Cara Mudah Mengambil file dari Hardisk yang Rusak

Sebelum masuk ke tutorial bagaimana cara mengambilikan file di hardisk yang rusak ada baiknya kita spesifikkan dulu istilah hardisk rusak yang dimaksud itu bagaimana. hardisk rusak yang dimaksud pada pembahasan ini adalah bukan rusak akibat faktor external seperti pernah kesiram air ataupun fisik hardisk terbakar melainkan lebih kepada system hardisk misalnya integrity Disk error, Normal Bad Sector dan sejenisnya.

Pada kasus seperti Normal bad sektor hardisk sudah tidak layak lagi digunakan pada perangkat komputer atau laptop dan sebaiknya diganti dengan hardisk yang baru. Mempertahankan hardisk yang bad sektor pada perangkat anda biasanya dapat menyebabkan masalah berupa perangkat yang sering blank atau muncul BSOD. Jika anda menemukan gejala-gejala bad sektor segeralah ganti agar bad sektor hardisk tidak bertambah parah.



Selama dalam kasus masih normal bad sektor anda masih dapat mengambil file-file penting yang ada dalam hardisk anda. 

Permasalah prakara tidak bisa mengambil file dalam hardisk yang rusak bisanya karena perangkat komputer atau laptop kita sudak tidak bisa lagi mengakses jendela eksplorer akibat blank atau hang saat mencoba membukan eksplorer. Namun, pada keadaan kerusakan bad sektor yang dialami hardisk masih normal maka anda bisa mengunakan trik mengunakan USB SATA converter dan menghubungkannya melalui colokan usb perangkat anda. 

Unuk itu tentu saja hal yang pertama dilakukan adalah melepas hardisk dari perangkat anda. 



Ada dua filamen pada hardisk yang harus anda ketahui fungsinya yaitu konektor power dan konektor data. Anda bisa menghubungkannya dengan kabel yang sesuai. 


Hardisk Rusak
Namun tak perlu bingung untuk ini ada cara instannya yaitu langsung saja beli USB SATA konventer sekaligus kasing untuk hardisk .


USB SATA Konventer

semoga bisa membantu anda untuk mengatasi masalah tidak bisa mengambil file di hardisk yang rusak. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon