3 Teknik-teknik Permurnian Minyak Goreng Bekas Pakai

Teknik Permunian Minyak Goreng Bekas

faktanya minyak goreng bekas dapat dimurnikan kembali dengan menggunakan teknik tertentu yang melibatkan sejumlah bahan-bahan dan proses Terntentu. Hal ini merupakan sesuatu yang menarik untuk dibahas. Dengan begitu jutaan liter 
minyak goreng bekas yang hanya terbuang percuma bisa dimanfaaatkan kembali.

ada beberapa Teknik yang terbukti melalui penelitian dapat memurnikan minyak goreng bekas pakai atau jelata yang dianggap tidak bisa bermanfaat lagi. Lebih menarik lagi bahwa bahan-bahan untuk proses pemurnian tersebut adalah bahan tidak terpakai atau sering disebut limbah.

Apa saja teknik-teknik tersebut dan bahan-bahan apa saja yang bisa dimanfaatkan ? berikut beberapa tekniknya


    Permurnian Minyak Goreng jelata menggunakan Arang Bonggol Jagung 


    Bonggol Jagung atau tongkol jagung adalah jenis limbah pertanian jagung yang dianggap tidak bisa dimanfaatkan lagi. Tapi ternyata tongkol jagung ini dapat dioleh kembali menjadi arang aktif yang dapat dimanfaatkan sebagi adsorben untuk memurnikan kembali minyak bekas pakai. 

    Kandungan senyawa berkarbon dalam tongkol jaung, yaitu selulosa (41%) dan hemiselulosa (36%) yang cukup tinggi menjadikan bonggol jagung berpotensi sebagai bahan potensial untuk  dijadikan arang aktif.

    Pada teknik Pemurnian menggunakan tongkol jagung ini digunakan bahan tambahan berupa tepung kanji. Tepung kanji digunakan sebagai perekat/pengikat butiran halus arang agar tidak larut dalam minyak jelantah. 

    Adapun langkah-langkah untuk peroses pemurniaan sebagai berikut :
    1. Arang tongkol jagung dihaluskan dan kemudian disaring untuk mengambil bagian yang paling halus
    2. Hasil saringan arang tongkol jagung tersebut kemudian dicampurkan dengan tepung kanji hingga didapatkan adonan dengan tekstur halus
    3. untuk proses pemurniaan minyak goreng bekasnya dilakukan dengan memasukkan adonan kedalam minyak goreng dengan komposisi 15 gram adonan tiap 180 ml minyak goreng bekas.
    4. Kemudian mendiamkan selama 12 jam.
    Dari hasil penelitian dengan metode tersebut terbukti dapat menurunkan kadar asam lemak bebas minyak goreng bekas sebesar 0.93 %.  

    Permurnian Minyak Goreng jelata menggunakan Arang Aktif Serbuk Gergaji

    serbuk gergaji dari industri mabel dapat digunakan sebagai bahan untuk pemurnia minya bekas. Serbuk kayu termasuk limbah dari hasil pengelolahan kayu yang tak jarang hanya dibuang atau dijadika bahan bakar saja. tetapi serbuk kayu yang masih merupakan bagian dari struktur kayu mengandung karbon yang dapat dijadikan arang aktif.

    untuk proses pemurnian minyak goreng bekas dengan menggunakan arang aktif dari serbuk gergaji pertama-tama serbuk gergaji harus dijadikan arang. setelah itu arang tersebut dimasukkan pada minyak goreng bekas kemudian diaduk dan di diamkan. hasil penelitian ini menunjuukan perlakuan tersebut dapat menurunkan tingkat asam lemak bebas minyak goreng hingga 38 %.

    Permurnian Minyak Goreng jelata menggunakan Ampas tebuh

    Selama ini  ampas tebu (sugar cane bagasse) dimanfaatkan  terbatas untuk makanan ternak, bahan baku pembuatan pupuk, pulp, particle board, dan untuk bahan bakar boiler di pabrik gula. Namun ternyata ampas tebuh juga dapat dimanfaatkan sebagai adsorben untuk proses pemurnia minyak goren jelata.

    ampas tebuh terlebih dahulu dikeringkan melalui proses pengeringan. kemudian dihaluskan dan di saring. bagian hasil penyaringan yang halus kemudian campurkan pada minyak bekas pakai. diamkan semala 3x24 jam untuk hasil yang maksimal.

    hasil penelitian dengan teknik ini diperoleh kesimpulan bahwa Kadar air dalam minyak dapat diturunkan hingga 0,0050 %, kadar FFA minyak bekas pakai dapat diturunkan hingga 0,0999%, dan angka penyabunan dapat mencapai angka terendah 161,5042. Sehingga minyak ini masih dapat digunakan kembali untuk berbagai keperluan

    Referensi

    1. Fitri Choiri Hidayati1) , Masturi2), Ian Yulianti3. 2016. Pemurnian Minyak Goreng Bekas Pakai (Jelantah) dengan Menggunakan Arang Bonggol Jagung. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika Volum 1 Nomor 2 September 2016. Halaman 67-70 p-ISSN: 2477-5959 e-ISSN: 2477-8451. (Download)
    2. Ferry J. 2002. Pembuatan arang aktif dari serbuk gergajian kayu campuran sebagai adsorben pada pemurnian minyak goreng bekas.  Bogor: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Intitut Pertanian Bogor (DOWNLOAD)
    3. A. Fuadi Ramdja. 2010. Permurnia minyak jelata menggunakna ampas tebu.  Jurusan teknik kimia, fakultas teknik universitas brawijaya (DOWNLOAD)

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon