Cara penyebaran Virus Corona Pertama Kali

Bagaimana dan dari mana Virus Corona Pertama Kali Menyebar ? Melalui arikel ini akan dibahas mengenai cara penyebaran Virus Corona Saat pertama kali di China.

Asal virus Corona yang pertama kali dicatat adalah berasal dari wilaya wuhan, cina. Pada akhir tahun 2019, Pemerintah Cina melaporkan banyaknya kasus pneumonia yang terjadi dalam kurun waktu yang singkat. Wabah ini dimulai dari makanan laut dari pasar Hunan di kota Wuhan Cina dan dengan cepat mengifeksi lebih dari 50 orang. 

Pasar hunan memang banyak memperdagangkan Hewan-hewan hidup seperti kelelawar, katak, ular, burung, marmut dan kelinci. Hasil peneitian mengatakan bahwa kelelawar berperan sebagai inang replikasi awal bagi virus corona yang kemudian menjagkiti jenis jewan lain dan sampai ke manusia dan kemudian menyebar secara masif melalui interaksi baik secara langsung maupun tidak langsung[1].



Menurut WHO, COVID-19 menular dari orang ke orang. Caranya dari orang yang terinfeksi virus corona ke orang yang sehat. Penyakit menyebar melalui tetesan kecil yang keluar dari hidung atau mulut ketika mereka yang terinfeksi virus bersin atau batuk. 


Read Juga : Kumpulan Poster dan Gambar Informasi Covid-19 untuk di share


Tetesan itu kemudian mendarat di benda atau permukaan yang disentuh dan orang sehat. Lalu orang sehat ini menyentuh mata, hidung atau mulut mereka. Virus corona juga bisa menyebar ketika tetesan kecil itu dihirup oleh orang sehat ketika berdekatan dengan orang yang terinfekso virus corona[2].

Itu sebabnya penting untuk menjaga jarak 1 meter lebih dari orang yang sakit. Hingga kini belum ada penelitian yang menyatakan virus corona COVID-19 bisa menular melalui udara. Virus bereproduksi dengan cara proliferasi atau replikasi. 

Pada Bakteriofage reproduksinya dibedakan menjadi dua macam, yaitu daur litik dan daur lisogenik. Pada daur litik, virus akan menghancurkan sel induk setelah berhasil melakukan reproduksi. Pada daur lisogenik, virus tidak menghancurkan sel tetapi virus berintegrasi/menempel dengan DNA sel dan berkembangbiak[3].


[1] Muhammad Adnan Shereen and others, ‘COVID-19 Infection: Origin, Transmission, and Characteristics of Human Coronaviruses’, Journal of Advanced Research, 2020.
[2] Arif Budiansyah, ‘Simak Nih! WHO Ungkap Cara Penyebaran Virus Corona Di Dunia’, Https://Www.Cnbcindonesia.Com, 2020 <https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200323104158-37-146860/simak-nih-who-ungkap-cara-penyebaran-virus-corona-di-dunia>.
[3] Mousir.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon