10 Pengertian Belajar Menurut Para Ahli (Lengkap dengan daftar Pustakanya)


10 Pengertian Belajar Menurut Para Ahli (Lengkap dengan daftar Pustakanya)


Artikel ini menghimpun berbagai pengertian Belajar menurut para ahli dari berbagai sumber online atapun offline.

 

Kami menyertai dengan sumber refrensi atau daftar pustaka atau footnote lengkap dengan tujuan untuk memudahkan anda dalam melakukan peninjauan kembali mengenai data (pengertian Belajar) ataupun untuk kebutuhan praktis seperti untuk pembuatan karya tulis ilmiah seperti skripsi, jurnal, tesis dan sejenisnya.

 

Baca juga : 10 Pengertian Pendidikan Karakter Menurut ahli (+daftar pustaka)


Pengertian Belajar (umum)

Sebelum mengulas pengertian dari Belajar secara spesifik dari beberapa ahli terlebih dahulu akan dibahas pengertian Belajar pada perspektif umum berdasarkan tinjauan bahasa.

 

Belajar menurut kamus besar bahasa indonesia adalah usaha untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Belajar juga dapat diartikan sebagai kegiatan berlatih. Belajar merupakan kata kerja yang menitik beratkan pada proses usaha dari pada hasil. Selama seseorang mengupayakan dirinya untuk berlatih dia dikategorikan sedang belajar.

 

Pengertian Belajar menurut para ahli

Berikut pengertian belajar menurut beberapa ahli/narator yang terangkum dari beberapa sumber aktual baik dari jurnal penelitian ataupun buku. Berikut Kami sajikan dalam pengertian belajar Beserta daftar pustakanya dalam format tabel untuk memudahkan dalam pengidentifikasian. (catatan jika tabel dalam mode layar HP terpotong, ganti ke mode desktop)

No

Pengertian Belajar

Sumber referensi

1

Belajar adalah suatu proses usaha yang digalakkan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari proses interaksi dengan lingkungannya

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: PT. Rineka Cipta.

2

Menurut Durton belajar Merupakan suatu perubahan indternal seorang individu sebagai hasil interaksi lingkungannya dalam rangka mencukupi kebutuhannya dan menjadikannya lebih mampu melestarikan lingkungan secara memadai.

Mutadi. 2007. Pendekatan Efektif dalam Pembelajaran Matematika. Semarang. Balai Diktat Keagamaan Semarang.

3

Menurut Hilgrad dan Bower, belajar adalah mendapatkan ilmu atau menguasai pengetahuan melalui proses yang melibatkan pengalaman, ingatan, dan mendapatkan informasi.

Baharuddin. 2010 Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Arruz Media.

4

Menurut Heinich belajar adalah proses kegiatan pengembangan kongisi, keterampilan atau sikap sebagai interaksi seseorang dengan informasi dan lingkungannya sehingga dibutuhkan pemilihan, penyusunan dan penyampaian informasi dalam lingkungan yang cocok dan melalui interaksi pembelajar dengan lingkungannya.

Heinich, Robert, et al. 1999. Halaman. 8. Instructional Media and Technology for Learning. New Jersey : Prentice Hall.

5

Menurut Gagne & Briggs belajar secara gamblang adalah hasil dari stimulus dan respon yang kemudian direinforcemen (dikuatkan kembali) secara berkesinambungan.

Gagne, Briggs J. 2008. Principles of Instructional Design, Second Edition. New York: Holt Rinehart and Winston. (Halaman 7-8)

6

Menurut Cronbach Belajar adalah “Learning is shown by a change in behavior as a result of experience”.

Sumadi Suryabrata. 1990. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers. (Hal. 247)

7

Menurut Chaplin belajar adalah proses yang melibatkan perubahan tingkah lakuyang bersifta tetap sebagai buah dari praktek khusus dan pengalaman.

Muhibbin Syah . 2004. Psikologi Belajar Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. (Halaman :65.)

8

Menurut Ernest R. Hilgard Belajar adalah perubahan tingkah laku individu Setelah melalui proses pengalaman murni yang berulang dan bukan merupakan perkembangan respon pembawaan,

Gordon H. Bower dan Ernest R. Hilgard. 1998. Theories of Learning. New Jersey: Prentice Hall. Inc,.

9

Menurut Mouly belajar pada hakekatnya adalah perubahan tingkah laku seseorang berkat adanya pengalaman.

Mufarrokah, A. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras.

10

Menurut Pidarta belajar adalah perubahan tingkah laku yang relative sebagai buah dari pengalaman yang dapat di terapkan pada  bentuk pengetahuan lain serta mampu mengkomunikasikannya pada individu lainnya.

Komsiyah, I. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

 

Penutup

Itu tadi 10 pengertian para ahli mengenai Belajar. Bagi anda yang membutuhkan sumber refrensi terkait hasl belajar silahkan di copy dan digunakan dengan penuh tanggung jawab. Sebagai catatan perhatikan format daftar pustaka dan sesuaikan dengan format yang anda gunakan.

Baca juga  :+10 Pengertian Hasil Belajar Menurut Ahli (+Daftar Pustaka)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon