Gunakan buku Paket dengan Ilustrasi

    Gunakan buku yang lengkap dengan ilustrasi. Hal ini sesuai dengan bagaimana anda memilih buku dalam belajar. Buku dengan banyak gambar bagi orang dengan tipe visual dapat meningkatkan daya membaca. Sehubungan dengan ini hindari buku yang di dominasi oleh teks. Saat ini berkat kemajuan teknologi IT ada banyak sekali buku bergambar yang bisa anda jadi opsi sebagai buku pelengkap dalam belajar. 

    3.   Gunakan Pulpen warna warni

    Warna merupakan salah satu komponen visual. Bagi orang dengan tipe visual penggunaan warna bisa menambah resitasi atau daya ingat. Makanya coba jangan gunakan pulpen dengan  satu warna saja usahakan minimal ada 3 warna tinta pulpen yang anda gunakan baik dalam mencatat atau pun mengerjakan tugas. 
    Tambahan tips untuk mencatat coba gunakan warna yang berbeda untuk setiap bagian dari catatan. Misalnya, gunakan warna hitam untuk catatan biasa, gunakan warna merah untuk catatan yang penting dan warna biru untuk contoh soal.

    4.   Selalu hadirkan gambar dan Video

    Jika ada materi yang tidak anda pahami disekolah mungkin karena pembelajaran di sekolah menggunakan metode dikte atau presentasi maka coba pelajari kembali dengan materi berupa video dari youtube ataupun cari gambar yang menjelaskan materi tersebut. 

    5.   Gunakan Buku Catatan Berwarna


    Ini juga merupakan metode yang tidak kalah peting. Dengan buka catatan berwarna bisa meningkatkan memori jangka pendek. Ini sesui dengan hasil penelitian oleh Sawi sujarwo dimana diperoleh kesimpulan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan treatmet warna memiliki daya ingat yang lebih kuat dibandingkan dengan siswa yang tidak diajar dengan satu warna saja.

    Itulah tadi beberapa metode yang cocok untuk anda tipe pelajar visual. Sekarang coba anda praktekkan dan bandingkan hasilnya dengan cara belajar anda selama ini.

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon