Contoh Soal biologi tingkat Kognitif C3

Tags



Soal biologi C3 atau tingkat kognitif C3 pada taksonomi bloom versi revisi oleh anderson dkk adalah mengaplikasikan/menerapkan. C3 adalah pertengahan dari kognitif C1-C6 dan merupakan bagian puncak dari Low order thinking skills. Soal biologi C3 adalah mengaplikasi kosep, fakta ataupun prosedur dari materi. Karena itu tujuan untuk soal C3 untuk mata pelajaran biologi dan mata pelajaran pada umumnya bertujuan untuk mengakses hasil belajar anak terkait aplikasi fakta, konsep maupun prosedural.

 

Dimensi Proses kognitif dari C3 terdiri dari Menjalankan (executing) dan Mengimplementasikan (Implementing).  Dalam menkonstuksi soal untuk mengakses C3 materi biologi dapat menggunakan kata kerja oprasional sebagai berikut : Menugaskan Mengurutkan Menentukan Menerapkan Menyesuaikan Mengkalkulasi Memodifikasi Mengklasifiksi Menghitung Membangun Mengurutkan Membiasakan Mencegah Menggambarkan Menggunakan Menilai Melatih Menggali Mengemukakan Mengadaptasi Menyelidiki Mengoperasikan Mempersoalkan Mengkonsepkan Melaksanakan Meramalkan Memproduksi Memproses Mengaitkan Menyusun Mensimulasikan Memecahkan Melakukan Mentabulasi.

 


    Contoh 1 soal biologi C3

    I.             FSH

    II.           Progesteron

    III.          Esterogen

    IV.         Testosteron

    V.           LH

    Hormon yang dapat mempengaruhi proses ovulasi adalah

    a.  I dan V

    b.    II dan III

    c.    I dan II

    d.    IV dan V

    e.    II dan IV

     

    Soal ini Biologi C3 sub materi Reproduksi. Soal bertujuan untuk mengakses pengetahuan siswa mengenai aplikasi atau fungsi hormon dalam proses terkait reproduksi.



    Contoh 2 soal biologi C3

    Pada percobaan perendaman pangkal batang yang telah dipotong dalam larutan eosin, dapat dipastikan jaringan yang lebih dahulu berwarna merah adalah?

    a. Epidermis

    b. Parenkim

    c. Skelerenkim

    d. Xylem

    e. Floem

     

    Soal ini adalah soal C3 executing, soal mengambarkan rangkai prosedur dimana siswa diminta untuk menentukan jenis jaringan pada kriteria tertentu berdasarkan skema prosedural yang diilustrasikan.

     

    Contoh 3 soal biologi C3

    Bagian tanaman Agave dan Hibiscus sabdarifera yang dapat dibuat tali, sebenarnya adalah?

    a. Serat skelerenkim

    b. Kolenkim

    c. Trakeid

    d. Skelereid

    e. Xylem

     

    Contoh 3 ini adalah soal C3 langsung menyertakan konteks aplikatif dari bagian tanaman.

     

    Contoh 4 soal biologi C3

    Apa jenis modifikasi epidermis pada tanaman bambu (famili Gramineae)?

    a. Trikomata

    b. Sel kipas

    c. Duri

    d. Vilamen

    e. Sel gabus

     

     

    Contoh 5 soal biologi C3

    Inseminasi buatan adalah salah satu teknologi reproduksi yang dilakukan dengan cara .....

    a.  Memasukan sperma ke dalam vagina oleh seorang ahli kesehatan

    b.    Pengambilan ovum yang belum matang dengan alat, dan dimatangkan di dalam cawan, kemudian direaksikan dengan sperma dan diimplantasikan kedalam rahim

    c.    Penyuntikan satu sel sperma langsung ke sebuah telur

    d.    Membuat rintangan terhadap lintasan sperma

    e.    Pemotongan dan pengikatan saluran sperma dan saluran ovum

     

    Contoh 6 soal biologi C3

    Masa kehamilan adalah masa antara .....

    a.    Terlepasnya sel telur dari ovarium hingga kelahiran

    b.  Penanaman zigot hingga terjadinya kelahiran

    c.    Pembuahan hingga terjadinya kelahiran

    d.    Pembuahan dengan terjadinya penanaman zigot dalam rahim

    e.    Kelahiran hingga perkembangan embrio

     

    Contoh 7 soal biologi C3

    Urutan perkembangan zigot yang benar sebelum implantasi adalah .....

    a.    Gastrula-morula-blastula

    b.    Blastula-gastrula-morula

    c.    Morula-blastula-gastrula

    d.  Morula-gastrula-blastula

    e.    Blastula-morula-gastrula

     

     

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon