Perjalanan demokrasi di Indonesia



jika kembali ke sejarah sistem demokrasi yang dianut bangsa Indonesia sejak pertama kali mendeklarasikan kemerdekaan tahun 1945 tidak sama dengan sistem demokrasi yang kita rasakan saat ini.  Indonesia  adalah suatu negara yang mengalami beberapa kali perubahan ataupun pergantian sistem demokrasi.  Pada kesempatan kali ini melalui artikel ini kita sama-sama belajar Salah satu materi yang sering muncul dalam tes CPNS terutama untuk tes wawasan kebangsaan yaitu tentang perjalanan demokrasi Indonesia.

    Pada tahun 1945-1959

    Tahu 1945  tepatnya pada tanggal 18 Agustus 1945 Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya   secara de facto.  namun kenyataannya pernyataan kemerdekaan secara de facto tidak lantas membuat para penjajah menyerah dan kembali ke tanah air mereka melainkan dengan berbagai cara mereka berupaya untuk kembali menjajah kan kekuasaan mereka di negara kita kala itu.

    pada tahun 1995 sampai 1959 Indonesia menerapkan demokrasi parlemen.  Jika  demokrasi parlemen berarti kepala pemerintahan adalah perdana menteri Sementara presiden hanya bertindak sebagai simbol negara Atau simbol kepala negara saja.  alasan di balik terpilihnya ataupun dipilihnya demokrasi parlemen sebagai sistem demokrasi kalah itu karena kepentingan Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan.

    Tahun 1946 sampai 1959  keadaan Indonesia belum kondusif.  dengan politik memecah belah  penjajah Belanda berusaha kembali menduduki tanah air Indonesia.   awal kedatangan belanda ke indonesia Dan upaya untuk memperjuangkan kemerdekaan jalan jalur diplomasi ditolak mentah-mentah oleh pimpinan Belanda kalah itu karena perihal Soekarno menjadi kepala negara tidak dipercaya lagi oleh Belanda Alasannya karena Soekarno dianggap sebagai penghianat karena menjalin hubungan dengan Jepang.   oleh karena itu Indonesia kemudian Mengubah sistem pemerintahan menjadi sistem pemerintahan parlemen dan diangkatlah Sutan Syahrir sebagai Perdana Menteri pertama Anak Allah itu nama sultan Syahril beserta partainya sedang naik daun dan memperoleh perlakuan yang cukup baik dengan kolonial.

    Indonesia tahun 1959-1965

    tahun 1959-1965 di kenala sebagai orde lama.  Pada masa ini sistem demokrasi Indonesia diubah dari yang sebelumnya sistem parlemen diubah menjadi demokrasi  terpimpin. Inti dari Apa yang dimaksud sistem demokrasi terpimpin ini adalah bahwa segala sesuatu Atau segala urusan negara itu dipimpin atau di bawah kendali 1 orang yaitu pimpinan negara dalam hal ini presiden.

    Indonesia tahun 1965-sekarang

    era ini atau rentang tahun ini di Indonesia dikenal sebagai Nama atau istilah Orde Baru.  pada era ini juga terjadi pergantian presiden dari sebelumnya Presiden Soekarno digantikan oleh Presiden Soeharto. Pada tahun 1965 juga merupakan bagian dari sejarah kelam bahasa Indonesia. tanggal 30 September 1965 terjadi pergolakan di tanah air hingga menelan korban jiwa hingga  3 juta orang. Peristiwa itu di buku-buku sejarah kita kenal sebagai G30SPKI.

    pada Orde Baru ini sistem demokrasi yang diterapkan Indonesia kemudian berganti lagi menjadi sistem demokrasi Pancasila.  melalui sistem demokrasi Pancasila sesuai dengan fakta berusaha menumbuhkan ataupun menjadikan Pancasila sebagai dasar untuk berdemokrasi.

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon