Model Pembelajaran Problem Posing (Pengertian, Sintaks Dan Kelebihan)

Model Pembelajaran Problem Posing
Model Pembelajaran Problem Posing

Salah satu model pembelajaran adalah problem posing berikut pengertian model pembelajaran problem posing, sistaks dari model pembelajaran problem posing dan juga kelebihan dari model tersebut.


    Pengertian Model Pembelajaran Problem Posing


    Model ini bukan model baru lagi, problem posing dikembangkan pada tahun 1997 dan  pertama kali diterapkan dalam pelajaran matematika. Dalam penerapannya problem posing dapat digunakan untuk seluru mata pelajaran, tidak terkhusus untuk mata pelajaran fisika dan matematika saja.

    Problem posing berasal dari bahasa Inggris, yang terdiri dari kata problem dan pose. Problem diartikan sebagai soal, masalah atau persoalan, dan pose yang diartikan sebagai mengajukan. Model problem posing merupakan salah satu model pembelajaran  berbasis masalah yang menekankan pada kegiatan merumuskan masalah, sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah

    Pada Model problem posing ini  inti yang membedakannya  adalah model pembelajaran problem posing mengharuskan siswa untuk merumuskan soal sendiri untuk kemudian di selesaikan oleh siswa lainnya. 

    Model pembelajaran problem posing didukung oleh beberapa teori belajar. Misalnya oleh teori belajar bruner yang menkankan pada pembelajaran bermakna melalui kegiatan mencari tahu sendiri jawaban dari suatu masalah. Selain teori belajar bruner, teori belajar lain yang mendukung model pembelajaran ini adalah teori Belajar Piaget yang menyatakan bahwa perkembangan kognitif sebagian besar bergantung kepada seberapa jauh anak aktif memanipulasi dan aktif.

    Sintaks Model Pembelajaran Problem Posing

    Adapun langkah-langkah pembelajaran dalam penerapan model problem posing adalah sebagai berikut :
    1. Guru menuliskan tujuan pembelajaran
    2. Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok heterogen
    3. Setiap Kelompok Merumuskan Soal
    4. Soal hasil perumusan setiap kelompok di pertukarkan dengan kelompok lainnya.
    5. Setiap kelompok berdiskusi menyelesaikan soal yang mereka peroleh
    6. hasil pengerjaan soal di presentasikan di depan kelas untuk di evaluasi

    Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Problem Posing

    Setiap model pembelajaran pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. adapun kelebihan dan kekurangan dari model pembelajaran problem posing  adalah sebagai berikut :

    Kelebihan

    1. Meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah siswa
    2. Melatih Siswa untuk lebih percaya diri
    3. selain kemampuan kognitif, model pembelajaran ini juga dapat menumbuhkan kemampuan berfikir kritis siswa
    4. Dapa mengaktifkan siswa dalam belajar sehingga pembelajaran akan terarah ke student center learning

    Kekurangan

    1. Membutuhkan persiapan yang matang
    2. porsi waktu untuk menjelaskan menjadi berkurang karenanya pemilihan materi pembelajaran sangat diperlukan.
    3. Tidak disarankan untuk tingkat sekolah dasar
    Referensi

    M. rahmat. 2009. HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DI KELAS X4 MAN 1 PEKANBARU. (DOWNLOAD)

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon