cara membuat salah satu halaman landscape di word

Tags

berikut cara untuk membuat salah satu halaman dokumen anda berbentuk landscape tanpa merubah halaman lainnya. 

Format orentasi dasar atau default yang akan ditampilkan ms word saat mulai dijalankan adalah berbentuk portrait. namun untuk kebutuhan tertentu seperti untuk menulis format tabel yang mempunyai ukuran panjang jauh lebih besar dari lebarnya kita memerlukan untuk merubah posisi kertas menjadi landscape. hal itu bertujuan agar sebuah tabel tampil dalam satu halaman utuh. 

hal yang sering menjadi masalah saat orang-orang hendak merubah satu halaman saja ke orientasi landscape adalah semua halaman dalam dokumen ikut berubah menjadi landscpape. halaman dokumen yang tidak di inginkan berbentuk lanscpae turut berubah menjadi landscape.

penyebab hal tersebut adalah orang-orang langsung menggunakan fitur orientasi yang terletak pada tab page layout tab page layout. fitur orientasi tersebut berfungsi secara umum untuk merubah seluru orientasi dokumen. jadi untuk merubah satu halaman saja yang berbentuk landscape maka perlu pengaturan yang spesifik. 

untuk merubah salah satu halaman anda berbentuk landscape tanpa merubah orientasi halaman lainnya, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. 
Misalnya, saya mempunyai 3 buah halaman dalam satu dokumen. kemudian saya menginginkan agar halaman kedua berbentuk landscape tanpa merubah halaman pertama dan ketiga. maka yang saya lakukan adalah : 
  1. blok seluru atau sebagian teks pada halaman kedua tersebut.
  2. masuk ke tab page layout 
  3. lalu masuk ke page setup dengan mengklik icon kecil di ujung (liha gambar)
  4. kemudian ada mode orientasi pilih landscape, kemudian opsi apply to  ganti ke selected text 
  5. terkahir simpan perubahan dengan menekan ok. seharuhsnya sekarang halaman kedua sudah berubah menjadi landscape tanpa merubahan orientasi halaman lainnya.



Baik, sekian dan terimah kasih. semoga bisa semoga informasi sederhana ini bisa bermanfaat untuk teman-teman sekalian.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon