cara membuat dokumen EHAC untuk penerbangan

Salah satu dokumen yang di syaratkan bagi anda yang hendak berpergian terutama dengan pesawat selain surat rapid/swab adalah dokumen EHAC. Artikel ini akan membahas bagaimana cara membuat dokumen EHAC melalui aplikasi.



    Apa itu EHAC ?

    EHAC ini teman-teman adalah kepanjangan dari elektronik Health Alert Card atau dalam bahasa indonesianya adalah kartu kewaspadaan kesehatan. Dokumen EHAC ini berfungsi sebagai dokumen monitoring kondisi kesehatan penumpang. jadi nanti isi dari dokumen EHAC anda adalah kondisi kesehatan anda saat sebelum keberangkatan.

    Berapa biaya EHAC ? 

    mungkin ada yang bertanya seperti itu ya.. jadi berbeda dengan Rapid test atau swab test yang memerlukan pemeriksaan dokter , EHAC ini tidak butuh. jadi gratis. anda hanya perlu mengisi sendiri kondisi kesehatan anda pada plikasi EHAC, mencetaknya kemudian membawanya sebagai persyaratan penerbangan.


    Kisah Abdullah bin Hudzafah : badui yang ditawarkan kerajaan romawi

    Cara Membuat EHAC

    1. Pertama silahkan download dan install aplikasi EHAC di Playstore

    2. udah ? selanjutnya silahkan jalankan aplikasi EHAC tersebut. kemudian pilih bahasa indonesia (untuk lebih memudahkan) dan daftarkan diri anda terlebih dahulu dengan menggunakan alamat Gmail. 

    3. selanjutnya akan muncuk semacam notif yang meminta untuk mengakses lokasi perangkat anda. silahkan klik Allow

    4. Selanjutnya pilih akun Lalu pilih HAC , kemudian pilih simbol + dan pilih ehac domestik untuk penerbangan dalam negeri atau ehac international jika anda berasal dari luar dan hendak masuk ke indonesia. 

    5. Selanjutnya akan muncul form registrasi. silahkan isi data diri anda menyesuaikan dengan KTP.
    6. setelah tahap registrasi form selesai akan muncul ehac form silahkan isi sesuai dengna kondisi kesehatan anda saat itu. Tekan submit jika anda telah selesai mengisinya.

    7.  jika sudah di submit maka akan muncu data ehac pada halaman HAC anda. 

    Cara Mencetak Dokumen EHAC

    1. Untuk mencetak silahkan klik terlebih dahulu data ehac yang telah anda buat. kemudian  pilij Lihat Hac. 
    2. selanjutnya pilih logo print di sudut kanan bawah layar. 

    3, Anda sekarang telah memiliki dokumen ehac silahkan pindahkan filenya ke  komputer/laptop untuk di print.

    dokumen Ehac Ini nantinya akan diserahkan ke bandara destinasi anda. Dengan aplikasi tersebut anda bisa membuat ehac untuk anda ataupun keluarga. untuk menambhakan ehac baru silahkan ulangi langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya dengan data diri menyesuaikan si pemilik ehac.

    perlu diketahui bahwa pastikan anda mengisi ehac sebenar-benarnya sesuai kondisi kesehatan anda. Hal ini sebagai bagian dari dukungan kita dalam menuntaskan dan memutuskan mata rantai penyebaran covid-19.

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon