Model Pembelajaran Quantum (Pengertian, sejarah, manfaat dan Karakteristik)

Apa yang dimaksud dengan model pembelajaran quantum ? manfaat dan bagaimana karakteristik dari pembelajaran quantum akan dibahas melalui artikel kali ini. 
Pembelajaran Quantum
Pembelajaran Quantum


    Sejarah Model pembelajaran Quantum

    istilah quantum diambil dari istilah fisika yang berhubungan dengan energi dan cahaya. Model pembelajaran quantum Pertama kali di terapkan pada lembaga pembelajaran di california amerika serikat pada tahun 1982 dan kemudian di kukuhkan sebagai sebuah model yang dapat diterapkan dalam pembalajaran secara umum. dalam perkembangannya model pembelajaran ini sering dijadikan sebagai dasar dalam menghadirkan pembelajaran untuk membangun rasa percaya diri disamping kemampuan kognitif.

    Pengertian Model pembelajaran quantum

    ada beberapa pengertian mengenai model pembelajaran quantum menurut beberapa ahli :
    1. Menurut Deporter, menjelaskan bahwa quantum teaching adalah model pembelaaran yang bersandar pada konsep “bawalah dunia siswa ke dunia kita, dan antarkan dunia kita ke dunia siswa”.
    2. Quantum teaching adalah pembelajaran yang tidak hanya menawarkan materi yang harus dipelajari siswa, tetapi bagaimana menciptakan hubungan emosional yang baik ketika belajar.
    3. Quantum Teaching adalah model pembelajaran yang dapat membagi unsur-unsur pembelajaran menjadi dua kategori seperti konteks dan isi (Rachmawati, 2012). Kategori konteks meliputi: suasana hati, suasana lingkungan belajar yang diatur dengan baik, dasar pembelajaran, presentasi dan fasilitas. Sedangkan kategori isi meliputi: pengajar akan menemukan keterampilan bagaimana mengatakan kurikulum, pengajar akan menemukan strategi belajar yang diperlukan oleh peserta didik, yaitu: baik presentasi, fasilitas yang dinamis, keterampilan belajar untuk belajar dan keterampilan hidup (Riyanto, 2012)
    inti dari pembelajaran quantum adalah menghadirkan aspek stimulus otak kiri dalam pembelajaran dan menyeimbangkannya dengan pembelajaran, seperti menghadirkan keseimbangan antara bermain dan belajar, antara rangsnagan  eksternal dan internal dan kesenangan dalam belajar.

    Karakteristik Model Pembelajaran Quantum

    Adapun karakteristik yang mencirikan pembalajaran quantum adalah sebagai berikut :
    1. Membangun situasi belajar yang memacu siswa untuk belajar dengan senang hati
    2. meliputi suatu skema pembelajaran yang dinamis
    3. Penantaan lingkungan belajar
    4. Pemberdayaan keterampilan belajar
    hal paling esensial sebagai karakteristik dari pembelajaran quantum adalah menjadikan situasi belajar dikelas menjadi menggairahkan. hal ini dapat diwujudkan melalui berbagai cara. cara yang paling umum adalah menyeimbangkan antara belajar dan bermain, sehingga siswa akan terpacu untuk aktif dalam proses pembelajaran yang di bagun.

    dalam akatualisasi pembelajaran quantum peran guru sangat penting untuk mengatur jalannya pembelajaran. disamping itu dukungan pasilitas pembelajaran juga sangat penting. menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran dapat menjadi opsi terbaik untuk menstimulus siswa untuk belajar efektif.

    Manfaat Model Pembelajaran Quantum

    bagi siswa model pembelajaran quantum dapat membantu mereka untuk menumbuhkan sejumlah hal yaitu antara lain:
    1. Motiviasi belajar
    2. Sikap positif dalam belajar
    3. Kepercayaan diri
    4. stimulus untuk terus belajar
    Diantaranya yang paling penting adalah stimulus untuk terus belajar. menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan dengan menyeimbangkan antara belajar dan bermain akan memicu siswa untuk senang dengan pembelajaran. hal ini santa cocok untuk diberikan pada anak-anak sejak sekolah dasar untuk menanamkan stigma bahwa belajar tidak selalu membosankan.

    kepercayaan diri juga dapat ditumbuhkan melalui pembelajaran quantum yang diwudujkan melalui menstimulus faktor internal dari dalam diri mereka sendiri yang bisa membuat siswa nyaman dengan apa yang mereka pelajari. jadi tidak terbatas pada paksaan faktor eksternal saja.

    Referensi 

    Annisa, Ista. Model pembelajaran Quantum Learning.
    Eriyanti, Mahrita. at.all. 2014. IMPLEMENTASI MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika
    MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA

    Artikel Terkait

    1 komentar

    ✅Model Pembelajaran Quantum (Pengertian, Sejarah, Manfaat Dan Karakteristik) - Zona Pembelajar >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    ✅Model Pembelajaran Quantum (Pengertian, Sejarah, Manfaat Dan Karakteristik) - Zona Pembelajar >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    ✅Model Pembelajaran Quantum (Pengertian, Sejarah, Manfaat Dan Karakteristik) - Zona Pembelajar >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK xy


    EmoticonEmoticon