Water Jet Cutter-Aplikasi Mekanika Fluida

Dalam dunia industri logam adalah material yang sangat dibutuhkan baik dalam mesin, rangka bangunan, pipa, dan lain sebagainya. Logam logam tersebut pastinya memiliki bentuk yang berbeda sesuai dengan fungsi yang akan dijalankan olehnya. Bayangan anda mungkin untuk memotong logam agar bisa dirakit sedemikan rupa pasti mengunakan mesin robotik super kuat kan ? namun ternyata logam sekalipun dapat di potong hanya dengan mengunakan air. Bagaimana caranya ?

Water Jet Cutter_aplikasi mekanika fluida


Water Jet cutter

Caranya adalah dengan sistem yang disebut water jet cutter. Seperti namanya Jet cutter, air disini di aplikasikan sebagai pemotong dengan cara menekan air satu arah melalui cela sempit sehingga menyebabkan air begerak dengan kecepatan tinggi hingga mencapai kecepatan supersonic 900 m/s.

Baca Juga : Menghasilkan listrik dari bakteri

Sistem Kerja Water Jet Cutter

Secara halus sistem kerja dari water jet cutter sangat sederhana cukup dengan membuat tandon ait ukuran besar kemudia mebuat alur aliran menuju cela sempit sebagai pengendali fokus aliran dan tekanan pada air. pembukaan nosel atau cela air dirancang dengan ukuran cela berdiameter sangat kecil sekitar 0,004 sampai 0,016 in  atau 0,1 sampai 0,4 mm. untuk meberikan tekanan pada air digunankan sistem pascal dengan meberikan tekanan pada salah satu bagian tandon pada skala tekanan tertentu.
Meskipun terdengar sangat simpel namun nyatanya dalam sejarah banyak kegagalan dalam sistem ini perlu teknologi yang mendukung pengaplikasian water jet cutter ini, salah satu penyebabnya adalah rentangnya kerusakan pada instrumen yang digunakan akibat menahan tekanan yang sangat besar oleh air.

Keuntungan Water Jet Cutter

Hingga saat ini sejumlah besar industri terah beralih ke water jet cutter dan sejenisnya. Water jet cutter hingga saat ini merupakan sistem cutter logam paling ramah lingkungan. Berbeda dengan sistem pemotong lainya misalnya pemotong diesel yang banyak menghasilkan limbah dengan water jet cutter limbah buangan bahkan mencapai 0% dalam artian lain sangat ramah lingkungan.  Selain itu water jue cutter disebut juga sistem cold cutter atau pemotong dingin yang dapat memotong tanpa menyebabkan reaksi panas sehingga dampak negatif akibat suhu pada logam tidak perlu dikhawatirkan lagi.  

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon