Pengertian, fungsi dan contoh Kesadaran Metakognitif dalam Pembalajaran

Artikel kali ini akan membahas mengenai apa yang dimaksud dengan kesadaran metakognitif, apa pentingnya kesadaran metakognitif dalam pembelajaran dan bagaimana contoh dari kesadaran metakognitif tersebut. 

Kesadaran Metakognisi


    Pengertian Kesadaran Metakognitif

    apa yang dimaksud dengan kesadaran metakognitif ? kesadaran metakognitif atau metakognisi adalah ukuran sejauh mana seseorang siswa memahami tentang dirinya sendiri. Kata metakognisi merupakan salah satu dari dimensi pengetahuan yang dijelaskan dalam taksonomi bloom revisi anderson. metakognisi adalah dimensi pengetahuan yang ke empat setelah faktual, konseptual dan prosedural 

    Kesadaran metakognisi jika dihubungkan dengan proses belajar mengejar siswa dapat diartikan sebagai sejauh mana seseorang siswa sebagai individu mengenali pengetahuan pada dirinya, hal ini juga termasuk apa yang bisa dan tidak bisa dia lakukan, apa yang telah diperoleh dan tidak diperoleh dalam pembalajaran, lebih jauh lagi kesadaran metakognisis juga melibatkan urutan/prosedur bagaimana melakukan sesuatu.


    kesadaran matakognitif pada seorang siswa sebagai individu berfungsi sebagai penuntun siswa dalam  menyesuaikan diri pemilihan prilaku, hal ini dapat ditunjukkan baik dalam linkungan belajar maupun pada lingkungan hidupnya secara umum. saat mengerjakan sesuatu tingkat sejauh mana siswa mengetahui tentang dirinya dapat menjadi poin penting dalam menyusun langkah untuk menyelesaikan tugas mereka.

    Fungsi Kesadaran Metakognitif

    Dalam kegiatan belajar mengajar kesadaran metakognisi siswa sangat penting untuk di tingkatkatkan hal tersebut sehubungan dengan fungsi metakgonisi sebagai berikut :
    1. Kesadaran Metakognitif berkorelasi linear dengan prestasi belajar. sehingga semakin bagus kesadaran metakognitif siswa maka semakin bagus prestasi belajaranya
    2. Kemampuan ini akan memungkin individu memiliki kemampuanyang sangat baik dalam memecahkan masalah
    3. Kemampuan metakognitif merupakan kemampuan yang penting dimiliki untuk mendukung siswa  dalam menyelesaikan tugas terstruktur.

    Contoh Kesadaran Metakognitif

    beberapa indikasi dari kesadaran metakognitif siswa dapat di ukur dengan beberapa indikator umum sebagai berikut :
    1. Pengetahuan tentang diri (tingkat pengetahuan, apa yang diketahui dan apa yang tidak diketahui, apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan)
    2. pengetahuan tentang prosedur (gambaran berupa langkah yang harus ditempuh dalam mengerjakan sesuatu )
    3. Pengetahuan tentang strategi menyelesaikan sesuatu 
    4. Pengetahuan kondisional yaitu mengenai pertimbangan mengapa dan kapan suatu strategi digunakan
    5. Strategi perbaikan dan evalusi (contohnya seseorang yang selalui menuliskan point-point penting dari apa yang dia telah pelajari)
    dalam perkembangannya, mengingat pentingya kesadaran metakognitif ini pendidik lambat laut akan dituntut untuk mendesain pembelajaran yang tidak hanya mengenmbangkan kemampuan kognisi tapi sampai kepada tahapan metakognitif.

    sekian dan terimakasi, saya berharap informasi ini bisa berguna untuk kawan-kawan sekalian. 

    Refrensi 

    Schraw, G, and Dennison, R. S.(1994). Assesing Metacognitif Awereness. Juornal Contemporary Educational Psychology. 19, pp 460-475

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon