Perbedaan Porang dan Suwek yang mesti anda ketahui

Artikel ini akan membahas mengenai perbedaan porang dan Suwek. Artikel ini kami buat dengan tujuan untuk memberikan tambahasan wawasan kepada masyarakat mengenai dua naman yang sering dipertukarkan yaitu tanaman Porang dan Suwek.


Porang saat ini menjadi primadona dikalangan petani perkebunan. hal tersebut disebabkan harga porang yang belakangan ini menjadi sangat tinggi. Dilangsir oleh beberap situs bahwa harga porang perkilonya mencapai 65 ribu dan bisa lebih tinggi seiring dengan permintaan pasar.



usut punya usut harga porang yang demikian tingginya merupakan permintaan pasar untuk komoditas export. Tepung porang yang diolah dari umbi porang di ekspor ke jepang untuk kemudian diproduksi sebagai bahan kosmetik dan untuk keperluan industri lainnya.



perlu kita ketahui bersama bahwa ada beberapa tanaman yang secara kasar memiliki ciri-ciri seperti porang. diantara tumbuhan tersebut dikenal dengan nama suwek. untuk itu perlu diketahui pembeda antara suwek dan porang agar tidak salah mengira tumbuhan suwek adalah porang.



Berikut beberapa perbedaan porang dan suwek yang kami rangkum dari beberapa sumber lengkap dengan gambarnya.


Perbedaan Porang dan Suwek
Perbedaan Porang dan Suwek


1. Dari daunnya

Daun porang relatif lebih lebar, ujung daun runcing dan berwarna hijau tua. sementara suwek lebih kecil dengan warna dauh berwrna hijau muda atau hikau terang. 

2. Perdaan Suwek dan porang dari Batangnya

Batan porang lebih halus dan mempunyai belang hijau dan putih juga pada percabangan tangkai porang terdapat butil-butil atau sering juga di istilahkan katak. Untuk batang suwek juga memiliki motif atau belang hijau dan putih tetapi teksture batangnya kasar dan tidak ada buti-butil/katak pada tankai daunnya.

3. Perdaan Suwek dan porang dari Umbinya

umbi porang kulitnya halus tanpa bintil dan warna buahnya kuning sementara suwek permukaaan/kulit umbinya banyak bintil-bintil dan warnahnya putih.


perbedaan paling mencolok adalah butil-butil/katak pada ruas tangkai daun pada porang yang tidak ditemukan pada tanaman suwek atapun tanaman serupa lainnya.



mungkin anda kerap menemukan tanaman dengan ciri-ciri kasar mirip dengna porang tumbuh liar di lahan terbuka. tapi perlu diperhtikan lagi apakah itu betul porang atau malah suwek. saat ini yang laku dipasaran dengan harga jual tinggi hanyalah porang.


kemudian jika anda mencari pengepul porang ataupun hendak mencari penjual porang kering, basa ataupun bibit porang di wilaayah makassar dan sekitarnya anda bisa menghubungi nomor telpon yang kami telah rangkum dalam postingan sebelumnya yang dapat anda baca melalui link dibawah ini.

Baca Juga :Informasi Jual beli Umbi Porang di Sekitar makassar


Demikian semoa artikel yang berjudul Perbedaan Porang dan Suwek ini bisa memberi anda tambahan ilmu untuk membedakan tanamana porang dan suwek. Sekian dan teerima Kasih.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon