Model Kooperatif Learning Tipe Think Pair Share (Pengertian, Karakteristik, sintaks dan keleibihan)

Model Pembelajaran Think pair share
Model Pembelajaran Think pair share

Salah satu dari Tipe model cooperative learning yang yang dapat diterapkan dalam rangka meningkatkan hasil pembelajaran siswa adalah model Cooperative Learning tipe think pair share.


Apa yang dimaksud dengan model Cooperative Learning tipe think pair share ini, bagaimana karakteristiknya dan Apa saja kelebihan dan kekeurangannya Serta bagaimana sintaks atau langkah-langkah untuk menerapkannya dalam pembelajaran akan dibahas melalui artikel ini.



    Pengertian Model Kooperatif Learning Tipe Think Pair Share

    Telah dipahami bersama bahwa model Cooperative Learning adalah model yang mengutamakan kerjasama dalam kelompok dibandingkan belajar secara individu.  meskipun dikatakan belajar kelompok nyatanya model Cooperative Learning berbeda dengan pembelajaran kelompok secara umum.  perbedaan paling utama adalah pada model Cooperative Learning siswa tidak hanya bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri tetapi juga bertanggung jawab terhadap kelompok sedangkan pada pembelajaran berkelompok secara umum siswa tidak dituntut untuk bertanggung jawab terhadap kelompoknya. 

    Baca JugaModel Pembelajaran Problem Posing (Pengertian, Sintaks Dan Kelebihan)

    Dari tinjauan bahasa think pair share berarti berpikir berpasangan dan saling berbagi.   dalam konteks  pembelajaran Share  di sini bermakna saling memberi informasi. Pada model think pair share setiap individu diberikan kesempatan untuk berpikir lebih banyak sebelum  mulai berdiskusi dengan anggotanya.


    Poin yang menjadi pembeda tegas antara tipe think pair share dengan tipe kooperatif lainnya adalah  pada tipe think pair share ini siswa belajar secara berpasangan dengan kata lain dalam suatu kelompok hanya terdiri dari 2 orang saja, berbeda dengan model kooperatif tipe lainnya dengan anggota kelompok lebih banyak sekitar 4 sampai 6 orang. Pasangan yang paling cocok untuk dijadikan kelompok adalah Siswa yang akrab satu sama lain dengan demikian kelompok dapat dibentuk berdasarkan teman sebangku


    Kesimpulan yang dapat diambil mengenai pengertian dari model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share  adalah bahwa model ini adalah tipe kooperatif dimana Siswa belajar secara berpasangan.


    Karakteristik Model Kooperatif Learning Tipe Think Pair Share

    Karakteristik yang menjadi ciri  dari model Cooperative Learning tipe think pair share adalah pembelajaran berpasangan.  berbeda dengan kelompok beranggotakan 4 sampai 6 orang yang diterapkan pada pembelajaran kooperatif pada umumnya, dengan beranggotakan hanya 2 orang saja peran setiap individu dalam kelompok dapat dibagi sama rata.  Dengan beranggotakan hanya 2 orang saja  maka setiap individu mempunyai peluang untuk berhasil dalam pembelajaran.

    Dalam berpasangan siswa dapat meningkatkan kemampuan kolaboratif dalam skala kecil.  hal ini juga dapat menumbuhkan sikap ketergantungan positif yang dapat membantu siswa untuk mengembangkan sikap sosial.


    Sintaks Model Kooperatif Learning Tipe Think Pair Share.

    Setiap model pembelajaran memiliki sintaks yang menjadi ciri khasnya.  berhubung Tipe think pair share masih merupakan bagian dari model kooperatif maka sintaks model koperatif secara umum juga berlaku pada tipe ini. Sinstaks Model Koperatif secara umum adalah meliputi pendahuluan, penyajian materi, diskusi kelompok, presentasi dan evaluasi.


    Kendati demikian pada tipe think pair share terdapat bagian dari sintaks yang membuatnya berebeda dengan koperatif secara umum. Adapun sintaks atau langkah-langkah pembelajaran untuk model Cooperative Learning tipe think pair share adalah Mengikuti namanya yaitu Think kemudian pair dan share.

    1. Thinking, Pada tahapan ini  guru berperan sebagai fasilitator untuk menyajikan materi awal sebagai materi Pengantar pembelajaran dan dengan menggunakan pertanyaan guru memacu siswa untuk berfikir dalam rangka memecahkan masalah. Pada fase thinking ini siswa masih berfikir secara individu, merumuskan konsep berdasarkan pemahaman pribadi
    2. Pair,  guru membimbing siswa untuk berdiskusi secara berpasangan dengan pasangan yang sebelumnya ditentukan.  dalam hal ini pasangan yang potensial adalah teman sebangku.
    3. Share, Guru membimbing aktivitas penyajian hasil diskusi masing-masing kelompok yang ditanggapi oleh kelompok lain.

    Kelebihan dan kekurangan Model Kooperatif Learning Tipe Think Pair Share.

    Tidak ada model pembelajaran yang sempurna.  Sama halnya dengan model pembelajaran lainnya tipe think pair share ini juga memiliki kelemahan.  namun disamping kelemahan tersebut terdapat kelebihan yang membuat tipe think pair share ini banyak dipilih sebagai opsi pembelajaran konvensional.  Adapun kelebihan dan kekurangannya sebagai berikut :

    Baca Juga Pengertian, Tujuan dan Jenis-jenis Metode Pembelajaran

    Kelebihan

    1. Melatih kemampuan kolaboratif
    2. menumbuhkan keterampilan keterampilan dalam komunikasi.
    3. melalui sharing informasi siswa akan terlatih menerapkan konsep karena bertukar pendapat dan pemikiran dengan temannya untuk mendapatkan kesepakatan dalam memecahkan masalah.
    4. Meningkatkan keaktifan siswa.

    Kekurangan

    1. Keberhasilan kelompok sangat ditentukan oleh individunya Hal ini tentu saja  menjadi pertimbangan dan juga prasyarat untuk memulai belajar dengan think pair share.
    2. Model pembelajaran ini merupakan model pembelajaran sederhana sehingga untuk pembelajaran pembelajaran kompleks dengan materi yang perlu pemahaman mendalam, model pembelajaran ini tidak disarankan.
    3. Perlu persiapan matang yang menuntut profesionalisme guru.  serta dalam penerapannya perlu Penyesuaian dengan kondisi kelas

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon