Efekifitas Media berbasis whiteboard animation pada siswa non sains

untuk menguji keefektifan Whiteboard Animasi untuk pembelajaran umum ilmu sains diperlukan penelitian. ada banyak  studi mendukung kegunaan animasi papan tulis dalam disiplin ilmu tertentu, yang kemudian meneliti keefektifannya pada mata kuliah inti umum, yang mana siswanya berasal dari berbagai disiplin ilmu dan ini belum dieksplorasi. siswa tanpa Hal ini didukung untuk menjelaskan apakah siswa dengan latar belakang non-sciece bisa terpahamkan dengan materi yang disajikan dengan Whiteboard Animations. Hal ini karena siswa tanpa Latar belakang sains memiliki kepercayaan diri yang rendah dalam membaca teks yang berhubungan dengan sains secara umum.


Whiteboard animasi terdiri dari ilustrasi langkah demi langkah dengan narasi suara untuk menjelaskan konsep rumit dan ide abstrak dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Pada peneltian ini lebih dulu di buat 4 whiteboard animasi dengan materi yang berebeda. Penelitian ini melibatkan dua jenis survei. Survei pertama bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas whiteboard animasi dalam membekali siswa dengan pengetahuan prasyarat sebelum tutorial. Untuk ini siswa diminta untuk menenonton whiteboard animasi sebelum mengikuti kursus. Tujuan dari survei kedua, survei umpan balik pasca-tutorial, adalah untuk mengumpulkan siswa dan mengumpulkan data umpan baling tentang alasan mereka menonton (dan tidak menonton) whiteboard animation, dan untuk mengevaluasi sejauh mana animasi ini membantu mereka mempersiapkan diskusi dalam tutorial.

Dari Survei pra-tutorial menunjukkan bahwa 55,0% hingga 63,5% siswa, dengan rata-rata 59,9%, menonton empat animasi papan tulis sebelum tutorial. Secara umum, kinerja siswa yang menonton animasi sebelum tutorial jauh lebih baik daripada mereka yang tidak. Untuk semua kuis, siswa yang menonton animasi mendapat nilai rata-rata secara signifikan lebih tinggi daripada mereka yang tidak (p <0,001, Tabel 1). Data ini menunjukkan korelasi positif yang signifikan antara menonton animasi dan pemahaman pengetahuan prasyarat sebelum tutorial. Kemudian, pembahasan sejauh mana animasi ini membantu siswa mempersiapkan diskusi dalam tutorial pun diselidiki. Hasil dari pendapat siswa mengenai whiteboard animasi sebagai berikut :



Dalam survei umpan balik pasca-tutorial, 67,3% siswa melaporkan bahwa mereka telah menonton animasi papan tulis. 92,1% dari siswa ini setuju dalam derajat yang berbeda (termasuk "sedikit setuju", "setuju", dan "sangat setuju") bahwa animasi sangat membantu dalam memperoleh pengetahuan tentang diskusi dan pikiran sebelum tutorial.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon