Soal biologi tingkat kognitif C1 dimaksudkan untuk mengakses atau mengevaluasi hasil belajar siswa terkait ingatan. Ingatan pata pembelajaran biologi seperti fakta, konsep, pengertian, istilah dan sebagainya.
Acuan dalam mengenbangkan soal biologi C1 adalah taksonomi
bloom. Ada dua versi taksonomi bloom yaitu versi sebelum revisi (original) dan
versi terbaru taksonomi bloom revisi anderson yang sekarang lebih umum
digunakan. Jika ada mengamati terdapat perbedaan mendasar yang membedakan
taksonomi bloom sebelum dan sesudah revisi. Salah satunya adalah kognitf C1
sebelumnya adalah ingatan diubah menjadi bentuk kata kerja “mengingat”.
Taksonomi bloom mengkategorikan pengetahuan kognitif kedalam
6 tingkatan mulai dari C1-C6. Dimana C1 adalah kategori kemampuan kognitif
paling bawah dalam ilustrasi piramida kemampuan kognitif yang sering kita
temukan dibuku-buku . kendati C1 berada pada posisi paling bawah tetapi
kemampuan C1 tidak bisa disepelehkan karena menjadi dasar pengetahuan diatasnya
(C2-C6). Selain itu tingkatan kognitif tersebut bukanlah merupakan tingkat
kesulitan dengan kata lain boleh jadi ditemukan soal C1 yang sukar dikerjakan
dibandingkan C6.
Sub proses kognitif 1 (C1)
C1 Biologi adalah hal paling dasar. Soal untuk tujuan
mengakses kemampuan C1 siswa dapat dibuat dengan memperhatikan beberapa hal. C1
terdiri dari dua sub bagian yaitu :
1. Mengenali (recognizing)
2. Mengingat (recall)
Jadi soal dapat diarahkan ke kemampuan mengenali atapun
mengingat.
Kata Kerja Operasional C1
Dalam merumuskan soal, terlebih dahulu perlu disusun
indikator soal sebagai acuna dalam mengkonstruksi soal. Untuk kata kerja oprasional
C1 dapat menggunakan :
Mengutip
Menyebutkan
Menjelaskan
Menggambar
Membilang
Mengidentifikasi
Mendaftar
Menunjukkan
Memberi label
Memberi indeks
Memasangkan
Menamai
Manandai
Membaca
Menyadari
Menghafal
Meniru
Mencatat
Mengulang
Mereproduksi
Meninjau
Memilih
Menyatakan
Mempelajari
Mentabulasi
Memberi kode
Menelusuri
Menulis
Contoh 1 Soal Biologi C1
Indikator Soal : |
Menjelaskan
pengertian jaringan tumbuhan |
Butir Soal : Disebut apakah
sekelompok sel-sel yang sejenis dan memiliki fungsi yang sama pada tumbuhan? a. Jaringan tumbuhan b. Sistem organ
tumbuhan c. Organ akar d. Organ batang e. Organ daun |
Untuk soal ini menggunakan kata kerja oprasioal Menjelaskan.
Sub proses kognitifnya adalah tipe recall
. Soal ini mengakses kemampuan kognitif siswa berupa ingatan tentang
pengertian jaringan tumbuhan.
Contoh 2 Soal Biologi C1
Indikator Soal : |
Mengidentifikasi komponen
penyusun pada tumbuhan |
Butir Soal : Perhatikan gambar
berikut Ini Gambar tersebut adalah penampang batang. Tanda panah I pada gambar menunjukkan :
|
Contoh Soal C1 Biologi diatas merupakan tipe recognizing atau
mengenali. Disajika gambar siswa diminta untuk mengenali dan menyebutkan nama
dari setiap atau salah satu bagian yang diberi tanda.
Contoh 3 Soal Biologi C1
Indikator Soal : |
Menjelaskan fungsi
jaringan epidermis pada tumbuhan |
Butir Soal : Disebut apakah jaringan
dewasa yang berfungsi sebagai pelindung bagian dalam organ tumbuhan? a. Penyokong b. Pengangkut c. Epidermis d. Meristem e. Gabus |
Contoh 4 Soal Biologi C1
Indikator Soal : |
Menjelaskan pengertian
struktur dan fungsi jaringan farenkim |
Butir Soal : Disebut apakah jaringan
yang mengandung kloroplash ? a. Plastid b. Kolenkim c. Skelerenkim d. Stomata e. Palisade |
Contoh 5 Soal Biologi C1
Indikator Soal : |
Menjelaskan pengertian
jaringan penyokong |
Butir Soal : Apa yang dimaksud
dengan jaringan penyokong? a. Jaringan yang terletak
pada bagian luar setiap organ tumbuhan b. Jaringan dasar
yang ditemukan pada hampir semua jaringan tumbuhan c. Jaringan yang
mengangkut air dan zat hara d. Jaringan muda
yang terus membelah e. Jaringan yang menunjang bentuk tumbuhan |
EmoticonEmoticon