Guru adalah perkerjaan yang bermanfaat. Semua sepakat dengan hal ini. Namun Kebermanfaatan yang didatangkan dari seorang guru itu berbeda-beda tergantung pada pribadi guru itu sendiri. Semakin baik seorang guru dalam mengajar maka semakin besar manfaat dari profesinya. Ini cukup menjadi motivasi, kepada kita para guru untuk senantiasa mengupgrade ilmunya.
Bagi
seorang guru, satu kali pembelajaran di kelas adalah hasil dari setumpuk
persiapan. Mulai dari Meramu indikator, memilih metode pembelajaran, mengatur
langkah-langkah pembelajaran, bagaimana struktur penyajian materi yang paling
baik, membuat kisi-kisi evaluasi sampai kepada menyusun soal evaluasi
dilakukan.
Baca juga :Hipnoteaching, Pengertian dan Penerapannya dalam Pembelajaran
Pokoknya
semua hal yang dirasa terbaik dilakoni untuk menjadikan pembelajaran efektif.
Semua
hal dalam pembelajaran yang kita hadirkan adalah berdasarkan pandangan “begini
cara yang terbaik”. Tapi terbaik yang kita maksud disini dari sudut pandang
diri kita sebagai guru. Pernah kah kita bertanya nih,
bagaimana
sih guru yang baik menurut persepktif siswa ?
Bagaimana
sih karakteristik atau apa yang mereka inginkan ada pada guru mereka ?
Nah
terkait hal ini, ada penlitian yang
meminta kurang lebih 1000 siswa untuk
menuliskan 5 Karakteristik terbaik yang mereka sukai dan 5 karakteristik yang
tidak mereka sukai dari guru-guru mereka.
Hasil
peneliian ini kemudian di masukkan dan diurutkan berdasarkan persentase jawaban
siswa-siswa tersebut. Adapun 5 besar dari kareakteristik baik buruknya guru
dari Hasil penelitian tersebut adalah
Kita mulai dari peringkat 5 untuk karakteristik sosok guru terbaik adalah
![]() |
Guru yang baik dan buruk menurut siswa |
Posisi 5 Spend time to help student.
Guru
yang baik menurut mereka adalah guru yang selalu menyempatkan waktu di tengah pembelajaran
untuk membantu siswa secara individu. Sebanyak 65.8 % dari siswa yang menjadi
responden menuliskan hal ini. Itu berarti sekitar 658 dari total 1000 siswa.
Sementara
untuk posisi 5 karakteristik guru yang buruk menurut siswa adalah
Expect
to much to student. Siswa tidak suka para guru yang terlalu memaksa siswa dalam
memelajari suatu hal. Terkadang tuntutan yang berlibahan pada siswa bisa
berakibat negatif seperti tertekan yang dapat menimbulkan stress. Mereka tidak
suka ini.
Posisi 4 Explain Things Clearly
Posisi
4 Dari karakteristik guru yang terbaik menurut siswa adalah Explain Things
Clearly. Menjelaskan suatu hal dengan jelas. Posisi ke 3 juga berhubungan
dengan yang ke 4 yaitu siswa suka guru yang Have knowledge of their subjects.
Guru yang terbaik dan disukai siswa adalah guru yang menguasai materi yang
mereka ajarkan. Dan hal Ini adalah bagian inti dari pembelajaran
Baca juga : Dampak Struktur bangku Terhadap Hasil Belajar
Selanjutnya
untuk posisi 4 karakteristik guru yang buruk menurut Siswa yaitu guru yang
“have poor atitude” kurang etitud atau
bahasa agak kasarnya, mohom maaf yaitu guru yang menampilkan sikap yang buruk.
Ini tentunya bukan hal yang sepele, guru bukan hanya pengajar tetapi juga
pendidik, sosok yang digugu dan ditiru. Tidak hanya mengjarkan pengaetahua
kognitif tetapi juga afektif. Tentunya hal ini bisa mencoreng integritas
seroang guru dan harus diubah.
Posisi ke 3 shown Favoritisem toward students
Untuk
posisi ke 3 nya adalah sebanyak 52,7 % atau sekitar 527 orang dari siswa yang
mengisi survei mengatakan mereka menganggap buruk sikap guru yang “shown
Favoritisem toward students”, _pilih kasih. Ternyata siswa peka terhadap
prilaku guru, mereka cenderung membandingkan perlakuan guru pada dirinya dan
siswa lainnya.
Posisi 2 make the class intersted
Kemudian
posisi kedua untuk guru yang baik adalah “make the class intersted” . mereka
tidak suka kelas yang membosankan, yang monoton, minggu ini, minggu depan dan
seterusnya cara belajarnya itu-itu saja. Untuk membuat siswa senang kita para
guru seharusnya menjadikan pembelajaran menarik bagi siswa. Jaman sekarang
dengan segala kemanjuan teknologi dan informasi tidak ada alasan untuk menjadikan
pembelajaran di kelas membosankan.
Sementara
untuk tanggapan negatifnya posisi kedua adalah guru yang don’t explaind things
clearly. Hal ini termasuk pemahaman yang kurang mendalam terhadap materi, tidak
memberikan siswa kesempatan untuk bertanya atau bahasa yang terlalu tinggi
sehingga tidak dimengerti siswa.
Dan akhirnya top chartnya,
Pada
posisi teratas karakteristik guru terbaik menurut siswa yaitu di tuliskan
dengan persantase 79,2 % atau sebanya 792 orang dari 1000 siswa adalah “have
the sense of humors” sense of humor punya selera humor. Tampaknya siswa tidak
suka suasana belajar yang penuh tekanan. Penggunaan joke juga berperan sebagai
pengendali mood, bisa digunakan 1 atau 2 kali ketika motivasi belajar siswa
turun atau saat mereka terliha jenuh.
Untuk
top 1 kaarakteristik guru yang buruk menurut siswa adalah “have a boring
class”. Guru yang kelasnya selalu membosankan. Selalu membosankan.
EmoticonEmoticon