Cara Menambahkan Musik dalam E-book 3D Pageflip

Tags

Pada kesempatan kali in melalui artikel ini bloginfokuhaku.blogspot.com berbagi informasi tetang cara menambahkan musik dalam e-book 3D pageflip. 

Salah satu fitur yang menjadi nilai plus pada e-book 3D pageflip yang dibuat dengan menggunakan aplikasi 3D Pageflip Professional adalah kita dapat menambahkan audio. Jadi tidak hanya video dan animasi saja kita juga dapat menambahkan audio semisal musik background dengan tujuan untuk menhadirkan suasana relaksasing saat belajar.

sedikit membahasa teori bahwa sanya Teori pembelajaran mengatakan bahwa proses belajar akan lebih efektif jika kedua belahan otak berfungsi. Seperti kita tahu bahwa otak kiri dan otak kanan mempunyai peran masing-masing. Dalam belajar otak kiri akan berfungsi dominan karenan fungsinya yang memang terkait dengan intelektual sementara otak kanan terkait dengan seni. jadi untuk memfungsikan keduanya salah satu caranya dapat dilakukan dengan mendengarkan musik saat belajar. 


kembali ke fokus pembahasan kita yaitu cara menambahkan musik dalam e-book 3D pageflip. untuk lebih memudahkan berikut caranya kami tulisakan secara sistematis.

1. Jalan kan aplikasi 3D PDF professional, convert dokumen PDF yang hendak anda tambahkan musik/sound. 
2. Pilih edit page
3, silahka masuk ke halaman atau posisi dimana anda hendak membahkan play button. Biasanya play button ditempatkan pada bagian kosong di header halaman. 
4. kemudian pilih Audio dan pilih salah satu Audio Player skins
5.  Kemudian drag membentuk segi panjang (sesuaikan ukurannya dengan ruang kosong) dan lepaskan. 

6. Selanjutnya klik 2x  pada button play tersebut.  maka akan muncul jendela selection form. Pada selection form pilih local file untuk menambahkan sound/musik dari perangkat anda. Perlu diketahui bahwa pada aplikasi ini hanya sound/musik dengan format .mp3 yang bisa digunakan. kemudian tekan ok untuk menyimpan.

7. Dibagian panel kanan layar anda bisa melakukan pengaturan pemutaran. 
Untuk pengaturan play audio silahkan pilih pengaturan sesuai keinginan anda. pada bagian ini akan ada tiga opsional yaitu :
  • On pressing Play button : yaitu pengaturan agar audio terputar hanya saat pengguna menekan tombol play
  • When entering This page : audio akan terputar saat halaman terbuka
  • when leaving this page : audio akan terputar saat meninggalkan halaman
Untuk fitur stop audio pun terdiri dari 3 opsi yaitu :
  • Restart On  returning this page : audio akan terus berputar sampai beberapa halaman
  • When entering This page : audio akan berhenti saat halaman terbuka
  • when leaving this page : audio akan berhenti saat meninggalkan halaman
 8. Setelah selesai silahkan pilih save anda exit kemudian untuk melihat hasilnya silahkan publish baik dalam format HTML ataupun exe.

Sekian dan terimakasih semoga artikel ini bisa berguna untuk teman-teman sekalian yang membutuhkan

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon