Artikel
ini menghimpun berbagai pengertian Belajar
menurut para ahli dari berbagai sumber online atapun offline.
Kami
menyertai dengan sumber refrensi atau daftar pustaka atau footnote lengkap dengan tujuan untuk memudahkan anda dalam
melakukan peninjauan kembali mengenai data (pengertian Belajar) ataupun untuk kebutuhan praktis seperti untuk pembuatan
karya tulis ilmiah seperti skripsi, jurnal, tesis dan sejenisnya.
Baca juga : 10 Pengertian Pendidikan Karakter Menurut ahli (+daftar pustaka)
Pengertian Belajar (umum)
Sebelum
mengulas pengertian dari Belajar secara spesifik dari beberapa ahli terlebih
dahulu akan dibahas pengertian Belajar
pada perspektif umum berdasarkan tinjauan bahasa.
Belajar
menurut kamus besar bahasa indonesia adalah usaha untuk mendapatkan ilmu
pengetahuan. Belajar juga dapat
diartikan sebagai kegiatan berlatih. Belajar merupakan kata kerja yang menitik
beratkan pada proses usaha dari pada hasil. Selama seseorang mengupayakan
dirinya untuk berlatih dia dikategorikan sedang belajar.
Pengertian Belajar menurut para ahli
Berikut pengertian belajar
menurut beberapa ahli/narator yang terangkum dari beberapa sumber aktual baik
dari jurnal penelitian ataupun buku. Berikut Kami sajikan dalam pengertian belajar Beserta daftar pustakanya dalam
format tabel untuk memudahkan dalam pengidentifikasian. (catatan jika tabel dalam mode layar HP terpotong, ganti ke mode desktop)
No |
Pengertian Belajar |
Sumber
referensi |
1 |
Belajar adalah suatu proses usaha yang digalakkan
individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara
keseluruhan, sebagai hasil dari proses interaksi dengan lingkungannya |
Slameto.
2010. Belajar dan Faktor-faktor yang
Mempengaruhinya Jakarta: PT. Rineka Cipta. |
2 |
Menurut Durton belajar Merupakan suatu perubahan indternal seorang
individu sebagai hasil interaksi lingkungannya dalam rangka mencukupi
kebutuhannya dan menjadikannya lebih mampu melestarikan lingkungan secara
memadai. |
Mutadi.
2007. Pendekatan Efektif dalam
Pembelajaran Matematika. Semarang. Balai Diktat Keagamaan Semarang. |
3 |
Menurut Hilgrad dan Bower, belajar adalah mendapatkan ilmu atau menguasai
pengetahuan melalui proses yang melibatkan pengalaman, ingatan, dan mendapatkan
informasi. |
Baharuddin.
2010 Teori Belajar dan Pembelajaran.
Jogjakarta: Arruz Media. |
4 |
Menurut Heinich belajar adalah proses kegiatan pengembangan kongisi,
keterampilan atau sikap sebagai interaksi seseorang dengan informasi dan
lingkungannya sehingga dibutuhkan pemilihan, penyusunan dan penyampaian
informasi dalam lingkungan yang cocok dan melalui interaksi pembelajar dengan
lingkungannya. |
Heinich,
Robert, et al. 1999. Halaman. 8. Instructional
Media and Technology for Learning. New Jersey : Prentice Hall. |
5 |
Menurut Gagne & Briggs belajar secara gamblang adalah hasil dari stimulus
dan respon yang kemudian direinforcemen (dikuatkan kembali) secara
berkesinambungan. |
Gagne,
Briggs J. 2008. Principles of Instructional
Design, Second Edition. New York: Holt Rinehart and Winston. (Halaman 7-8) |
6 |
Menurut Cronbach Belajar adalah “Learning
is shown by a change in behavior as a result of experience”. |
Sumadi
Suryabrata. 1990. Psikologi Pendidikan.
Jakarta: Rajawali Pers. (Hal. 247) |
7 |
Menurut Chaplin belajar adalah proses yang
melibatkan perubahan tingkah lakuyang bersifta tetap sebagai buah dari
praktek khusus dan pengalaman. |
Muhibbin
Syah . 2004. Psikologi Belajar Jakarta:
PT. RajaGrafindo Persada. (Halaman
:65.) |
8 |
Menurut Ernest R. Hilgard Belajar adalah perubahan tingkah laku individu Setelah
melalui proses pengalaman murni yang berulang dan bukan merupakan
perkembangan respon pembawaan, |
Gordon H. Bower dan Ernest R. Hilgard. 1998.
Theories of Learning. New Jersey: Prentice Hall. Inc,. |
9 |
Menurut Mouly belajar pada hakekatnya adalah perubahan tingkah laku
seseorang berkat adanya pengalaman. |
Mufarrokah,
A. 2009. Strategi Belajar Mengajar.
Yogyakarta: Teras. |
10 |
Menurut Pidarta belajar adalah perubahan tingkah laku yang relative
sebagai buah dari pengalaman yang dapat di terapkan pada bentuk pengetahuan lain serta mampu
mengkomunikasikannya pada individu lainnya. |
Komsiyah,
I. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta:
Teras. |
Penutup
Itu tadi 10 pengertian para ahli mengenai Belajar. Bagi anda yang membutuhkan sumber refrensi terkait hasl belajar silahkan di copy dan digunakan dengan penuh tanggung jawab. Sebagai catatan perhatikan format daftar pustaka dan sesuaikan dengan format yang anda gunakan.
EmoticonEmoticon