Contoh Soal Biologi C1 Sampai C6 Tasonomi Bloom Revisi Anderson

Tags


  

Dalam merancang assemen pembelajaran Biologi, guru harus membuat soal yang dapat mengukur semua aspek kognitif. Dalam hal ini aspek proses kognitif dikategorikan kedalam 6 tingkatan yaitu C1, C2, C3, C4, C5, dan C6. Pada artikel ini akan membahas beberapa contoh soal C1-C6 Biologi.

 

Acuan yang direkomendasi pada K13 dalam penyusunan soal adalah taksonomi Bloom revisi oleh Anderso DKK. Ada beberapa perubahan bersifat mendasar pada taksonomi bloom revisi ini jika dibandingkan dengan versi orginalnya. Beberapa yang paling mencolok adalah dipisahkannya dimensi pengetahuan dengan proses kognitif. Jadi selain C1,C2,C3,C4,C5 dan C6 ada juga soal menguji dimensi pengetahuan yaitu Faktual, konseptual, Proseduran dan metakognisi. Selain itu terjadi revisi perubahan pendefinisian tingkatan kognitif dari kata benda menjadi kata kerja. Pada tasksonomi lama (original) tingkatan proses kognitif adalah :

·        C1 (Ingatan)

·        C2 (Pemahaman)

·        C3 (Aplikasi)

·        C4 (Analisis)

·        C5 (sintesis)

·        C6 ( Evaluasi)

Oleh anderson struktur tersebut di ubah menjadi :

·        C1 (mengingat)

·        C2 (memahami)

·        C3 (Menerapkan)

·        C4 (Menganalisis)

·        C5 (Mengevaluasi)

·        C6 (Mencipta)

Sehingga acuan membuat soal biologi C1, C2, C3, C4, C5, dan C6 sekarang mengacu pada taksoonomi revisi tersebut. Untuk mengkonstruksi instrumen yang baik guru perlu memperhatikan KD dan sistematika dalam penyusunan soal. Untuk lebih jelas mengenai hal ini anda dapat mempelajarinya dalam artikel kami sebelumnya : (Langkah-Langkah MenyusunKisi-kisi Soal yang banar sesuai tuntunan.)

 

Berikut beberapa contoh soal biologi C1 sampai C6 dalam bentuk pilihan ganda beserta indikatornya.



    Contoh Soal Biologi C1

    Soal biologi C1 adalah menguji proses kongitif siswa mengenai mengingat. Soal mengingat dapat berupa ingatan tentang fakta, konsep ataupun prosedural.

    Indikator Soal

    : Menyebutkan ciri-ciri protozoa

    Manakah yang bukan termasuk kedalam ciriciri dari protozoa?

    a. Uniseluler

    b. Bersifat eukariotik

    c. Bersifat parasite

    d. Dapat bergerak

    e. Heterotroph

     

    Soal tersebut menguji ingatan siswa mengenai ciri-ciri protozoa. Sehingga siswa yang dapat menjawab dengan benar dapat dikategorikan telah memeiliki kemampuan C1 terkait ciri-ciri protozoa. Soal ini adalah soal C1 Faktual atau soal ingatan tentang fakta. Untul lebih jelasanya anda dapat mempelajari contoh soal C1 lain pada postingan kami di link berikut :


    Contoh Soal Biologi C2

    Soal biologi C2 adalah memahami. Secara gamblang yang dimaksud dengan memahami adalah Kemampuan menentukan arti intruksional.

    Indikator Soal

    :Mendeskripsikan pengelompokan Protista mirip hewan berdasarkan alat geraknya

    Protozoa dikelompokan menjadi empat kelas. Berdasarkah apakah pengkelompokkan tersebut?

    a. Bentuk tubuhnya

    b. Alat geraknya

    c. Ukuran tubuh

    d. Cara memperoleh makanan

    e. Pigmen

     

    Soal menguji pemahaman siswa terkait fakta dasar pengelompokan protozoa. Disajikan informasi awal mengenai protozoa digolongkan berdasarkan empat kelas. Kemudian siswa diminta untuk menentukan apa kesamaan dari keempat kelas protozoa tersebut berdasarkan pemahaman mereka. Untuk contoh soal biologi C2 lainnya dapat anda pelajari melalui artikel di link berikut : 

    Contoh soal Biologi C2 tingkat kognitif memahami

     

    Contoh Soal Biologi C3

    C3 biologi adalah kemampuan menerapkan.

    Indikator Soal

    :Menyelidiki indikator visual dari sebuah tindakan prosedur yang melibatkan tanaman

    Pada percobaan perendaman pangkal batang yang telah dipotong dalam larutan eosin, dapat dipastikan jaringan yang lebih dahulu berwarna merah adalah?

    a. Epidermis

    b. Parenkim

    c. Skelerenkim

    d. Xylem

    e. Floem

     

    Soal ini adalah soal C3 executing, soal mengambarkan rangkai prosedur dimana siswa diminta untuk menentukan jenis jaringan pada kriteria tertentu berdasarkan skema prosedural yang diilustrasikan. Untuk lebih jelasnya silahkan baca pada artikel kami sebelumnya di link berikut :

    Contoh Soal biologi tingkat Kognitif C3

     

    Contoh Soal Biologi C4

    Soal Biologi C4 adalah menganalisis. Kemampuan menganalisis masuk dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi atau yang umum dikenal dengan instlah HOTs (higher order thingking SkillS). Ciri khas dari soal analisis adalah selalu ada bagian elemen kecil yang terpisah dan mempunyai suatu hubungan secara keseluruhan baik itu secara eksplisit maupun implinsit.

    Indikator Soal

    : Menyeleksi hal yang membedekan antara satu jenis jamur dengan jamur lainya

    Butir soal :

    Perhatikan pernyataan berikut !

    1.      Pencernaan Makanan

    2.      Reporduksi Aseksual

    3.      Reproduksi seksual

    4.      Struktur hifa

    Hal yang membedakan antara jamur Zygomycota dan Oomycota adalah pada bagian

    A.     1

    B.      1 dan 2

    C.     2 dan 3

    D.    3 dan 4

    E.      1, 2 dan 3

     

    Pada awal soal disajikan infromasi. Informasi ini berfungsi sebagai elemen-elemen yang kemudian akan dinalisis berdasarkan kriteria yang soal inginkan dalam hal ini siswa diminta untuk membedakan antara dua jenis jamur dengan mengacu pada informasi awal tersebut. Soal meganalisis (C4) tidak hanya membedakan tatapi juga dapat berupa menghubungkan ataupun mengantribusi. Lebih banyak contoh silahkan kunjungi link berikut :

    Contoh Soal C4 Biologi (Menganalisis) Pilihan Ganda

     

    Contoh Soal Biologi C5

    Soal biologi C5 adalah terkait kemampuan Mengevaluasi atau menilai. Gamblangya adalah kemampun siswa mengabil tindakan ataupun memberi penilaian berdasarkan pada yang mereka telah pelajari.

    Indikator Soal

    : Menemukan cara menanggulangi penangkapan ikan dengan mengggunakan pukat harimau.

    Konsumsi ikan yang meningkat mendorong beberapa nelayan untuk dapat memenuhi permintaan pasar dengan menangkap ikan secara besar-besaran. Beberapa diantaranya menangkap ikan dengan menggunakan pukat harimau untuk mendapatkan ikan tangkapan dan keuntungan yang besar. Cara penangkapan ini dapat merusak terumbu karang sehinga menggangu stabilitas ekosistem laut, bahkan berakibat pada punanhnya beberapa jenis ikan. Kegiatan ini harus segera ditangani untuk menjaga kelestarian sumber daya alam yang ada dilaut dengan cara….

    a.         melakukan penelitian kebeberapa negara untuk melakukan studi banding

    b.         membeli ikan dari nelayan dengan harga murah dan ikannya segar

    c.         membuat peraturan untuk melindungi laut dan segala isinya

    d.         memelihara ikan sendiri dikolam untuk kepuasan tersendiri

    e.         tidak mengonsumsi sumber makanan dari laut agar biota laut tetap terjaga

     

    Soal diatas termasuk contoh soal C5 dimana siswa diminta untuk menilai kasus dan dari hasil penilaiannya kemudian menentukan langkah atau tindakan yang tepat dan paling efektif terkait permasalahan. Dalam konteks ini adalah mengatasi prilaku nelayan yang tidak memperhatikan ekosistem laut.

     

    Contoh Soal Biologi C6

    Soal biologi  C6 adalah mencipta atau dalam bahasa asli buku adalah created. Mencipta yang dimaksud adalah bagaimana siswa menggunakan apa yang telah mereka ketahui untuk melahirkan sebuah skema, alur, sistematika, konsep, dan lain-lain. Mengumpulkan semua unsur untuk membentuk produk,keseluruhan yang berkaitan untuk membuat produk yang original

    Indikator Soal

    : Menanggulangi pertumbuhan eceng gondok yang memiliki dampak negatif terhadap perairan.

    Eceng gondok merupakan tanaman air yang berperan sebagai produsen pada ekosistem air tawar. Pada kondisi tertentu pertumbuhan tanaman ini menjadi sangat pesat karena adanya limbah dari pupuk tanaman yang terbawa aliran air ke sungai sehingga dapat menyebabkan berkurangnya O2 dibawah permukaan air, akibatnya ikan-ikan yang ada didasar perairan mati.  Dibawah ini manakah cara yang paling efektif untuk menanggulangi pesatnya pertumbuhan eceng gondok diperairan agar ikan tidak mati karena kekurangan O2….

    a.      memanfaatkan eceng gondok untuk kerajinan tangan pada masyarakat sekitar sungai.

    b.     mengangkat eceng gondok secara langsung dari perairan kemudian dimanfaatkan untuk kompos atau biogas.

    c.       menambah predator di sungai seperti ikan pemakan akar eceng gondok.

    d.      menggunakan herbisida agar eceng gondok tersebut mati dan tidak lagi mengganggu perairan terutama ikannya.

    e.      mengurangi penggunaan pupuk pada tanaman dan mencegah sisa pupuk tersebut mengalir ke sungai.

     

    Dengan pengetahuannya dengan meninjau kasus yang dijelaskan melalui soal siswa dimnita untuk mecreated cara yang paling efektif untuk menanggulangi pesatnya pertumbuhan eceng gondok diperairan agar ikan tidak mati karena kekurangan O.

     

    Itu tadi contoh soal biologi C1-C6 dalam bentuk pilihan ganda. Untuk kebutuhan soal Subjektif atau essai soal diatas dapat diadaptasikan dengan melakukan beberapa penyesuaian dengan redaksi katanya menyesuaikan bentuk soal Essai. Sekian semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan tuliskan di kolom komentar dibawah ini.

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon