Trik Mengatasi Suara dari HDD caddy dan geek-nya Force Shutdown pada Komputer

Berikut Trik Mengatasi Suara dari HDD caddy dan geek-nya Force Shutdown pada laptop. artikel kali ini sekedar sharing trik tentang masalah penggunaan HDD Caddy di laptop.

singkat certa guys jelang beberapa hari setelah memasang HDD caddy pada laptop ane ada beberapa masalah yang kemudian muncul beberapa diantaranya adalah saat dimatikan terdengar bunyi/noise pada bagian Caddy dan juga laptop menjadi geek-nya Force Shutdown atau laptop menjadi sulit shutdown, layar mati tetapi lampu indikator masih menyala dan mesin masih bunyi.

Awalnya saya tidak peduli, saya kira ini wajar tapi akhirnya HDD caddy pun menjadi tidak bisa diakses, kadang terbaca tapi tidak bisa diakses kadang juga tidak terbaca sama sekali. Setelah analisis penyebabnya dengan utak-atik CMD dan DIsk Management pada sistem windowsnya saya kemudian berasumsi bahwa penyebabnya adalah karena format HD nya berubah dari yang awalnya NTFS berubah menjadi RAW  setelah memastikan hal ini dengan mencari beberapa referensi di google akirnya memang kanyaknya penyebabnya adalah perubahan forma in

Saya pun mulai mencari solusi untuk mengubah format HD caddy saya ke NTFS. beberapa cara mengubah format RAW menjadi NTFS melalui sistem komputer  yang ada di google saya coba tapi tidak ada yang kunjung berhasil.

saya bawah ke ahlinya eh di diagnosa menderita bad sektor, hiks. jadi kalo masalah ini juga anda alami sebaiknya atasi secepatnya ya guys, jangan sampai kena Bad Sektor Juga.

Artikel Lainnya : Cara Agar Hardisk bad Sektor dapat digunakan kembali


tak ingin masalah ini terjadi kembali saya sedikit mencari tahu solusinya. setelah saya baca beberapa artikel dan postingan baik itu di blog maupun di grup FB kebetulan ada yang pernah mengalami masalah yang persis sama. 

ternyata usut punya usut Penyebabnya adalah pin Manufacturing Diagnostic pada konektor SATA Caddy terhubung ke Ground, sedangkan pada DVD Drive normalnya tidak langsung terhubung ke Ground karena dihambat oleh resistor resitansi 20Mohm. Sehingga jikalau laptop menyala, proses System Interrupts pada windows terus berjalan. Apesnya proses tersebut tidak ter-Force Close kalau laptop Shutdown.  itu sebab mengapa terdengar noise saat laptop dimatikan karena laptop mematikan paksa HDD caddynya.

Setelah mencari solusi ternyaata ada satu trik yaitu memodifikasi Caddynya sendiri.  Troubleshootingnya, dengan cara mencongkel pin Manufacturing Diagnostic pada konektor SATA Caddy. berikut gambar langkah-langkahnya
1. Buka dulu konektor caddy dari casingnya

2.  pada bagian inputnya, cungkil salah satu pilamen (lihat gambar) dapat dengan menggunakan obeng





Setelah saya mengikuti tutorial tersebut akhirnya laptop saya bisa shutdown properly dengan indikasi tidak adanya noise dari HDD saat shutdown. Sekian..

Artikel Terkait

1 komentar

Itu artinya koneksi kaki ke-3 dari kanan dengan PBCnya diputuskan?

Trims sebelumnya.


EmoticonEmoticon