Apa Perbedaan Blog dengan Website ? Berikut 5 Hal yang Membedekan Keduanya

Mungkin dibenak anda belum begitu Clear tentang perbedaan Blog dengan Website. Mungkin karena Alasan tersebut anda sampai di blog ini Zhisen Kagaku dan karena alasan yang sama sembuah artikel tentang 5 Hal yang membedakan blog dengan website kami posting untuk anda. Jadi Semoga informasi berikut bermanfaat untu anda.

Website Vs Blog

Definisi


"Semua Mangga adalah Buah, tetapi Tidak semua buah adalah mangga"

Istilah tersebu senada dengan blog dan website dimana :

"semua Blog adalah Website, tetapi tidak semua Website adalah Blog"

Jadi website merupakan bentuk yang lebih umum dari blog.


Secara estimologi Asal Kata blog diambil dari istilah Web Log. Menurut definisi dari wikipedia blog adalah sebuah situs web yang menyediakan konten baru secara rutin dari waktu ke waktu. 

Contoh Blog salah satunya adalah halaman yang sekaran anda baca

Sementara itu Web site berasal dari instilah Site on web yang kemudian mengalami pengarus bahasa yang menyebabkan sekaran ini lebih lazim disebut dengan website. 

Web site adalah kumpulan halaman web yang saling terakait, termasuk konten multimedia, biasanya diidentifikasi dengan nama domain umum, dan diterbitkan setidaknya pada satu server web.

Contoh Web site Misalnya adalah media sosial seperti Facebook / Twitter atau situs E-commerce seperti eBay, amazon, Alibaba atau forum komunitas seperti stackoverflow, forum Google atau Quora.

Hal lain yang dapat dijadikan patokan pembeda antara blog dan website dapat ditinjau dari srtuktur dan kele

ngkapan halaman kontennya.

Perbedaan Pertama, Blog Selalu Mempunyai Form Komentar.

Form Komentar Blog

Jika anda menemukan form komentar di bawah halaman postingan maka anda sedang berada dalam blog bukan website. Form Komentar berfungsi sebagai sarana interaksi dengan pengunjung suatu blog.


Perbedaan kedua, Blog sering Kali dilengkapi dengan Tombol Follow atau Subcribe.

Anda tidak akan menemukan fungsi button follow di website. Tombol ini hanya ada di blog yang biasanya di kaitkan dengan akun google + (untuk basic blogspot). Fungsinya adalah agar pengunjung dapat menperoleh notifkasi jika suatu blog mengupdate konten.

Meskipun memang beberapa admin blog dengan alasan tertentu tidak melengkapi blog mereka dengan tombol serupa.

Perbedaan Ketiga, Kontent Blog selalu di sort berdasarkan reverse-cronological order.

Reverse-Crological order Maksunya adalah blog selalu mengurutkan daftar postingan dari yang terbaru ke yang paling lama. Hal ini tentu saja dimaksudkna untuk menjikan postingan terupdate kepada para pengunjung blog. Berbeda dengan website yang mengurutka postingan berdarkan acuan tertentu. Sistem order yang paling sering digunakan website adalah mengurutkan seseuai abjad.

Perbedaan keempat, Artikel Blog diatur berdasarkan Kategori dan Tag.

Katego Postingan

Blog dilengkapi dengan navigasi yang memudahkan pengunjung untuk mencari informasi berdasarkan kategori dan tag tertentu. Hampir di setiap postingan log selalu dilengkapi dengan kategori atau tag tertentu yang si sesuaikan berdasarkan topik atau materi pada postingan tersebut.

Perbedaan Kelima, Sebuah blog bisa di jalankan dengan satu orang saja.

Sedikit bercerita, Awalnya kebanyakan orang membuat blog dengan tujuan untuk membagikan informasi bripadi kepada halayak ramai. Bisa dibilang sejenis buku diary semi-pribadi dan agak mirip juga dengan media sosial yang negtrend di jaman now.

Sehubungan dengan itu kebanyakan blogger mengelolah blognya secara pribadi dan tanpa bantuan rekan kerja. Berbeda dengan website dimana kamu tidak akan bisa bekerja secara solo.


Bagaimana apakah anda sudah tercerahkan ?
sekian dan terimah kasi semoga informasi ini dapat berguna untuk anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon