![]() |
Hasil Belajar |
Artikel ini menghimpun berbagai pengertian ahli mengenai “Hasil Belajar” disertai sumber referensinya yang diambil dari berbagai sumber online atapun offline.
Kami
menyertai dengan sumber refrensi lengkap dengan tujuan untuk memudahkan anda
dalam melakukan peninjauan kembali mengenai data ataupun untuk kebutuhan
praktis seperti untuk membuat karya tulis seperti skripsi dan sejenisnya.
Baca juga : Perbedan prestasi Belajar dan Hasil Belajar
Pengertian Hasil belajar menurut para ahli
Pengertian Hasil Belajar |
Sumber referensi |
Nana sudjana mengatakan hasil belajar peserta
didik adalah perubahan prilaku sebagai hasil dari pembelajaran dalam pengertian
yang lebih luas mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik. |
Nana Sudjana. (2009). Penilaian Hasil
Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. |
Hasil belajar adalah hasil dari interaksi belajar-mengajar
yang diukur melalui tahapan evaluasi. |
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. |
Hasil belajar adalah pola-pola action,
nilai-nilai, pengertian- pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan keterampilan
siswa. |
Agus Suprijono. (2009). Cooperative
Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
Menurut
Gagne hasil belajar adalah Informasi Verbal yang terdiri
dari kapabilitas siswa untuk mengungkapkan pengetahuannya dalam bentuk
bahasa, baik lisan maupun tertulis. |
Taufik, Roby akbar. (2017). Perbedaan Hasil
Belajar Siswa Antara Yang Diberi Pembelajaran Model Kooperatif Number Head
Together (Nht) Dengan Model Pembelajaran Langsung Pada Materi Pokok Fluida
Statis Di Smk Siliwangi Ams Banjarsari Kabupaten Ciamis. UNJ |
Menurut Bloom hasil belajar adalah selalu mencakup
3 aspek yaitu kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik. |
Agus Suprijono. (2009). Cooperative
Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
Hasil belajar adalah perubahan perilaku baik
seluru maupun sebagian tidak hanya pada salah satu aspek potensi saja
melaikan ditinjau secara komprehensif. |
Agus Suprijono. (2009). Cooperative
Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
Hasil belajar adalah kemampuan yang
diperoleh peserta didik setelah melalui kegiatan belajar. |
Syafa’ati, Annisa Aulia. (2017). pengembangan
lembar kegiatan peserta didik (lkpd) berbasis inkuiri terbimbing pada mata
pelajaran fisika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik
kelas x sma negeri 1 godean. UNJ |
Suratinah Tirtonegoro mengatakan bahwa hasil
belajar adalah penilaian hasil usaha kegiatan belajar mengajar yang dituliskan
dalam bentuk angka, huruf, simbol maupun kalimat yang dapat mencerminkan pencapaian
pengetahuan siswa dalam periode tertentu. |
Tirtonegoro, Sutratinah. 2001. Penelitian
Hasil Belajar Megajar. Surabaya: Usaha Nasioanal |
hasil belajar adalah suatu ukuran mengenai
tingkat pencapaian oleh seorang siswa berdasar pengalaman yang diperoleh
setelah dilakukan evaluasi berupa tes dan ditulisakn dalam bentuk nilai. |
Harisandi, Ruly. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Mata Pelajaran
Pengendali Daya Tegangan Rendah Smk 1 Sedayu Melalui Model Kooperatif Tipe Gi
(Group Investigation). UNJ |
Syaiful Bahri Djamarah menyebutkan bahwa hasil
belajar adalah suatu proses perubahan perilaku berkaitan latihan dan
pengalaman nyata. |
Syaiful Bahri Djamarah. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:
Rineka Cipta |
Itu tadi setidaknya 10 pengertian para ahli mengenai hasil belajar dalam tinjauan umum. Bagi anda yang membutuhkan sumber refrensi terkait hasl belajar silahkan di copy dan digunakan dengan penuh tanggung jawab.
EmoticonEmoticon