Contoh soal Biologi C2 tingkat kognitif memahami

Tags


Dalam menyusun insturmen untuk keperluan evaluasi kogitif mata pelajaran biologi ataupun mata pelajaran lainnya diperlukan acuan berupa taksonomi bloom. Jika merujuk pada taksonomi bloom ini (versi revisi anderson) anda akan menemukan 6 tingkat kognitif yaitu :

C1 : mengingat

C2 : memahami

C3 : menerapkan

C4 : Menganalisis

C5 : Mengevaluasi

C6 : Mencipta

Pada artikel ini akan dibahasa mengenai tingkat kognitif C2 melalui pemberian contoh soal biologi yang termasuk adalam ranah kognitif C2.



    Soal biologi C2

    Soal C2 adalah memahami. Sehingga soal C2 dimaksudkan untuk menilai Kemampuan kognitif C2 perserta didik setelah melalui proses pembelajaran. Ada beberapa dimensi proses kognitif dari C2 yaitu

    1.      Menafsirkan (interpreting)

    2.      Memberi contoh (exampliying)

    3.      Meringkas (summarizing)

    4.      Menarik inferensi (inferring)

    5.      Membandingkan (compairing)

    6.      Menjelaskan (explaining)


    KKO Soal C2 

    Dalam menyusun soal untuk mengakses pemahaman siswa diperlukan indikator soal yang dikonstruksi oleh KKO yang dapat diikur adapaun KKO atau kata kerja oprasional untuk soal tingkat kognitif C2 adalah sebagai berikut :

    ·        Memperkirakan

    ·        Menjelaskan

    ·        Mengkategorikan

    ·        Mencirikan

    ·        Merinci

    ·        Mengasosiasikan

    ·        Membandingkan

    ·        Menghitung

    ·        Mengkontraskan

    ·        Mengubah

    ·        Mempertahankan

    ·        Menguraikan

    ·        Menjalin

    ·        Membedakan

    ·        Mendiskusikan

    ·        Menggali

    ·        Mencontohkan

    ·        Menerangkan

    ·        Mengemukakan

    ·        Mempolakan

    ·        Memperluas

    ·        Menyimpulkan

    ·        Meramalkan

    ·        Merangkum

    ·        Menjabarkan


    Berikut contoh soal biologi tingkat kognitif C2 dalam format objektif.


    Contoh Soal 1 Biologi C2

    Indikator soal : Menjelaskan pengetian dan karakteristik limbah sebagai buangan hasil aktivitas manusia.


    Kegiatan Yang tidak menghasilkan bahan pencemar kimiawi jenis gas beracun adalah…..

    a.      Limbah yang keluar dari cerobong asap pabrik

    b.      Sampah buangan rumah tangga

    c.       Kegiatan gunung berapi

    d.     Kegiatan mencuci pakaian

    e.      Knalpot kendaraan


    Soal ini termasuk C2 untuk kategori proses kognitif “memberikan contoh” . Untuk menjawab pertanyaan ini peserta didik harus memiliki pemahaman mengenai pencemaran udara dan menggunakan pemehaman tersebut untuk mencari contoh kasus yang tidak termasuk pencemaran udara.

     

    Contoh Soal 2 biologi C2

    Indikator soal : Mengelompokkan limbah berdasarkan jenis senyawa dan wujudnya.

    Dua macam bahan pencemar yang menyebabkan ikan dan binatang air sungai mati antara lain…..

    a. CO2 dan H2O

    b. CO dan H2

    c. CH4 dan H2S

    d. H2O dan O3

    e. NO2 dan SO3

     

    Soal tesebut termasuk dalam soal memahami (C2) yang merupakan bagian dari dimensi proses kognitif menarik infensi dengan melakukan pengelompokan berdasarkan kategoti tertentu. Dalam konteks soal tersebut pengkategorian berupah bahan pencemar yang menyebabkan ikan dan binatang air sungan mati.

     

    Contoh soal 3 biologi C2

    Indikator soal : Mendeskripsikan dampak limbah bagi lingkungan dan kesehatan

    Kegiatan Yang merupakan perbuatan yang dapat mencegah atau mengurangi terjadinya pencemaran limbah adalah……

    a. Menggunakan pupuk dan pestisida dalam dosis yang tepat

    b. Mengubur barang bekas

    c. Membakar ban bekas ditengah jalan

    d. Mengganti knalpot standar dengan knalpot bronk

    e. Menguras bak mandi 1x sehari

     

    untuk soal 3 ini termasuk soal C2 dimana siswa diminta untuk mendeksripsikan kegiatan preventif pencemaran lingkungan. Kemampuan kognitif yang diakses disini adalah pemahaman siswa  tentang limbah dan langkah pencegahan pencemaran lingkungan.

     

    Contoh 4 soal biologi C2 Memahami

    Indikator soal : Mengidentifikasi jenis limbah yang dapat di manfaatkan tanpa daur ulang dan dengan daur ulang.

    Butir soal

    Berikut ini Yang biasa dikatakan sebagai polutan adalah……

    a. CO2 yang digunakan oleh tumbuhan untuk berfotosintesis

    b. Sisa pestisida yang dibuang ke sungai

    c. Deterjen yang digunakan untuk mencuci pakaian

    d. Plastik yang dipakai untuk menutupi media tanam tomat

    e. Pupuk dan pestisida yang digunakan dalam dosis yang tepat

     

    Soal ini mengakses pemahaman siswa mengenai jenis limbah yang termasuk polutan.

     

    Contoh 5 soal biologi C2 (essai)

    Indikator soal : Mendeskripsikan dampak limbah bagi lingkungan dan kesehatan

    Butir soal

    Jelaskan yang dimaksud dengan limbah korosif dan berikan contohnya !

     

    Soal ini menguji pemahaman siswa terkait limbah korosif. Meminta penjelasan termasuk dalam soal tingkat kognitif C2 untuk proses kognitif menjelaskan (explaining) dan untuk memberikan contoh dapat menguji sejauh mana kemampuan kongitif c2 siswa tentang limbah korosif secara exampliying.

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon