Latar Belakang Lahirnya Abad renaissance

Melalui artikel ini akan dibahas sejarah singkat mengenai Zaman Rennaissance dan latar belakang kuat dibalik lahirnya Renaissance.


Dalam sejarah Kamu mungkin mengenal seniman-seniman terkenal seperti Leonardo Da Vinci dari karyanya Monalisa dan Angelo dengan karyanya patung pahat yang diberi nama David.


kamu juga mungkin mengenal ilmuwan terkenal seperti Galileo galilei atau penulis menulis seperti nicollo machiavelli dan Dante alighieri. semua tokoh ini memiliki satu kesamaan yaitu mereka hidup dalam suatu periode yang dijuluki dengan zaman Renaissance.


Zaman Rennaisance ini juga dikenal dengan nama abad pembaharuan. zaman Renaissance merupakan masa peralihan sekaligus pergerakan budaya dari abad pertengahan hingga ke zaman modern. 


Latar Belakang Pemicu Renaissance

Dalam sejarah di benua Eropa, sebenarnya mengenai apa yang menjadi faktor utama yang memicu terjadinya zaman Renaissance masih menjadi perdebatan. salah satu dari teori yang banyak didukung oleh sejarawan modern adalah negara dari para cendekiawan bermigrasi ke benua Eropa.


bagaimana bisa cendekiawan ini menyebabkan pergerakan budaya sebesar Renaissance ? Apakah yang menyebabkan migrasi ini terjadi ? 


pada  abad ke-15 Konstantinopel adalah ibukota dari Imperium Romawi Timur. di Abad tersebut Romawi Timur sudah jauh dari masa kejayaannya. apakah penyebabnya  ?

baca Juga :Biografi Singkat Ki hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia

ada begitu banyak faktor, seperti perebutan kekuasaan dan perang saudara yang tidak ada habisnya, wabah penyakit dan kesalahan pengambilan kebijakan yang semua itu berkontribusi melemahkan Romawi Timur.


Dalam menghadapi masa-masa abad pertengahan yang penuh dengan berbagai konflik, maka tahun 1204 masehi sekelompok pasukan perang salib menggunakan jasa Republik vennisia  untuk menyebrang dalam menjalankan misinya. 


Namun karena pendanaan yang sangat terbatas pasukan itu terpaksa harus menjalankan misi dari endriki Dandolo untuk menjarah Kota Konstantinopel. 


Sekalipun Romawi Timur bisa bangkit kembali namun serangan itu bersama dengan serangkaian wabah yang menyerang telah membuat penduduk yang tinggal di Konstantinopel menjadi sangat berkurang tidak mengherankan jika pada tahun 1453 masehi Kota Konstantinopel jatuh ke tangan Sultan Mehmet the conqueror.


Dibalik tragedi penjarahan dan kejatuhan Kota Konstantinopel terdapat beberapa dampak yang terjadi secara tidak langsung. salah satunya adalah migrasi para cendekiawan Yunani menuju berbagai negara di Eropa.


sebagian besar dari cendekiawan ini memilih untuk bermigrasi ke Italia khususnya ke kota Florence di mana dari tempat asalnya para cendekiawan ini membawa ilmu-ilmu zaman klasik yang hilang dari Eropa. setelah jatuhnya Romawi Barat bersama dengan ilmu pengetahuannya mereka termasuk yang memicu perkembangan ilmu pengetahuan yang demikian pesat di Eropa khususnya dalam bidang filsafat politik dan linguistik studi bahasa Latin dan Yunani kuno juga semakin meningkat.


hal ini mendorong ditemukannya karya-karya dari zaman Romawi dan Yunani kuno yang sempat hilang . perkembangan pesat ini pun memicu pergerakan budaya masyarakat dari seni titrasi filsafat politik agama dan teknologi.Dari Italia ini mulai merambat ke negara-negara Eropa seperti Belanda, Perancis dan Jerman. 


Demikian pengaruh terbesar dari abad Renaissance yang mungkin adalah peralihan budaya Eropa yang tadinya didominasi oleh ideologi  monarki menjadi lebih mengarah pada humanisme dan rasionalisme.


Hal ini tidak terjadi secara serentak melainkan melalui sebuah proses yang sangat panjang konsep awal dari humanisme sendiri sebenarnya dapat dikatakan sebagai hasil pengembangan konsep di masa Romawi Kuno yaitu humanitas komunitas yang sangat dipengaruhi kebudayaan Yunani kuno.


bahkan salah satu filsuf Yunani kuno yang bernama protagoras pernah menjabarkannya dengan menyatakan manusia adalah tolak ukur dari segala hal. 


Renaissance adalah masa yang sangat berpengaruh dalam sejarah berbagai penemuan dan pemikiran. Dizaman itu berhasil merubah sejarah umat manusia untuk selama-lamanya dengan membangkitkan pemikiran di zaman klasik.


Para pemimpin semakin memikirkan kesejahteraan masyarakat dengan berbagai perkembangan ilmu pengetahuan dan kebudayaan untuk menjadi lebih maju. keluarga medici dibawah pimpinan Lorenzo De medici tercatat berhasil mengembangkan kota Florence menjadi kota kebudayaan sedemikian baiknya sampai-sampai membuat kotanya menjadi destinasi utama para cendekiawan Yunani pada akhirnya berbagai hasil Inovasi dan pemikiran ini bukan hanya berguna bagi masyarakat di kota dan negaranya melainkan juga berguna bagi masyarakat di seluruh dunia bahkan sampai hari ini

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon