Bagaimana Internet Bekerja ? Begini cara kerja Internet

Bagaimana Cara kerja internet ? pernah kah anda bertanya mengenai dari mana video yang anda tonton di youtube atau dari mana jutaan dokumen yang anda bisa akses dan baca digoolge bera

sal. Dimana tempat penyimpanan video dan dokumen tersebut ?dan bagaimana video itu bisa diakses melalui perangkat gadget kita ?



Hal ini berkaitan dengan cara kerja internet. Jadi mari membaca kawan :)
Bukankah membaca itu Pintu Dunia ?

Nyatanya video dan dokumen yang bisa diakses di interenet tersimpan pada pusat data google yang terletak di amerika serikat.


saat anda mengakses sebuah video di indoensia berarti saat itu data video tersebut harus Menempuh jarak ribuan mil dari pusat data Google Untuk menjangkau Anda. 


Mari kita belajar bagaimana cara kerja internet dengan memahami unsur terkecil dari perjalanan data tesebut. 



    Bagaimana data ini mencapai ponsel atau laptop kita ?

    kalau belajar teori dasar transmisi, cara mudah untuk mencapainya adalah dengan menggunakan satelit.


    jadi dari pusat data sinyal dikirim ke Satelit melalui antena dan kemudian dari satelit sinyal dapat dikirim ke ponsel kita melalui antena lain di dekat kita.





    hmm, Namun cara mentransmisikan sinyal ini bukan ide yang baik dan kurang efektif.  Mengapa Demikian ? nayatanya satelit terpasang hampir 22.000 Mil di atas khatulistiwa bumi.


    jadi agar Pengiriman data berhasil sampai ke perangkat kita, data harus menempuh jarak total 44000 mil. Kok 44000 Mil tadi kan 22000 mil ? kan 2 kali, data ditransfer dulu ke satelit kemudian di transmisikan lagi ke hp kita.


    Baca juga : Cara Download Film Korea sub indo di Laptop dengan Mudah


    Jarak perjalanan yang begitu jauh menyebabkan penundaan yang signifikan dalam menerima sinyal. lebih khusus akan menyebabkan latency besar yang tidak dapat diterima sebagian besar aplikasi internet.


    Jadi jika video ini tidak menjangkau anda melalui satelit.


    Lalu bagaimana sebenarnya ia sampai pada HP kita ? Hal tersebut dilakukan dengan bantuan jaringan kabel serat optik yang menghubungkan antara pusat data dan perangkat anda.


    Ponsel  dapat dihubungkan ke internet melalui data seluler atau router wi-fi apapun. tetapi pada akhirnya ponsel Anda akan terhubung ke jaringan kabel serat optik ini.


    Mengenal SSD


    Video yang sering anda tonton ternyata disimpan di dalam pusat data. untuk lebih spesifik disimpan di perangkat solite state disk (SSD) di dalam pusat data memori internal.


    server hanyalah sebuah komputer yang kuat yang tugasnya menyediakan video atau konten Video atau konten tersimpan lainnya saat Anda memintanya. sekarang tantangannya adalah bagaimana mentransfer data yang disimpan di pusat data khususnya ke perangkat anda melalui jaringan kabel serat optik


    Alamat IP


    Alamat IP

    Untul lebih memahami kita harus terlebih dahulu memahami satu konsep penting yaitu konsep alamat IP.


    semua gadget yang digunakan mengakses ineternet, entah itu server, komputer atau ponsel diidentifikasi secara unik oleh serangkaian angka yang dikenal sebagai alamat IP.


    Anda bisa membayangkan alamat IP tersebut mirip dengan alamat rumah yaitu alamat yang secara unik mengidentifikasi rumah Anda. Jadi setiap paket yang anda pesan di olshop bisa sampai ke rumah anda  karena alamat rumah anda. 


    Baca Juga : Deretan TOP 5 Mobil Mewah Termahal Seantero Dunia


    demikian pula di dunia internet alamat IP bertindak sebagai alamat pengiriman tempat semua informasi mencapai tujuannya.


    Penyedia layanan internet anda akan memberikan alamat IP perangkat  anda saat mengakses internet. 


    Anda dapat melihat alamat IP yang diberikan ISP Anda ke ponsel atau laptop anda.


    server di pusat data juga memiliki alamat IP untuk setiap web. server menyimpan situs web sehingga Anda dapat  mengaksesenya dengan terhubung ke internet. 


    kendalanya bahwa untuk alamat IP Web yang notabenenya adalah  serangkaian angka unik ini akan sangat sulit untuk di ingat orang-orang. 


    Oleh karena itu, untuk memudahkan orang-orang mengakses web digunakanlah alamat domain sebagai pengganti alamat IP. Misalnya youtube.com, facebook. com dan lain-lain.


    Istilah DNS


    Dari mana internet mendapatkan alamat IP yang sesuai dengan permintaan nama domain kita ?  untuk tujuan ini internet menggunakan buku telepon besar yang dikenal sebagai DNS.


    Proses bagaimana sebuah data diakses di internet


    Seluruh prosesnya tahapan data diakses sampai tiba di perangkat anda secara singkat dijabarkan sebagai berikut.

    1. Anda memasukkan nama browser mengirim permintaan ke server DNS untuk mendapatkan alamat IP yang sesuai.
    2. setelah mendapatkan alamat IP lalu browser anda akan meneruskan permintaan ke pusat data. 
    3. Setelah mendapat permintaan untuk mengakses situs web tertentu, aliran data dimulai.
    4. Data ditransfer dalam format digital (bilangan binner 0/1)melalui kabel serat optik. Data ditransfer dalam bentuk gelombang cahaya. untuk mencapai tujuannya Selama perjalanan gelombang cahaya sering harus melalui Medan yang sulit seperti daerah berbukit atau bawah laut. jaringan kabel serat optik yang rumit ini adalah tulang punggung internet. 
    5. kabel serat optik ini membawa data dalam wujul gelombang cahaya melintasi dasar laut dan sampai ke depan pintu anda. jika anda menggunakan router,  gelombang cahyaya ini menjadi sinyal listrik internet kemudian digunakan untuk mengirimkan sinyal listrik ke laptop anda. Namun jika anda mengakses internet menggunakan data seluler, maka dari kabel optik Sinyal harus dikirim ke Menara pemancar seluler dan dari menara seluler kemudian ditrasferkan mencapai ponsel Anda dalam bentuk gelombang elektromagnetik.

    ICANN

    karena internet adalah jaringan Global penting untuk memiliki organisasi yang mengelola hal-hal seperti penetapan alamat IP, pendaftaran nama domain dan lain-lain. semua dikelola oleh lembaga bernama ICANN 

    Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=zKNi-lqYEKA


    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon