Berikut contoh instrumen untuk menguji pengaruh jenis media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa dilengkapi dengan indikator dan contoh butir soal instumennya.
Tabel 1. Indikator Motivasi Belajar dalam kaitannya dengan
penggunaan media pembelajaran
Indikator |
Sub
Indikator Motivasi |
NO Item |
SKOR |
Keterangan |
|
1.1 Memiliki
Gairah yang Tinggi saat belajar |
1.1.1 Siswa senang
dengan materi yang disajikan |
1 |
4 |
S |
Apabila siswa sangat setuju dengan pernyataan tersebut dan
perilakunya sangat sesuai dengan pernyataan tersebut. |
3 |
SS |
Apabila siswa setuju dengan pernyataan tersebut dan perilakunya
sesuai dengan pernyataan tersebut. |
|||
2 |
TS |
Apabila siswa tidak setuju dengan pernyataan tersebut dan
perilakunya tidak sesuai dengan pernyataan tersebut . |
|||
1 |
STS |
Apabila siswa sangat tidak setuju dengan pernyataan tersebut dan
perilakunya sangat tidak sesuai dengan pernyataan tersebut. |
|||
1.1.2
jika Siswa diberikan tugas terkait materi pada media
pembelajaran siswa dapat mengerjakan
tugas dengan baik dan senang |
2 |
4 |
S |
Apabila siswa sangat setuju dengan pernyataan tersebut dan
perilakunya sangat sesuai dengan pernyataan tersebut. |
|
3 |
SS |
Apabila siswa setuju dengan pernyataan tersebut dan perilakunya
sesuai dengan pernyataan tersebut. |
|||
2 |
TS |
Apabila siswa tidak setuju dengan pernyataan tersebut dan
perilakunya tidak sesuai dengan pernyataan tersebut . |
|||
1 |
STS |
Apabila siswa sangat tidak setuju dengan pernyataan tersebut dan
perilakunya sangat tidak sesuai dengan pernyataan tersebut. |
|||
2. penyajikan informasi |
2.1 Siswa lebih
bersemangat belajar materi karena materi yang disampaikan menarik |
3 |
4 |
S |
Apabila siswa sangat setuju dengan pernyataan tersebut dan
perilakunya sangat sesuai dengan pernyataan tersebut. |
3 |
SS |
Apabila siswa setuju dengan pernyataan tersebut dan perilakunya
sesuai dengan pernyataan tersebut. |
|||
2 |
TS |
Apabila siswa tidak setuju dengan pernyataan tersebut dan
perilakunya tidak sesuai dengan pernyataan tersebut . |
|||
1 |
STS |
Apabila siswa sangat tidak setuju dengan pernyataan tersebut dan
perilakunya sangat tidak sesuai dengan pernyataan tersebut. |
|||
2.2 Siswa memperhatikan materi sampai selesai
dengan kesadaran sendiri |
3 |
4 |
S |
Apabila siswa sangat setuju dengan pernyataan tersebut dan
perilakunya sangat sesuai dengan pernyataan tersebut. |
|
3 |
SS |
Apabila siswa setuju dengan pernyataan tersebut dan perilakunya
sesuai dengan pernyataan tersebut. |
|||
2 |
TS |
Apabila siswa tidak setuju dengan pernyataan tersebut dan
perilakunya tidak sesuai dengan pernyataan tersebut . |
|||
1 |
STS |
Apabila siswa sangat tidak setuju dengan pernyataan tersebut dan
perilakunya sangat tidak sesuai dengan pernyataan tersebut. |
|||
3. Menimbulkan gairah Belajar |
3.1 Siswa lebih bergairah untuk belajar |
4 |
4 |
S |
Apabila siswa sangat setuju dengan pernyataan tersebut dan
perilakunya sangat sesuai dengan pernyataan tersebut. |
3 |
SS |
Apabila siswa setuju dengan pernyataan tersebut dan perilakunya
sesuai dengan pernyataan tersebut. |
|||
2 |
TS |
Apabila siswa tidak setuju dengan pernyataan tersebut dan
perilakunya tidak sesuai dengan pernyataan tersebut . |
|||
1 |
STS |
Apabila siswa sangat tidak setuju dengan pernyataan tersebut dan perilakunya
sangat tidak sesuai dengan pernyataan tersebut. |
|||
3.2 Siswa lebih memiliki kemauan untuk
belajar |
5 |
4 |
S |
Apabila siswa sangat setuju dengan pernyataan tersebut dan
perilakunya sangat sesuai dengan pernyataan tersebut. |
|
3 |
SS |
Apabila siswa setuju dengan pernyataan tersebut dan perilakunya
sesuai dengan pernyataan tersebut. |
|||
2 |
TS |
Apabila siswa tidak setuju dengan pernyataan tersebut dan
perilakunya tidak sesuai dengan pernyataan tersebut . |
|||
1 |
STS |
Apabila siswa sangat tidak setuju dengan pernyataan tersebut dan
perilakunya sangat tidak sesuai dengan pernyataan tersebut. |
|||
4. Memberi kesempatan
siswa untuk belajar mandiri |
4.1 Siswa bisa lebih
mandiri belajar dengan bantuan media |
6 |
4 |
S |
Apabila siswa sangat setuju dengan pernyataan tersebut dan
perilakunya sangat sesuai dengan pernyataan tersebut. |
3 |
SS |
Apabila siswa setuju dengan pernyataan tersebut dan perilakunya
sesuai dengan pernyataan tersebut. |
|||
2 |
TS |
Apabila siswa tidak setuju dengan pernyataan tersebut dan
perilakunya tidak sesuai dengan pernyataan tersebut . |
|||
1 |
STS |
Apabila siswa sangat tidak setuju dengan pernyataan tersebut dan
perilakunya sangat tidak sesuai dengan pernyataan tersebut. |
|||
5. Membuat siswa tidak bosan |
5.1 Siswa merasa tidak bosan dengan media
pembelajaran |
7 |
4 |
S |
Apabila siswa sangat setuju dengan pernyataan tersebut dan
perilakunya sangat sesuai dengan pernyataan tersebut. |
|
|
|
3 |
SS |
Apabila siswa setuju dengan pernyataan tersebut dan perilakunya
sesuai dengan pernyataan tersebut. |
2 |
TS |
Apabila siswa tidak setuju dengan pernyataan tersebut dan
perilakunya tidak sesuai dengan pernyataan tersebut . |
|||
1 |
STS |
Apabila siswa sangat tidak setuju dengan pernyataan tersebut dan
perilakunya sangat tidak sesuai dengan pernyataan tersebut. |
ANGKET
MOTIVASI BELAJAR DARI MEDIA
Petunjuk :
1.
Pada kuisioner ini terdapat 7 pertanyaan. Baca
dengan cermat dan teliti setiap kata pada pertanyaan dan tentukan kebenarannya.
Berilah jawaban yang cocok menurut anda!
2.
Jawablah dengan jujur sesuai dengan hati nurani
anda. Jangan terpengaruh dengan teman anda!
3.
Angket ini tidak mempengaruhi nilai akademis
anda. Jadi tidak perlu khawatir salah dalam menjawab.
4.
Ikuti petunjuk yang sudah diberikan dengan baik!
Tabel 2. Keterangan Pilihan Jawaban
Keterangan |
Skor |
|
SS |
Sangat Setuju |
4 |
S |
Setuju |
3 |
TS |
Tidak Setuju |
2 |
STS |
Sangat Tidak setuju |
1 |
No |
Pertanyaan |
Jawaban |
1 |
Setelah mengikuti materi pada media pembelajaran
ini saya merasa lebih senang dengan materi yang diberikan |
SS
S TS STS |
2 |
Jika saya diberikan soal terkait materi yang
disajikan dalam media saya merasa senang dan bisa mengerjakannya dengan baik |
SS
S TS STS |
3 |
Saya merasa materi yang disajikan media
pembelajaran menarik untuk dipelajari |
SS
S TS STS |
4 |
Setelah melihat media pembelajaran ini saya menjadi lebih
bergairah untuk belajar materi yang diberikan |
SS
S TS STS |
5 |
Saya merasa akan lebih giat belajar jika semua
materi sekolah menggunakan media pembelajaran seperti ini. |
SS
S TS STS |
6 |
Saya merasa dapat belajara sendiri jika semua
materi sekolah menggunakan media pembelajaran seperti ini. |
SS
S TS STS |
7 |
Saya merasa tidak bosan untuk mempelajari materi
jika menggunakan media pembelajaran
seperti ini |
SS
S TS STS |
EmoticonEmoticon