Sejarah Singkat perkembangan Teknologi AC di Dunia

Sejarah Singkat perkembangan Teknologi AC di Dunia
Meskipun Anda mungkin menganggap pendingin udara sebagai penemuan modern, konsep mendinginkan interior bangunan sebenarnya sudah ditemukan pada awal abad ke 2. Di Cina abad ke-2, penemu Ding Huan dari Dinasti Han muncul dengan gagasan kipas putar bertenaga manual, dan kipas bertenaga air yang dikembangkan di berbagai istana Kekaisaran.

Abad Pertengahan juga bereksperimen dengan berbagai struktur pendingin; misalnya, menara angin (juga dikenal sebagai penangkap angin) yang dibangun di tempat-tempat seperti Iran untuk menciptakan ventilasi yang didinginkan secara alami menggunakan arsitektur cerdik untuk menarik udara dingin dari kolam sublevel atau aliran air, dan menjaga ruang udara di dalam bangunan lebih dingin dari luar. Struktur ini telah digunakan selama berabad-abad untuk mendinginkan masjid dan rumah.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Huawei Nova 3 Terbaru


Memang, penangkap angin adalah alat pendingin yang sangat efektif sehingga mereka mampu menyimpan air pada suhu yang mendekati titik beku, bahkan selama musim panas.

Namun, baru pada tahun 1820 ilmuwan dan penemu Inggris, Michael Faraday, mengambil langkah besar sebagai pendingin udara, ketika ia menemukan bahwa mengompresi dan mencairkan amonia dapat dengan cepat mendinginkan udara. Penemuan ini mengarah pada pengembangan lebih lanjut, dan akhirnya penciptaan buatan unit pendingin udara dan es; meskipunpada awalnya teknolig pendingin ini digunakan untuk mendinginkan udara untuk keperluan industri.

Pada tahun 1902, Willis Carrier menemukan unit pendingin udara modern pertama, yang tidak hanya dapat mengontrol suhu, tetapi juga kelembaban. Ini sangat penting bagi pabrik percetakan pada waktu itu, yang perlu mempertahankan kondisi konstan untuk dimensi kertas dan pelurusan tinta. Efek samping dari ini adalah meningkatkan produktivitas karyawan karena mereka dapat bekerja lebih cepat dalam kondisi yang menyenangkan, dan dengan demikian ide untuk menggunakan pendingin udara di rumah dan mobil lahir.

Pendingin udara awal menggunakan gas berbahaya atau mudah terbakar seperti amonia, metil klorida dan propana, yang dapat menyebabkan cedera atau kematian jika bocor. Selanjutnya, pencarian pendingin yang lebih aman membawa CFC pertama - Freon - pada tahun 1928, tetapi kemudian ditemukan bahwa cfc dapat merusak lapisan Ozon di atmosfer, dan tidak lagi digunakan.

Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Samsung A8s


Sebaliknya pendingin yang paling umum adalah HFC yang disebut R-22, yang jauh lebih aman bagi manusia dan atmosfer; versi R-22 yang lebih baru dan lebih ramah lingkungan juga telah dikembangkan untuk digunakan dalam sistem pendingin udara yang lebih baru, terutama di Inggris di mana peraturan lingkungan sangat ketat.

Pertumbuhan AC di rumah-rumah dan bisnis di seluruh dunia telah memungkinkan manusia untuk hidup dengan nyaman di tempat yang seharusnya tidak nyaman, jika tidak di daerah yang tidak ramah. Di negara-negara seperti Australia, Jepang, sebagian besar Amerika Serikat dan sebagian besar Amerika Selatan, bangunan ber-AC adalah norma, dan mereka terus membuat orang tetap tenang, di dunia yang terus menghangat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon