Solusi mengatasi Global Warming dengan Metode SAI

Tags

Global Warming saat ini masih menjadi masalah yang meresahkan dunia. Peningkatan suhu permukaan bumi yang kita rasakan saat ini merupakan hal yang harus segera diatasi dan tidak boleh ditunda-tunda lagi. Para peneliti dunia terus mencari solusi untuk mengatasi Global warming ini. Salah satu cara yang mereka temukan untuk mengatasi global warming ini adalah dengan mengunakan metode stratospheric aerosol injection (SAI).

Stratospheric Aerosol Injection (SAI) adalah solusi yang pantas untuk dicoba. Metode ini adalah dengan mengirim sulfat ke lapisan stratosfer. SAI merupakan metode hasil penelitian baru yang diterbitkan di Environmental Research Letters. Metode ini hingga saat ini masih dalam proses perencanaan dan kalkulasi berapa biaya yang dibutuhkan untuk bisa mengirim material gas sulfida ke stratosfer bawah bumi.

Baca juga : Sebelum hujan udara di malam hari serasa panas. Kenapa ya ? Fisika menjelaskan

gas Sulfida seperti dimetil sulfida, sulfur dioksida atau hidrogen sulfida ditengarai dapat menjadi solusi untuk mengurangi dampak effek rumah kaca yang menjadi duduk masalah pemanasan global. selain dari material tersebut peneliti juga menyiapkan material cadangan yang dapat digunakan seperti particel photophoretic, titanium dioksida dan berlian dengan perkiraan dapat menghasilkan effect yang sama atau lebih baik.


SAI - Solusi mengatasi Global Warming
SAI (sumber gambar : wikipedia.com)

Material yang dipillih adalah jenis material yang dapat memantulkan sabagian besar radiasi matahari sebelum menyentuh permukaan bumi. hal ini merujuk pada salah satu penyebab terjadinya pemanasan global adalah radiasi matahari yang terjebak akibat effek yang sering disebut dengan efek urumah kaca. dengan penyeprotan material dalam bentuk aerosol di ketinggian tertentu dapat membantu bumi memantulkan sinar radiasi matahari.

Baca Juga : Teori : Sains bisa membuat manusia abadi

Proyek ini direncanakan akan menjadi proyek jangka panjang dengan interval injection atau pengiriman material ke stratosfer setahun sekali dengan jangka waktu percobaan pertama selama 15 tahun (IOP: Publishing). untuk menunjang keberasilan SAI dibutuhkan pesawat dengan desain khusus untuk mengangkut material hingga ketinggian startosfer paling bawah dari lapiasan atmosper bumi




Artikel Terkait


EmoticonEmoticon