Sesuai dengan taksonim Bloom revisi
anderson C4 adalah menganalisis. Perbedaannya dengan taksonomi bloom sebelum
revisi adalah pada berubah dari bentuk kata benda “analisis” menjadi
“menganailisis” ditambang juga dengan dipisahkannya dimensi pengetahuan.
Soal C4 biologi merupakan soal hots.
Karena C4, C5 dan C6 termasuk dalam ranah berfikir tingkat tinggi atau
penalaran. Untuk membuat soal C4 pilihan ganda, guru perlu memperhatikan konsep/materi,
Kompetensi dasar dari setiap materi dan juga memperhatikan KKO yang akan
dipakai dalam merumuskan indikator pembelajaran/soal.
Kemampuan Menganalisis C4
Soal C4 biologi dan juga untuk mata
pelajaran lainnya bertujuan untuk mengakses atau menilai sejauh mana kemampuan
menganalisis siswa terkait dengan materi biologi yang telah diajarkan.
Kemampuan Menganalisis adalah kemampuan proses kognitif. Menganalisis
menyangkut proses berpikir individu dalam usaha untuk memecahkan soalan dari
dan atau menjadi bagian-bagian kecil dari materi tersebut dan menentukan
bagaimana hubungan dan struktur secara keseluruhannya.
Jadi, Singkatnya Menganalisis (C4)
biologi Berarti memecahkan materi biologi menjadi bagian-bagian kecil dan menunjukkan
bahwa bagian-bagian tersebut berhubungan satu dengan lainnya dan menjadi
struktur yang menyeluruh atau satu tujuan.
Kata kerja Oprasional Soal C4 biologi
Untuk
memudahkan menyusun soal diperlukan indikator soal. Indikator soal
umumnya dikonstruksi dengan kata kerja oprasional (KKO) yang relevan dengan
dimensi kognitif yang hendak diakses. Adapaun KKO yang sesuai dengan C4
menganalisis adalah sebagai berikut
· Menganalisis
· Mengaudit
· Memecahkan
· Menegaskan
· Mendeteksi
· Mendiagnosis
· Menyeleksi
· Memerinci
· Menominasikan
· Mendiagramkan
· Mengkorelasikan
· Merasionalkan
· Menguji
· Mencerahkan
· Menjelajah
· Membagankan
· Menyimpulkan
· Menemukan
· Menelaah
· Memaksimalkan
· Memerintahkan
· Mengedit
· Mengaitkan
· Memilih
· Mengukur
· Melatih
· Mentransfer
Untuk memahamkan lebih jauh mengenai
soal biologi C4 bentuk soal objektif atau pilihan ganda berikut beberapa contoh
soal biologi C4.
Contoh 1 Soal Biologi C4 Materi Pencemaran lingkungan
Indikator soal : Memecahkan cara penanganan
pembuangan limbah padat yang dapat merusak ekosistem tanah |
Soal : Pembuangan
limbah padat secara sembarangan terutama plastik dan kaca sangat merusak
ekosistem lingkungan. Cara penanganan jenis limbah tersebut agar tidak
mencemari lingkungan adalah.... a.
mengubur limbah tersebut dalam tanah b.
membuang limbah plastik dan kaca ke perairan dalam dan tenang. c. mendaur ulang plastik dan kaca
menjad hasta karya d.
limbah plastik dibakar, sedangkan kaca dikubur e.
membuatkan tempat khusus yang memisahkan kaca dan plastik |
Soal 1 ini merupakan jenis soal
biologi C4 (menganalisis) paling standar yang disusun dengan indikator soal
menggunakan KKO “Memecahkan” dimana
siswa diminta untuk mecari cara penanganan yang tepat untuk beberapa jensi
limbah agar tidak mencemari/mengurangi pencemaran lingkungan. Perlu
diperhatikan bahwa setiap soal dapat mengalami penurunan tingkatan tergantu
kondisi. Seperti soal 1 ini, dapat dikategorikan sebagai soal C4 (menganalisis)
selama soal ini tidak pernah dibahas sebelumnya dikelas sebelum soal ini
diberikan. Jika sebelumnya materi ini pernah dibahas maka siswa tidak lagi
menganalisis untuk memproses soal melainkan langsung menjawab dengan
mengandalkan ingatan. Dimana kita ketahui bersama bahwa mengingat merupakan C1.
Contoh 2 Soal Biologi C4 Materi jaringan tumbuhan
Indikator soal : Menganalisis kesesuaian macam dan
fungsi jaringan pada tumbuhan |
|||||||||||||||
Soal : Berikut
ini adalah nama-nama jaringan beserta fungsinya:
Manakah
pasangan yang tepat yang menunjukkan nama jaringan dan fungsinya? a.
1, 2, dan 3 b.
2 dan 4 c.
1 dan 3 d. 1 dan 4 e.
1, 2, 3, dan 4 |
Soal
nomor 2 diatas adalah contoh soal biologi C4 pilihan ganda dengan kata kerja
oprasional Menganalisis. Pada soal tersebut terlebih dahulu diberikan data
berupa tabel macam jaringan dan fungsi. Siswa diminta untuk menentukan pasangan
yang terpat. Untuk menyelesaikan ini siswa akan memulai dengan menganalisis
setiap bagian jaringan dan fungsinya dan membuat simpulan yang mana yang sesuai
dan tidak sesuai. Dengan kata lain soal ini telah memenhuhi pola proses
kognitif dari soal tipe C4 Menganalisis.
Contoh 3 Soal Biologi C4 Materi Fungi
Indikator soal : Menganalisis persamaan sifat berbagai macam fungi |
Butir soal : 1. Jamur kuping 2. Jamur Kayu 3. Jamur Merang 4. Jamur payung Persamaan
sifat dari macam jamur diatas adalah... a.
Saprofit, tidak berklorofil,
berkembang biak dengan basidum b. Hidup saprofit, tidak berklorofil,
berkembang biak dengan askus c. Hidup efilit, tak berklorofil,
berkembang biak dengan 4 basidium d. Hidup parasit, tidak berklorofil,
berkembang biak dengan askus e. Hidup parasit, berbentuk lembaran,
berkembang biak dengan basidium |
Untuk contoh soal nomor 3 ini
merupakan contoh soal biologi menganalisis. Poin yang dianalisis adalah
kesamaan dari beberapa bagian elemen. Dalam konteks ini elemen adalah beberapa
macam jamur yang diminta untuk dianalisis apa kesamaan dari keempat jamur
tersebut.
Contoh 4 Soal Biologi C4 Materi Fungi
Indikator soal : Menyeleksi hal yang membedekan antara satu jenis jamur
dengan jamur lainya |
Butir soal : Perhatikan pernyataan
berikut ! 1. Pencernaan Makanan 2. Reporduksi Aseksual 3. Reproduksi seksual 4. Struktur hifa Hal
yang membedakan antara jamur Zygomycota dan Oomycota adalah pada bagian .. A. 1 B. 1 dan 2 C. 2 dan 3 D.
3 dan 4 E. 1, 2 dan 3 |
Soal pada contoh diatas adalah soal
biolog C4 tipe differenting yang disusun dengan indikator Menyeleksi. Selain
differenting tipe soal C4 terdiri Assosiasion
dan atributing (lihat taksonomi
bloom). Untuk bisa menjawabnya dengan benar siswa harus menganalisis setiap
elemen fakta pada soal terkait jamur Zygomycota dan Oomycota dan
menghubungkannya dengan informasi tambahan yang anda pada soal.
Contoh 5 Soal Biologi C4 Materi Protista
Indikator soal : Menganalisis Reproduksi Protozoa |
Mula-mula
paramecium saling berdekatan. Kemudian makronukleus melebur,sedangkan mikronukleus
membelah. Selanjutnya, terjadi pertukaran salah satu mikronukleus. Lalu paramecium
memisahkan diri dan nukleusnya membelah sehingga menghasilkan paramecium baru.
Berdasarkan pernyataan tersebut, termasuk apakah reproduksinya? a.
Oogami b. Konjugasi c.
Singami d.
Kariogami e.
Plasmogami |
Soal 5 diatas juga termasuk soal C4
dengan KKO menganalisis. Soal menyajikan informasi yang menunjukakan alur
sistematika reproduksi suatu jenis protozoa. siswa diminta untuk menganalisis
alur tersebut dan menentukan jenis reproduksinya.
EmoticonEmoticon