Jenis Produk Penghasil keuntungan dari berternak Lebah Madu



Budidaya lebah madu untuk produksi madu jika ditekuni secara sungguh-sungguh  bisa mendatangkan penghasilan atau profit yang cukup besar. Hal ini mengingat tingginya harga harga madu di pasaran.  Sebenarnya produk dari lebah madu tidak hanya dalam bentuk madu tapi beberapa produk lainnya yang harganya lebih mahal,  propolis misalnya. 

Beternak lebah madu bagi peternak dapat mendatangkan manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung.  Dengan teknik budidaya yang tepat seorang pembudidaya atau peternakan lebah madu dapat menghasilkan profit besar melalui produksi produk hasil ternak lebah madu seperti misalnya madu,  royal jelly, sisiran sarang,  pollen dan propolis. 

Baca juga : Jenis-jenis Lebah Penghasil Madu (apis) yang sering diBudidayakan

Madu


Madu merupakan produk utama dari lebah.  Madu adalah cairan atau zat dengan rasa manis alami yang dihasilkan lebah dengan bahan baku berupa nektar dan saripati bunga.   Nektar berasal dari semua tanaman yang menghasilkan bunga baik itu tanaman dalam bentuk bunga sendiri ataupun tanaman berbuah sebelum buah terbentuk. 

Jika dilihat dari struktur kimia madu merupakan suatu senyawa dengan struktur kompleks.  Dalam madu terkandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh.  Nutrisi-nutrisi tersebut antara lain besi,  fosfor,  kalium,  kalsium,  magnesium,  mangan,  fiboflavin,  vitamin B6,  niasin,  triptofan,  asam pathenic,  lisin,  treonin,  arginin,  tirosin,  asam glutamat,  asam aspartat,  serin,  asam amino,  mineral dan  beberapa jenis vitamin yang sangat berguna untuk tubuh dalam meregenerasi selsel dan organ-organ tubuh.

Dari segi kegunaan terutama dalam bidang kesehatan madu merupakan cairan dengan sejuta manfaat. Madu dapat digunakan untuk pengobatan dalam dengan cara diminum ataupun digunakan untuk mengobati luka luar misalnya untuk mengobati beberapa jenis penyakit kulit. 

Dari dulu hingga sekarang madu merupakan produk dengan harga yang stabil di pasaran dan juga dengan konsumen tetap dalam jumlah yang banyak.  Tak heran karena madu merupakan keperluan rumahan yang selalu ada di setiap rumah. Harga madu murni di pasaran berkisar antara Rp400.000 per kilogramnya. 

Hitung-hitung profit misalnya peternak lebah jenis trigona.  Dari beberapa jenis lebah madu yang sering diternakkan trigona merupakan jenis lebah madu dengan produksi madu yang yang terkecil dibandingkan jenis lainnya misalnya dibandingkan dengan madu celana. Sehingga kita dapat menjadikan lebah trigona ini sebagai standar minimum profit penghasilan peternak lebah.  Dalam satu tahun rata-rata lebah trigona dapat memproduksi sekitar 50 sampai 60 kg madu murni berkoloni.  Harga pasaran madu murni dari lebah trigona berkisar antara Rp400.000 per kilogramnya.  Jadi profit rata-rata yang bisa dihasilkan dari 1 koloni lebah jenis trigona sekitar 20 sampai 24 juta setiap tahunnya Nah ini baru satu koloni Bagaimana jika anda membudidayakan an-nabi dari 1 koloni.

Dalam pengolahannya madu tidak hanya dapat dipasarkan dalam bentuk murni tetapi dapat dikombinasikan dengan bahan-bahan alami lainnya dan menghasilkan produk madu spesifik untuk keperluan tertentu.  Misalnya nya anda mungkin sering menemukan madu dengan kegunaan khusus misalnya madu untuk meningkatkan berat badan,   madu untuk mengobati penyakit maag,  Madu Diet,  madu penyubur kandungan dan lain-lain.

Royal jelly


Royal jelly dari segi tampilan fisik berupa cairan putih seperti susu.  Berbeda dengan madu yang rasanya manis,  royal jelly mempunyai rasa agak masam ke pahit pahitan Dan memiliki bau yang tajam.   Royal jelly ini hanya diproduksi oleh lebah pekerja yang masih mudah.  Bahan baku utama dari royal jelly adalah tepung Sari tanaman.

Royal jelly ini punya banyak sekali manfaat mulai dari meningkatkan imun tubuh pertama untuk penderita alergi,  meningkatkan kadar kolagen untuk kesehatan kulit,   membantu menyembuhkan luka,  menurunkan tekanan darah bagi orang yang menderita hipertensi,  perawatan rambut misalnya untuk mengatasi kerontokan rambut atur rambut kering dan masih banyak kegunaan lainnya. 


Mengenai harga dari royal jelly,   harganya cenderung lebih mahal madu itu kisaran 1,6 juta per kg.   Hal ini dikarenakan dibanding madu yang dapat dihasilkan lebah setiap musim royal jelly hanya dapat dihasilkan oleh lebah pekerja yang berumur 4 sampai 7 hari hari saja.

Baca Juga : Lokasi Potensial Beternak lebah Madu

Sisiran sarang atau lilin


Sisiran sarang atau lilin ini bisa dibilang ini bisa dibilang sebagai rumah lebah.  Lagi lepas sendiri sisiran saran ini berfungsi untuk menyimpan makanan sekaligus tempat reproduksi menghasilkan telur dan pastinya tempat menghasilkan madu.  Bahan baku utama dari sisi yang salah adalah madu yang dibuat atau disusun oleh lebah pekerja.  Dari segi struktur sosial sekarang ini meskipun terlihat hanya satu bangunan tetapi sesungguhnya sisiran sekarang ini terbagi menjadi dua bagian dengan fungsi yang berbeda.  Bagian atas sisiran sarang berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan sedangkan bagian bawahnya digunakan untuk menyimpan dan mengerami telur juga sering disebut dengan istilah sarang anakan.




Lilin lebah mempunyai banyak sekali kegunaan baik dalam hal pemanfaatan medis ataupun pemanfaatan lainnya.  Beberapa Apa kegunaan lilin dalam pemanfaatan medis yang sering dikaitkan dengan kesehatan kulit seperti halnya mengobati jerawat melindungi kulit dari lingkungan, bantu jaga kulit bersih, meringankan rasa gatal akibat alergi, dan mengurangi stretch Marks. 

Bentuk pemanfaatan lainnya dari lilin lebah ini dapat digunakan sebagai bahan baku berbagai produk seperti produk pengkilap furniture, bahan baku campuran pomade, produk untuk melembabkan bahan dasar kulit hewan, dan lain-lain. Untuk harga pasaran dari produk lilin lebah ini dijual rata-rata Rp150.000 per kg.

Pollen


Pollen  sejatinya adalah makanan lebah ah yang dikumpulkan dari tepung Sari yang lebah lebah ambil dari bunga.  Dari segi kandungan zat-zat bermanfaat,  pollen mengandung  konsentrasi hormon enzim dan vitamin yang tinggi. Letak dari pollen di sarang lebah terdapat pada sarang anakan yaitu tepatnya di bagian ada sarang lebah. 

Sama halnya dengan produk lebah lainnya oleh lebah juga memiliki segudang manfaat yang antara lain adalah oleh lebah dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas, meredakan peradangan, meningkatkan kesehatan hati, sebagai bahan untuk mempercepat penyembuhan serta meningkatkan imunitas tubuh. 



Di pasaran harga pollen murni berkisar antara Rp50.000 per 100 gramnya.   Tentu saja dalam bentuk produk harga produk pollen jauh lebih tinggi dibandingkan pollen murni.

Propolis


Propolis lebah atau juga disebut lem lebah adalah suatu zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu dari sumber berupa Tumbuhan seperti misalnya bagian getah tumbuhan ataupun tunas pohon. Dari segi fisik propolis nampak seperti cairan lengket yang Umumnya berwarna coklat tua.  Warna dari Propolis ini bisa berbeda tergantung dari jenis tanaman yang lebah gunakan untuk membuat Propolis. 

Dari sekian banyak produk lebah yang telah kita Jelaskan sebelumnya propolis adalah produk lebah dengan harga termahal.  Harganya bisa mencapai Rp150.000 per 50 ml.  Hal tersebut dikarenakan manfaat dari propolis yang sangat luar biasa dan juga terbatasnya jumlah propolis yang dihasilkan lebah.  Di pasaran sendiri sudah banyak perusahaan atau produsen produsen yang menjual propolis diamond anda perlu berhati-hati jika hendak membeli propolis hasil produksi karena saat ini banyak sekali oknum oknum tak bertanggung jawab yang memasukkan propolis. 

Kegunaan atau manfaat dari Propolis sangat banyak sekali seperti halnya propolis dapat digunakan untuk mengobati luka, meredakan gejala herpes genital, sebagai antikanker, menjaga kesehatan kulit, perawatan gigi dan mulut serta mengobati penyakit penyakit serius seperti misalnya penyakit paru-paru, penyakit hati dan lain sebagainya.

Produk-produk tersebut tentu saja akan maksimal jika lebah merasa nyaman dan tidak terganggu oleh lingkungan sekitar.  Untuk itu perlu ilmu dan praktek perawatan sarang lebah yang tepat sehingga lebah bisa memproduksi madu secara maksimal dan menghindarkan lebah dari stres.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon