Artikel
ini menghimpun berbagai pengertian ahli mengenai “Pendidikan Karakter” dari
berbagai sumber online atapun offline.
Kami
menyertai dengan sumber refrensi atau daftar pustaka atau footnote lengkap dengan tujuan untuk memudahkan anda dalam
melakukan peninjauan kembali mengenai data ataupun untuk kebutuhan praktis
seperti untuk pembuatan karya tulis ilmiah seperti skripsi, jurnal, tesis dan
sejenisnya.
Baca juga : +10 Pengertian Hasil Belajar Menurut Ahli (+Daftar Pustaka)
Pendidikan Karakter
Sebelum
mengulas pengertian dari pendidikan karakter secara spesifik dari beberapa ahli
terlebih dahulu akan dibahas pengertian pendidikan karakter untuk perspektif
umum berdasarkan tinjauan bahasa.
Pendidikan
karakter tarbagi menjadi dua kata yaitu pendidikan dan karakter. Mengacu Pada
KBBI pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau
kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan
pelatihan. Karakter adalah akhlak atau budi pekerti atau berhubungan dengan sifat-sifat
kejiwaan yang menjadi pembeda satu orang dengan orang lainnya.
Mengacu
pada pengertian tersebut yang dimaksud dengan pendidikan karakter adalah sebuah
upaya pengajaran atau pelatihan untuk menumbuhkan akhlak atau budi pekerti luhur
pada subjek didikan entah itu siswa, mahasiswa ataupun masyarakat secara umum.
Pengertian Pendidikan Karakter menurut para ahli
Berikut pengertian hasil belajar menurut beberapa ahli
yang terangkum dari beberapa sumber aktual. Kami sajikan dalam format tabel
untuk memudahkan dalam pembacaan.
No |
Pengertian Pendidikan Karakter |
Sumber
referensi |
1 |
Pendidikan karakter adalah sebuah upaya terencana
yang galakkan seseorang atau sekelompok orang (pendidik) untuk menginternalisasikan
nilai-nilai karakter pada subjek didikan (peserta didik) agar menumbuhkan moral
dalam menghadapi setiap situasi. |
Yusuf,
Ahmad. 2014. Studi komparasi konsep
pendidikan karakter Imam al ghazali dengan ki hajar dewantara. Surabaya: Uin
Sunan Ampel |
2 |
Menurut Lickona pendidikan karakter adalah sebuah upaya yang dilakukan
dengan penuh sesungguhan untuk membantu seseorang memahami, peduli dan
bertindak dengan landasan nilai-nilai etis. |
Lickona,
Thomas. 2004. Pendidikan Karakter.
Bantul: Kreasi Wacana. |
3 |
menurut Albertus pendidikan karakter merupakan upaya untuk memberikan ruang
bagi kebebasan perseorangan untuk mennghayati nilai-nilai baik, luhur, dan
layak untuk dipelajarai sebagai pedoman bertingkah laku bagi kehidupan pribadi
berhadapan dengan dirinya, masyarakat dan Tuhan. |
Albertus,
Doni Koesoema. 2010. Pendidikan
Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta :PT.Grasindo. |
4 |
Pendidikan karakter adalah kegiatan
pembelajaran untuk memfasilitasi peserta didik dan membiasannya agar mampu
menggunakan pengetahuan, mengkaji, dan menginternalisasi serta mempersonalisasi
nilai, mengembangkan keterampilan sosial yang memungkinkan tumbuh dan
berkembangnya akhlak mulia dalam diri siswa serta mewujudkannya dalam
perilaku sehari-hari. |
Digdoyo,
eko. 2019. Rumah Puspo Budaya Nusantara
Sebagai Pusat Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Tari Nusantara. Civic
Education Program, Universitas Negeri Semarang. |
5 |
Pendidikan karakter adalah proses mengajarkan
kebiasaan, cara bepikir dan perilaku yang membantu individu untuk hidup dan
bekerjasama sebagai keluarga, masyarakat dan bernegara dan membantu mereka
untuk membuat keputusan yang dapat dipertanggung jawabkan. |
Haryati,
S. (2012). pengembangan pendidikan
karakter menuju penguatan karakter dan jati diri bangsa di era global.
PKn Progresif. |
6 |
Pendidikan karakter merupakan usaha
menanamkan kecerdasan dalam berpikir, penghayatan dalam bentuk sikap dan
pengalaman dalam bentuk perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur. |
Retnaningrum,
Wulandari. 2018. Pendidikan karakter Bagi anak usia dini
perspektif islam.
Jurnal Warna Vol 2, No 2. |
7 |
Menurut Rahmat hidayat Pendidikan karakter
merupakan dinamika dan pengembangan kemampuan yang berkelanjutan dalam diri
manusia untuk menumbuhkan nilai, sehingga menghasilkan disposisi aktif dan
stabil dalam individu. |
Hidayat,
Rahmat. 2017. Core Ethical Values
Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam. Sabilarrasyad Vol. II No.
02 |
8 |
Menurut Muchlas Samani dan Hariyanto Pendidikan
karakter adalah upaya sadar dan sungguh-sungguh dari seorang guru untuk
mengajar nilai-nilai kepada para siswanya |
Samani,
Muchlas dan Hariyanto, 2011, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya |
9 |
Menurut David Elkind & Freddy Sweet: “character education is deliberate effort
to help people understand,care about and act upon core ethical value” |
Suparlan.
2010. Pendidikan Karakter: Sedemikian Pentingkah dan Apa yang Harus
Kita Lakukan. (Online), (http://www.suparlan.com) |
10 |
Pendidikan karakter adalah kegiatan mentransfer
sekaligus menanamkan karak ter-karakter luhur pada peserta didik sebagai
bekal dalam kehidupan bermasyarakat kelak |
Nugroho,
hary; Nurhana Marantika. 2019. Perencanaan
komunikasi pendidikan karakter bagi anak Berkebutuhan khusus sekolah dasar
muhammadiyah Kota madiun. Sahafa Journal of Islamic Communication Vol 1,
No 2. |
Itu tadi 10 pengertian para ahli mengenai pendidikan karakter. Bagi anda yang membutuhkan sumber refrensi terkait hasl belajar silahkan di copy dan digunakan dengan penuh tanggung jawab. Sebagai catatan perhatikan format daftar pustaka dan sesuaikan dengan format yang anda gunakan.
EmoticonEmoticon