Pengertian Tes CAT CPNS dan Kepanjangan Tes CAT

Pengertian Tes Cat dan Kepanjangan dari tes CAT | bagi anda yang belum pernah mengkuti Tes CPNS mungkin masi bertanya-tanya apa itu tes CAT ? beberapa tahun terakhir tes CPNS dan tes lainnya yang diselenggarakan resmi oleh pemerintah menggunakan sistem CAT. bagi anda yang hendak mengikuti tes CPNS di tahun 2020 ini ada baiknya anda menetahui apa itu Tes CAT.




Pengertian CAT CPNS 

apa itu cat ? bagaimana tes cat itu ? pertama kali saya mengikuti tes dengna sistem cat pada CPNS 2018 lalu. Saat itu saya mengikuti TES Cat CPNS 2018 pada tahun 2019 di kota palu sulawesi tengah yang di delay prihal gempa bumi yang terjadi di tahun 2018. 

sistem CAT adalah akronim dari Computer Asisted Test yang jika diartikan dalam bahasa indonesia berarti Tes dibantu oleh komputer. 

seluru tes mulai dari pengimputan identitas peserta seperti Nama dan NO tes sampai kepada pengisian jawaban di lakukan dengan bantun sistem komputer. bukan hanya itu dengan adanya sistem otomatis anda tidak perlu menunggu hasil tes selama berminggu-minggu karena saat anda selesai mengerjakan soal ataupun saat waktu pengerjaan soal habis secara otomasti nilai anda akan keluar.hebat kan

pada tes CAT seperti pengalaman saya saat tes CPNS tahun 2019 lalu perangkat CAT menggunakan laptop ukuran kira-kir 10 inci. laptop memang lebih "aman" digunakan mengingat laptop punya baterei cangandan sehingga tidak perlu banyak kabel supply di ruangan.

Navigasi sistem CAT menggunakan Mouse yang membuat sata saat itu kuran nyaman karena sebelumnya tidka pernah menggunakan MOUSE sementara keypad laptop yang tesebut tidak bisa digunakan. 

tes CAT tidak seribet yang dibayangkan. Sistem CAT dirancang bisa digunakan oleh siapa saja dengan mudah bahkan oleh orang yang tidak terbiasa dengan laptop atau perangkat komputer.
Layar awal tes CAT berisi kolom untuk mengiput nomor tes dan kode loging. anda akan mengakses soal setelah mengiput nomor tes dan kode loging tersebut.

seluru tes CPNS disajikan dalam sebuah sistem yang bisa diakss ulang. dibilah kanan layar akan menunjuukan berapa soal yang sudah terjawab yang di indikasikan dengan warna hijau dan berapa soal yang belum anda jawab.

sekedar info di tes CPNS terdiri dari 100 nomor (bukan kaleng-kaleng memang ya) terbagi menjadi 3 subtansi materi yaitu 
  1. Tes intelgensi umum (TIU)
  2. Tes Wawasan dan kebangsaan (TWK) dan 
  3. Tes karakteristik Pribadi (TKP)
sistem penskorannya untuk tes intelegensi umum dan tes wawasan kebangsaan adalah 0 jika jawaban salah dan 5 poin jika jawaban anda benar. sementera untuk tes karakteristik pribadi tidak ada nilai 0 setiap option atau jawaban mempunyai rentang nilai dari 1 sampai 5.

pada layat Sistem CAT akan muncul timer yang menunjukkan waktu yang tersisah saat mengejakan soal. jika waktu habis secara otomatis akan muncul nilai hasil kerja anda jadi tidak perlu log out karena selesai atau tidak selesai sistem CAT akan secara otomatis log out dengan sendirinya.

demikian guys semoga artike Pengertian Tes CAT CPNS dan Kepanjangan Tes CAT bisa bemanfaat dalam rangka menambah wasasan mengenai CAT.

kemudian bagi anda yang hendak mengkikuti TES CPNS pada tahun 2020 ini saya doakan semoga kita bisa memberikan hasil yang maksismal dan tentunya hasil maksimal yang dimaksud adalah bisa lulus dan menjadi ASN.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon