untuk menguji keefektifan Whiteboard Animasi untuk pembelajaran umum ilmu sains diperlukan penelitian. ada banyak studi mendukung kegunaan animasi papan tulis dalam disiplin ilmu tertentu, yang kemudian meneliti keefektifannya pada mata kuliah inti umum, yang mana siswanya berasal dari berbagai disiplin ilmu dan ini belum dieksplorasi. siswa tanpa Hal ini didukung untuk menjelaskan apakah siswa dengan latar belakang non-sciece bisa terpahamkan dengan materi yang disajikan dengan Whiteboard Animations. Hal ini karena siswa tanpa Latar belakang sains memiliki kepercayaan diri yang rendah dalam membaca teks yang berhubungan dengan sains secara umum.
Whiteboard animasi terdiri dari ilustrasi langkah demi langkah dengan narasi suara untuk menjelaskan konsep rumit dan ide abstrak dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Pada peneltian ini lebih dulu di buat 4 whiteboard animasi dengan materi yang berebeda. Penelitian ini melibatkan dua jenis survei. Survei pertama bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas whiteboard animasi dalam membekali siswa dengan pengetahuan prasyarat sebelum tutorial. Untuk ini siswa diminta untuk menenonton whiteboard animasi sebelum mengikuti kursus. Tujuan dari survei kedua, survei umpan balik pasca-tutorial, adalah untuk mengumpulkan siswa dan mengumpulkan data umpan baling tentang alasan mereka menonton (dan tidak menonton) whiteboard animation, dan untuk mengevaluasi sejauh mana animasi ini membantu mereka mempersiapkan diskusi dalam tutorial.
Dalam survei umpan balik pasca-tutorial, 67,3% siswa melaporkan bahwa mereka telah menonton animasi papan tulis. 92,1% dari siswa ini setuju dalam derajat yang berbeda (termasuk "sedikit setuju", "setuju", dan "sangat setuju") bahwa animasi sangat membantu dalam memperoleh pengetahuan tentang diskusi dan pikiran sebelum tutorial.
EmoticonEmoticon