Pembelajaran disekolah, jenjang pendidikan apapun itu selalu melibatkan tindakan evaluasi. Evaluasi bertujuan untuk memberikan data gambaran kualitas dari pembelajaran yang dilakukan. Evaluasi selalu terkait dengan dua istilah yang sering dipertanyakan perbedaannya yaitu hasil belajar dan prestasi belajar.
Jadi apa perbedaan hasil belajar dan prestasi belajar ?
hal ini akan dibahas melalui artikel kali ini.
Untuk memahami perbedaan antara prestasi belajar dan
hasil belajar hendaknya di tinjau dari pengertiannya masing-masing.
Baca juga : Pendidikan di Finlandia tidak Memberikan PR
Pengertian Hasil belajar Menurut Ahli
Menurut Kunandar hasil belajar adalah kemampuan yang
dimiliki siswa setelah melalui proses pembelajaran. Kemampuan tersebut terdiri
dari kognitif, afektif maupun psikomotorik sesuai dengan taksonomi bloom.
Hal tersebut menyatakan bahwa hasil belajar hanya ada
setelah belajar, tanpa melalui proses belajar sebaik apapun kemampuan siswa
tidak akan tercatat sebagai sebuah hasil belajar.
Hasil belajar menurut Udin S Winataputra, adalah bukti dari
keberhasilan yang telah dicapai siswa yang dicirikan oleh perubahan yang khas
pada diri siswa. Hasil belajar dapat diukur melalui indikator (ciri khas)
perubahan pada diri siswa.
Menurut Darmansyah, hasil belajar merupakan hasil evaluasi
dari kemampuan siswa yang ditentukan dalam bentuk angka. Karena melibatkan
angkan maka hasil belajar dapat digolongkan menjadi rendah, sedang dan tinggi.
Pengertian Prestasi belajar Menurut Ahli
Dalam kemus besar bahasa indonesia (KBBI) dua kata
pretasi dan belajar diartikan secara utuh dalam satu kesatuan yaitu merupakan penguasaan
pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan melalui mata pelajaran,
lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau nilai yang diberikan oleh guru
Prestasi belajar menurut Winkel adalah bukti
keberhasilan yang menunjukkan hasil maksimum yang bisa dicapai seorang siswa.
Sumadi Suryabrata mengatakan bahwa Hakikat prestasi belajar
adalah sebagai hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar
Baca juga : 4 Kata Tabu yang tidak boleh guru Ucapkan
Kesimpulan : Perbedaan hasil belajar dan prestasi belajar.
Sekilas tampak bahwa prestasi belajar dan hasil belajar
adalah sebuah istilah yang sama. Kadang juga suatu pendapat menyatakan bahwa
prestasi belajar adalah hasil belajar. Namun, masih ada beberapa poin esensial
yang bisa dijadikan pembeda antara prestasi belajar dan hasil belajar. Apa itu
?
1. Banyak pengertian ahli yang menyebutkan bahwa prestasi adalah hasil
belajar. Namun tidak ada yang menyatakan hasil belajar adalah prestasi dengan
kata lain. Jika di tinjau dari generalisasinya hasil belajar lebih umum dari
pretasi belajar yang sifanya lebih spesifik.
2. Perbedaan prestasi belajar dengan hasil belajar lainnya yaitu hasil
belajar bersifat kuantitatif dengan menunjukkan nilai tes seperti 70, 80, 90,
100 atau A, B, C. Sedangkan prestasi belajar adalah bersifat kualitatif
ditunjukkan dengan penguasaan terhadap ilmu pengetahuan, keterampilan dan juga
sikap.
3. Penilaian prestasi belajar siswa diukur satu kali setelah semua kegiatan
pembelajaran yang direncakana dalam program belajar dilakukan. Sedangkan hasil
belajar dilakukan berkali-kali. Hasil belajar adalah patokan untuk menentukan
prestasi belajar siswa.
4. Prestasi belajar meninjau secara keseluruhan dan melibatkan semua mata
pelajaran. Sementara hasil belajar sifatnya lebih spesifik ke mata pelajaran
tertentu.
Demikian pembahasan mengenai perbedaan antara prestasi
belajar dan hasil belajar siswa. Keduanya dapat dibedakan dari beberapa poin.
Nampak bahwa agak sulit untuk mencari benang pemisa jika hanya ditinjau dari
definisi saja.
EmoticonEmoticon