+10 Pengertian Hasil Belajar Menurut Ahli (+Daftar Pustaka)

+10 Pengertian Hasil Belajar Menurut Ahli (+Daftar Pustaka)
Hasil Belajar

Artikel ini menghimpun berbagai pengertian ahli mengenai “Hasil Belajar” disertai sumber referensinya yang diambil dari berbagai sumber online atapun offline.

 

Kami menyertai dengan sumber refrensi lengkap dengan tujuan untuk memudahkan anda dalam melakukan peninjauan kembali mengenai data ataupun untuk kebutuhan praktis seperti untuk membuat karya tulis seperti skripsi dan sejenisnya.


Baca jugaPerbedan prestasi Belajar dan Hasil Belajar

 

Pengertian Hasil belajar menurut para ahli


Pengertian Hasil Belajar

Sumber referensi

Nana sudjana mengatakan hasil belajar peserta didik adalah perubahan prilaku sebagai hasil dari pembelajaran dalam pengertian yang lebih luas mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Nana Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hasil belajar adalah hasil dari interaksi belajar-mengajar yang diukur melalui tahapan evaluasi.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasil belajar adalah pola-pola action, nilai-nilai, pengertian- pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan keterampilan siswa.

Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Menurut Gagne hasil belajar adalah Informasi Verbal yang terdiri dari kapabilitas siswa untuk mengungkapkan pengetahuannya dalam bentuk bahasa, baik lisan maupun tertulis.

Taufik, Roby akbar. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Yang Diberi Pembelajaran Model Kooperatif Number Head Together (Nht) Dengan Model Pembelajaran Langsung Pada Materi Pokok Fluida Statis Di Smk Siliwangi Ams Banjarsari Kabupaten Ciamis. UNJ

Menurut Bloom hasil belajar adalah selalu mencakup 3 aspek yaitu kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hasil belajar adalah perubahan perilaku baik seluru maupun sebagian tidak hanya pada salah satu aspek potensi saja melaikan ditinjau secara komprehensif.

Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh peserta didik setelah melalui kegiatan belajar.

Syafa’ati, Annisa Aulia. (2017). pengembangan lembar kegiatan peserta didik (lkpd) berbasis inkuiri terbimbing pada mata pelajaran fisika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas x sma negeri 1 godean. UNJ

Suratinah Tirtonegoro mengatakan bahwa hasil belajar adalah penilaian hasil usaha kegiatan belajar mengajar yang dituliskan dalam bentuk angka, huruf, simbol maupun kalimat yang dapat mencerminkan pencapaian pengetahuan siswa dalam periode tertentu.

Tirtonegoro, Sutratinah. 2001. Penelitian Hasil Belajar Megajar. Surabaya: Usaha Nasioanal

hasil belajar adalah suatu ukuran mengenai tingkat pencapaian oleh seorang siswa berdasar pengalaman yang diperoleh setelah dilakukan evaluasi berupa tes dan ditulisakn dalam bentuk nilai.

Harisandi, Ruly. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Pengendali Daya Tegangan Rendah Smk 1 Sedayu Melalui Model Kooperatif Tipe Gi (Group Investigation). UNJ

Syaiful Bahri Djamarah menyebutkan bahwa hasil belajar adalah suatu proses perubahan perilaku berkaitan latihan dan pengalaman nyata.

Syaiful Bahri Djamarah. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta


Itu tadi setidaknya 10 pengertian para ahli mengenai hasil belajar dalam tinjauan umum. Bagi anda yang membutuhkan sumber refrensi terkait hasl belajar silahkan di copy dan digunakan dengan penuh tanggung jawab.


Baca juga : Alasan Pendidikan di Finlandia tidak Memberikan PR

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon