Perbedan prestasi Belajar dan Hasil Belajar

Pembelajaran disekolah, jenjang pendidikan apapun itu selalu melibatkan tindakan evaluasi. Evaluasi bertujuan untuk memberikan data gambaran kualitas dari pembelajaran yang dilakukan. Evaluasi selalu terkait dengan dua istilah yang sering dipertanyakan perbedaannya yaitu hasil belajar dan prestasi belajar.

Jadi apa perbedaan hasil belajar dan prestasi belajar ? hal ini akan dibahas melalui artikel kali ini.


Untuk memahami perbedaan antara prestasi belajar dan hasil belajar hendaknya di tinjau dari pengertiannya masing-masing.


Baca juga : Pendidikan di Finlandia tidak Memberikan PR

Pengertian Hasil belajar Menurut Ahli


Menurut Kunandar hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah melalui proses pembelajaran. Kemampuan tersebut terdiri dari kognitif, afektif maupun psikomotorik sesuai dengan taksonomi bloom.


Hal tersebut menyatakan bahwa hasil belajar hanya ada setelah belajar, tanpa melalui proses belajar sebaik apapun kemampuan siswa tidak akan tercatat sebagai sebuah hasil belajar.


Hasil belajar menurut Udin S Winataputra, adalah bukti dari keberhasilan yang telah dicapai siswa yang dicirikan oleh perubahan yang khas pada diri siswa. Hasil belajar dapat diukur melalui indikator (ciri khas) perubahan pada diri siswa.


Menurut Darmansyah, hasil belajar merupakan hasil evaluasi dari kemampuan siswa yang ditentukan dalam bentuk angka. Karena melibatkan angkan maka hasil belajar dapat digolongkan menjadi rendah, sedang dan tinggi.


Pengertian Prestasi belajar Menurut Ahli


Dalam kemus besar bahasa indonesia (KBBI) dua kata pretasi dan belajar diartikan secara utuh dalam satu kesatuan yaitu merupakan penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan melalui mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau nilai yang diberikan oleh guru


Prestasi belajar menurut Winkel adalah bukti keberhasilan yang menunjukkan hasil maksimum yang bisa dicapai seorang siswa.


Sumadi Suryabrata mengatakan bahwa Hakikat prestasi belajar adalah sebagai hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar


Baca juga : 4 Kata Tabu yang tidak boleh guru Ucapkan


Kesimpulan : Perbedaan hasil belajar dan prestasi belajar.


Sekilas tampak bahwa prestasi belajar dan hasil belajar adalah sebuah istilah yang sama. Kadang juga suatu pendapat menyatakan bahwa prestasi belajar adalah hasil belajar. Namun, masih ada beberapa poin esensial yang bisa dijadikan pembeda antara prestasi belajar dan hasil belajar. Apa itu ?

1.  Banyak pengertian ahli yang menyebutkan bahwa prestasi adalah hasil belajar. Namun tidak ada yang menyatakan hasil belajar adalah prestasi dengan kata lain. Jika di tinjau dari generalisasinya hasil belajar lebih umum dari pretasi belajar yang sifanya lebih spesifik.

2. Perbedaan prestasi belajar dengan hasil belajar lainnya yaitu hasil belajar bersifat kuantitatif dengan menunjukkan nilai tes seperti 70, 80, 90, 100 atau A, B, C. Sedangkan prestasi belajar adalah bersifat kualitatif ditunjukkan dengan penguasaan terhadap ilmu pengetahuan, keterampilan dan juga sikap.

3. Penilaian prestasi belajar siswa diukur satu kali setelah semua kegiatan pembelajaran yang direncakana dalam program belajar dilakukan. Sedangkan hasil belajar dilakukan berkali-kali. Hasil belajar adalah patokan untuk menentukan prestasi belajar siswa.

4. Prestasi belajar meninjau secara keseluruhan dan melibatkan semua mata pelajaran. Sementara hasil belajar sifatnya lebih spesifik ke mata pelajaran tertentu.


Demikian pembahasan mengenai perbedaan antara prestasi belajar dan hasil belajar siswa. Keduanya dapat dibedakan dari beberapa poin. Nampak bahwa agak sulit untuk mencari benang pemisa jika hanya ditinjau dari definisi saja.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon